Wisata Edukasi Watu Lumbung: Spot Wisata Asyik Sekaligus Menatap Senja Dengan Landskap Pantai Parangtritis

www.sewamobildijogja.net – Watu Lumbung merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang berada di Jl. Panglima Sudirman, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul. DI. Yogykarta. Jarak menuju ke lokasi sangat dekat dnegan pantai Parangtritis yakni hanyalah 4km saja. sebuah kampung yang bukan sekedar kampung biasa namun sebuah kampung edukasi yang sangat layak dikunjungi.

Watu Lumbung

Instagram: @mnkshrkh

Kawasannya Asyik

Berada di atas bukit menjadi kelebihan kampun watu lumbung ini yang mana lokasinya langsung menghadap ke arah pantai.  Asyiknya di wisata watu lumbung ini pengunjung bisa menikmati senja. Dari kota Jogja pengunjung bisa menuju ke lokasi dengan mengikuti arah jalan menuju ke pantai Parangtritis. Kemudian setelah melewati Jembatan Kretek yang menyeberangi Kali Opak ambil arah kiri kemudian ikuti papan petunjuk ke kmapung edukasi Watu Lumbung ini.

Sebuah lokasi yang tidak hanya tempat wisata ini lebih mengunggulkan kesederhanaan yang tidak bisa diharapkan banyak fasilitas mewah. Sesuai dengan namanya yang memang merupakan wadah edukasi atau tempat bersosialisasi bagi masyarakat maupun siapapun yang berkunjung.

Wisata Edukasi Watu Lumbung

watulumbung

Kisah Pendiri Watu Lumbung

Mulanya seorang Muhammad Boy Rifai atau lebih karab disapa Mbah Boy memiliki niat tulus ingin mempunyai usaha dengan memberdayakan masyarakat setempat. Akhirnya kawasan bukit yang tumbuh dengan hutan jati ini disulapnya menjadi wisata edukasi yang sangat menyatu dengan alam. Hampir segala fasilitasnya terbuat dari bambu dan papan kayu. Selain itu, pohon jati yang ada di lokasi juga dimanfaatkan untuk tiang penyangga konstruksi bangunan.

Kemudian pengunjung juga bisa mendapatkan makan gratis di wisata ini. Syaratnya yaitu menyumbang 3 buah buku yang layak baca, meresensi buku, atau juga membaca puisi. Tetapi jika dilirik positifnya, tentu ini memotivasi untuk pengunjung yang ingin menyumbangkan buku tidak sekedar berpikiran mendapatkan gratisan. Bukannya berbagi itu indah? Jadi dengan menyumbang buku artinya wisatawan bisa membantu mewujudkan usaha Mbah Boy dalam mendirikan perpustakaan.

Sunset dan Kuliner

Kampung ini menjadi semakin menarik di kala sore hari. Kala mentari malu-malu untuk menutup diri berganti dengan sang rembulan, iya senja. Senja lembut itu menemani wisatawan di kala sore hari dan bisa dengan menatap lautannya.

Sembari menikmati senja pengunjung juga bisa menyantap kulinernya yang lezat dari tempat makan unik ini.  Sebagai contoh Lembayung, Kedai Wedangan, Kedai Susu, dan juga Alas Kuliner. Makanan dan minuman yang ada juga khas pedesaan dan snagat nikmat semabri menatap mentari pergi.

Wisata Edukasi Watu Lumbung

Instagram: @shogifreak

Adapun landskap dari Parangtritis juga semakin menarik mata. Ada juga Kali Opak, Jembatan Kretek, dan masih banyak yang lainnya. Di setiap hari Jumat pengunjung akan disuguhkan sajian music akustik yang semakin membuat liburan terhibur. Dan yang paling asyik adalah di Kampung Edukasi ini ada camping ground atau area berkemah dan juga terdapat persewaan tenda.

Wisata Edukasi Watu Lumbung

Instagram: @eoaeaa

Bagaimana menurut Anda? Berwisata ke Bantul tidak juga bisa lebih dari satu destinasi wisata Jogja apalagi kampung ini yang dekat dengan pantai Parangtritis, bisa saja Anda berkunjung setelah atau sebelum dari pantai Parangtritis kalau sekalian ambil tour di Jogja bersama kami. Selain itu, kami juga menyediakan jasa rental mobil Jogja yang bisa menemani perjalanan Anda. so Happy Traveling everyone.

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.