Wisata Kuliner di Jogja

 Wisata Kuliner Jogja

img_6350Wisata Kuliner jogja Dan Berniat main ke Jogja? Jogja nggak melulu soal candi dan pantai. Ada satu hal seru yang nggak boleh ketinggalan kalau kamu main ke Jogja yaitu KULINERAN! Ya, kulineran.

Selain terkenal dengan candi-candinya juga pantai-pantai keren di Gunung Kidul yang nggak kalah sama pantai di pulau tetangga, Bali, Jogja juga punya hidangan lezat yang menggoda yang bisa bikin lidah kamu bergoyang nagih lagi, lagi dan lagi.

Mau tahu makanan khas Jogja yang wajib banget kamu cobain kalau lagi main ke kota ini? Nih, Tugu Wisata Jogja kasih kamu listnya. Siap-siap kenyang dan nagih lagi ya,,,

1. Gudeg.

Udah tahu dong ya kalau Gudeg itu makanan paling terkenal yang khas dari Yogyakarata. Penganan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Tapi jangan takut, kamu nggak bakalan makan nangka doang kok. Gudeg biasanya disajikan dengan telur, tahu atau tempe juga ayam. Nah makanan ini biasanya disantap dengan nasi.

Gudeg juga memiliki berbagai varian sajian. Ada gudeng basah yang tentunya memiliki kuah dan juga gudeg kering. Nah kalau yang satu ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh. O ia, gudeg juga nggak melulu manis loh. Gudeg juga punya pilihan rasa pedas.

Pada umunya, toko yang menjual penganan gudeg kering akan buka di pagi hari, sementara untuk gudeg basah dan pedas akan buka di malam hari.

2. Oseng-oseng mercon

Suka pedas? Tahan makan makanan pedas? Jangan ngaku penyuka makanan pedas dulu sebelum kamu cobain kuliner khas Jogja yang satu ini, oseng-oseng mercon khas Jogja. Oseng-oseng mercon yang biasanya terdiri dari kikil, gajih, kulit, atau juga daging sapi yang diramu dengan cabe ini sangat cocok dimakan bersama sepiring nasi hangat. Ingat, makannya ketika oseng-oseng masih hangat ya. Dan rasakan sensasi ledakan mercon di mulut kamu. Duarrrr. Siap-siap deh senam mulut. Jangan lupa sediakan minum di samping kamu. Hihihi.

3. Bakmi Jowo.

Kamu penggemar mie? Jangan lewatkan masakan mie yang satu ini, bakmie Jowo. Memang apa bedanya dengan bakmie yang lain? Pasti ada dong.

Bakmie Jowo konon dimasak masih menggunakan anglo atau kompor dari tanah liat, menggunakan bakaran arang yang menimbulkan aroma khas yang berbeda dengan masakan yang dimasak menggunakan kompor minyak atau kompor gas apalagi kompor listrik. Aromanya yang khas dan rasanya yang lezat pasti bikin kamu mau lagi, lagi, dan lagi.

4. Sate Klatak

Sate? Di Jogja? Ngapain jauh-jauh makan sate ke Jogja? Eh, jangan salah dulu, sate yang satu ini berbeda dengan sate yang kamu temui pada umumnya? Bedanya apa?

Ini yah Tugu Wisata Jogja kasih tahu bedanya. Kalau pada umunya sate itu dimasak pakai bumbu segala rupa dan menggunakan tusuk sate dari bambu, sate klatak dimasak hanya menggunakan garam dan tusuknya menggunakan jeruji besi jadi daging sate bisa matang dengan lebih sempurna. Nggak perlu khawatir lagi dong kalau daging sate kamu gosong di luar kurang masak di dalam. Soal rasa, nggak usah khawatir deh,,, maknyossss. Nah, sate ini biasanya disajikan dengan irisan mentimum, tomat dan kol. Wah makin berwarna dan menggugah selera.

5. Bakpia

Nah, camilan yang satu ini nggak boleh ketinggalan. Selain buat kamu nikmati sendiri bakpia juga cocok dijadikan oleh-oleh manis dari kota manis bagi teman-teman dan keluarga yang manis untuk menggambarkan betapa manisnya liburan kamu selama di Jogja. Aih, pokoknya manis deh!

Nah kalau dulu kita cuma kenal bakpia yang isinya kacang hijau, sekarang bakpia sudah dikreasikan dengan berbagai macam isi seperti ciklat, stroberi, durian, bahkan keju. Hmm.. lezat.

Gimana? Enak-enak kan kuliner di Jogja. Eitss jangan langsung bilang ia dulu. Selain kelima makanan di atas masih banyak makanan khas Jogja yang kudu kamu cobain. Ini nih ya Tugu Wisata Jogja kasih tahu; ada sate karang yang nggak ada duanya, sego pecel, yangko, kipo, getuk, pokonya semua Jogja punya, dari makan berat hingga camilan, dari yang paling manis sampai yang paling pedas, dari yang tradisional sampai yang modern. Jadi, Tunggu apa lagi, ayo ke Jogja.

Trus gimana dong kalu mau nyobain semuanya? Bagusnya naik apa? Nginapnya dimana? Ke mana dulu? Tempat nyobain kuliner paling enak di mana? Harus searching dulu dong?

Tenang aja, kamu nggak perlu repot-repot searching dulu, bikin list panjang-panjang trus mikir mau naik apa. Tugu Wisata Jogja punya solusi paling kece. Kenapa? Karna Tugu wisata Jogja bisa bantuin kamu membuat itinerari perjalanan, jadi selain kulineran, kamu juga bisa sekalian menikmati alam dan kota Jogja.

Kalau kamu pengen jalan—jalan santai, tenang Tugu Wisata Jogja punya armada dan driver-driver kece serta ramah yang siap mengantarkan kamu ke mana saja di Jogja. Pengen boncengan berduaan sama pacar? Boleh, Tugu Wisata Jogja juga punya armada sepeda motor yang bisa kamu sewa.  Kamu cukup klik link ini untuk cek harga, ketersediaan armada  dan ketentuan. Libur tenang, perut kenyang hatipun senang.

Selamat berlibur di kota yg bakal buat kangen terus …  

 

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.