Wisata Goa Jogja – Cave Tubing Seru di Goa Stalkakmit Terbesar ke 4 di Dunia

Sewamobildijogja.net – Goa Pindul merupakan salah satu goa yang rupanya sedang eksis di pilihan destinasi wisata alam Yogyakarta.  lokasinya berada di desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Hal yang menjadi paling menarik di Goa Pindul adalah adanya sungai bawah tanah yang mengalir dari mulut goa hingga ekornya. Goa dengan cantiknya stalaktit dan stalakmit khas pegunungan karst gunung Kidul menjadi kawasan wisata menarik dan resmi dibuka pada 10 Oktober 2010.

Dengan keeksotisanya, Goa Pindul merupakan salah satu wisata alam favorit pengunjung yang datang berduyun-duyun dari segala penjuru. Goa Pindul memiliki panjang sekitar 350 meter dengan lebar goa sekitar 5 meter. Kedalamannya bisa mencapai 5 meter hingga 12 meter. Adapun jarak permukaan air dengan atap goa sekitar 4 meter.

Setiap wisata goa memang memiliki keunikan tersendiri seperti halnya Goa Pindul ini. Keeksotisan goa tidak hanya terletak dari keindahan batu putih yang membumbung di setiap dinding dengan stalakmitnya, namun juga air bawah tanah yang berasal dari mata air gedong tujuh.

Goa Pindul

goa pindul

Goa Pindul terbagi menjadi tiga bagian yaotu zona terang, zona remang, dan zona gelap. Di Zona Terang, kamu bisa menikmati keindahan goa secara langsung. Adanya alran air yang membentuk kolam bisa dijadikan tempat berenang dan berlompat ria sesuka ati, ditemani dengan ikan cantik. Meskipun terbilang cukup besar namun ikan di kawasan goa ini cukup aman.

Selanjutnya di Zona Remang. Memasuki Zona Remang, kamu akan dibuat takjub oleh indahnya terpaan air yang dipantulkan oleh cahaya yang masuk dari celah celah goa. Dan terakhir di Zona Gelap. Zona Gelap tidak bisa dilakukan cave tubing dengan membawa badan belaka. Kamu harus dibantu dengan headlamp atau alat penerangan lainnya. Menyusur ke tiga zona tersebut memerlukan waktu sekitar 45 menit. Penyusuran goa akan berakhir di sebuah dam di kawasan Goa Pindul ini.

Di tengah Goa, ada suatur uangan yang cukup besar. Ruangan ini tentu menjadi hal yang manrik untuk dinikmati, sebuah lobang di atas goa memasukkan dan memantulkan cahaya matahari langsung dan menjadi pusat perhatian dari seluruh bagian goa. Masyarakat menyebut area ini dengan sebutan sumur terbalik. Menariknya lagi lobang di kawasan ini menjadi tempat latihan TIM SAR sebagai jalan masuk.

Layaknya goa lain yang ada di Gunungkidul, Goa Pindul menyajikan stalaktit dan stalakmit yang tidak kalah indah. Dari hasil penelitian, stalaktit dan stalakmit di Goa Pindul ini sudah berusia ribuan tahun sehingga memiliki bentuk yang sangat besar. Di Goa Pindul ini kamu akan menyaksikan keduanya dari satalakmit dan satalaktit yang menyatu membentuk sebuah pilar yang besar dan tampak kokoh. Dari ukurannya mencapai lima rentangan tangan orang dewasa. Dari ukuran yang besar inilah, stalaktit di Goa Pindul masuk menjadi goa dengan stalaktit terbesar ke-4 di dunia. Sangat menakjubkan bukan? Kemgehan stalaktit yang terbentuk scara alami ini menjadi kesan siapapun yang berkunjung ke goa Pindul.

Selain kemegahannya tersebut, Goa Pindul tentu memiliki lukisan ornamentdi setiap dinding-dinding goa yang menambah kelengkapan yang tak ternilai harganya. Hiasan batu Kristal dan moonmilk seolah menjadi warisan alami yang harus slealu dijaga agar eksotisnya bisa dinikamti hingga anak cucu. Terlebih keindahannya ini dipadu oleh tetesan air yang mengalir di dinding goa. Air yang menetes ini dipercaya oleh masyarakat sekitar bisa menambah cantik dan awet muda, sedangkan untuk kaum lelaki bisa menambah keperkasaan alat vital. Hehehe namun itu juga kepercayaan, jadi disesuaikan dengan kepercayaannya saja. selain itu bersiaplah disambut ratusan goa dari lorong-lorong gelap.

Setiap lokasi biasanya memiliki mitos dan sejarah di kalangan masyarakat Jawa. Goa Pindul sendiri juga memiliki sejarah penamaan. Konon masyarakat setempat mendapati seorang anak bernama Joko Singlulung yang kehilangan ayahnya dan nekat mencari ke hutan. Namun ketika melewati goa yang melewati aliran sungai, kepalanya terbentur oleh batu besar yang ada di dalam goa. “Pipi Gendendul” dalam bahasa Jawa diistilahkan dari kepalanya yang benjol dan pipi terbentur.oleh karena itu disingkat menjadi Goa Pindul yang mengambil kata pipi gebendul. Unik ya gaes!

Untuk aksesnya sangat mudah. Sepanjang jalan Jogja-Wonosari sudah ada arah petunjuk menuju kawasan Goa Pindul. Setelah menyusur jalan Wonosari dari arah Yogyakarta, ikuti plang dan petunjuk menuju arah Bejiharjo. Ikuti jalan hingga menemukan plang Pindul/Pindhul. Lokasinya berada di ujung jalan. Dan untuk aksesnya juga sudah sangat mudah untuk dilalui menggunakan kedaraan pribadi.

Untuk tiket masuk Goa Pindul adalah Rp. 35.000 yang sudah termasuk fasilitas cave tubing seperti jaket pelampung, jasa pemandu, ban pelampung, headlamp, sepatu karet, dan juga asuransi. Sangat murah demi menikmati kawasan eksotis ini. Tertarik mencoba?

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.

Powered by themekiller.com