Wisata Terpopuler Kabupaten Sleman Yogyakarta

Sewamobildijogja.net – Kabupaten Sleman merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki banyak destinasi wisata baik wisata alam maupun wisata sejarah. Berikut adalah destinasi wisata di Kabupaten Sleman yang kerap dikunjungi wisatawan.

wisata sleman

  1. Kaliurang

Obyek wisata Kaliurang sudah bukan lagi menjadi tempat wisata yang asing bagi pengunjung. Disini kalian akan mengunjungi tempat-tempat menyejukkan yang sangat cocok untuk melepas penat. Dengan rimbunan pepohonan hijau yang menyejukkan mata, suara burung juga menyambut kehadiran pengunjung dan akan sangat nyaman untuk relaksasi. Selain itu, obyek wisata kaliurang juga kerap dijadikan tempat berkemah bagi para wisatawan, mahasiswa, maupun komunitas. Misalnya untuk keperluan pelatihan kepemimpian ataupun malam keakraban.

  1. Museum Gunung Merapi

Museum Merapi masih terletak satu kompleks Kaliurang. Tepatnya di Jl. Boyong, Dusun Banteng, Desa Harjobinangun, Pakem, Sleman. Museum ini dibangun dengan tujuan untuk sarana pendidikan dan informasi mengenai gunung api dan wawasan edukatif lainnya. Dibangun sejak adanya amukan gunung Merapi yang menewaskan juru kunci Merapi yaitu mbah Marijan.

  1. Tologi Suci Kaliurang

Tlogo yang berarti danau bertempat di kawasan Kaliurang ini juga menjadi spot yang cukup banyak dikunjungi wisatawan. Merupakan suatu wahana bermain dengan taman dan sepeda air yang bisa menjadi referensi liburan bersama keluarga khususnya bersama anak-anak. Selain menikmati kesegaran udara di Kaliurang ini, Anda sekaligus bisa bermain bersama orang tersayang.

  1. Air Terjun Tlogo Muncar

Air Terjun Tlogo Muncar adalah air terjun yang mana lokasinya di bukit plawangan ini merupakan sumber air yang berasal dari Gunung Merapi. Dengan ketinggian sekitar 30-40 meter, air yang jatuh pasti akan menambah kesejukan pengunjung. namun sayangnya karena kawasan bukit tersebut lumayan gersang, maka debet air yang dihasilkan tidak begitu deras. Sehingga pada saat musim kemarau air terjun ini bisa menjadi kering.

  1. Omah Salak

Salak Pondoh merupakan salah satu buah tangan yang dapat dijadikan referensi anda untuk bekal kembali ke asal. Salak yang tumbuh dengan subur di daerah Turi, Sleman ini menjadi ladang usaha bagi masyarakat sekitar. Salah satunya yaitu adanya Omah Salak. Omah Salak merupakan wadah edukasi bagi pengunjung yang ingin melihat proses penamanan salak hingga pengolahan salak.

  1. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan museum yang berada di dekat kawasan Kaliurang. Di museum ini pengunjungan dapat disuguhkan mengenai peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Berwisata ke Ullen Sentalu selain menambah pengetahuan dan wawasan terhadap sejarah, di museum ini pengunjung dapat menikmati sejuknya udara khas pegunungan.

  1. Kaliadem

Obyek wisata Kaliadem hampir sama dengan Kaliurang. Hanya saja di Kaliadem, pengunjung dapat langsung menikmati pemandangan merapi yang gagah di depan mata. Selain itu, di Kaliadem ini juga terdapat wisata sejarah seperti Bunker Kaliadem dan sejarah amukan merapi yang menghancurkan tempat tinggal mbah Marijan (juru kunci Merapi).

  1. Rumah Teletubbies

Di Sleman juga terdapat bangunan yang menyerupai kartun pada tahun 2000an silam yaitu teletubbies. Rumah-rumah warga Nglepen, Sengir Sumberharjo, Prambanan Sleman ini menjadi banyak dikunjungi wisatawan karena bentuknya yang unik. Di dinding bagian luar masing-masing rumah diberi cet dengan tokoh kartun yang lucu sehingga lokasi ini kerap diburu warga untuk berfoto.

  1. Candi Prambanan

Prambanan adalah destinasi dan ikon wisata Yogyakarta. Sudah tidak asing lagi tentunya jika candi Prambanan dijadikan obyek wisata sejarah paling favorit bagi wisatawan domestik maupun asing. Walaupun bertempat di kabupaten Klaten, namun sebagian wilayah Prambanan merupakan wilayah kabupaten Sleman, sehingga Prambanan dijadikan destinasi wisata paling favorit ketika berkunjung di Yogyakarta.

  1. Candi Sambisari

Candi Sambisari tidaklah semegah candi pada umumnya. Candi Sambisari juga dijadikan obyek wisata bagi pengunjung terlebih bagi para penggemar fotografi. Pasalnya candi ini di kelilingi taman yang hijau.

  1. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko merupakan salah satu candi yang lokasinya tidak jauh dari Prambanan. Candi Ratuboko juga menyimpan sejarah yang hampir sama dengan candi Prambanan. Hanya saja kesan di candi Ratu Boko cukup romantic. Terlebih jika pengunjung dapat menikmati sunset. Sunset di Ratu Boko sangat kerap diburu oleh para pecinta fotografi sehingga tidak jarang di media sosial banyak sekali foto candi Ratu Boko yang diambil pada saat sunset.

  1. Tebing Breksi

Tebing Breksi atau White Canyon ini terletak di bagian timur Sleman tepatnya di Prambanan Sleman. Akses menuju ke tebing ini satu arah ke Candi Ijo. Sebenarnya tebing ini merupakan hasil galian tambang kapur dan sudah sejak lama dimanfaatkan pecinta fotografi untuk acara “Photo Hunting”. Sejak saat itulah tempat ini menjadi tempat wisata yang cukup terkenal karena ornamen dan hiasan dinding di tebing ini.

  1. Candi Ijo

Candi Ijo merupakan candi yang paling berbeda. Candi ini terletak di atas bukit. Akses menuju ke Candi Ijo ini cukup terjal karena harus menanjak. Menikmati sunset di candi ini juga bisa dijadikan pilihan ketika berkunjung. Tidak semegah candi prambanan, namun arsitektur candi Ijo ini jug tidak kalah menarik dengan candi-candi peninggalan kerajaan Mataram.

  1. Jogja Bay Waterark

Sarana rekreasi keluarga Jogja Bay Waterpark ini merupakan salah satu wahana kolam renang terbesar yang ada di Yogyakarta. Berlokasi di Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Waterpark ini memiliki banyak wahana permainan air yaitu sejumlah 19 wahana. Di lokasi tersebut juga dilengkapi ornament dan dekorasi kapal bajak laut yang merupakan tema dari waterpark Jogja Bay juga taman yang sangat digemari warga untuk berfoto.

  1. Upside Down World Jogja

Konsep rumah terbalik, Upside Down World Jogja mengonsepkan perabotan dan alat-alat rumah tangga yang disusun terbalik sehingga seolah pengunjung tersebut yang bergantungan terbalik. Sangat menarik wisatawan tentunya dan pengunjung dapat memilih untuk mengambil gambar di ruang tiga dimensi atau 3D yaitu dapur, ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, kamar anak-anak, dan juga kamar mandi.

  1. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark dikenal dari bianglala yang menjadi ikon dan spot foto unik di Yogyakarta. Wahana terbaru ini menyajikan suatu taman bermain yang edukatif sesuai dengan namanya. Sejak dibukanya SKE pada tahun 2014 pengunjung selalu ramai berdatangan sehingga sangat sayang di ke Jogja belum mengunjungi wisata edukatif ini.

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.