Wisata Bersejarah Jogja : Menikmati Keindahan Goa Jepang

Sewamobildijogja.net – Hallo Dolaners! Menentukan destinasi wisata saat berkunjung ke Yogyakarta bisa merupakan hal wajib yang haru dilakukan ketika mengunjungi kota romantis ini. Mendengar Yogyakarta pasti kamu akan teringat dengan Prambanan, Malioboro, dan Kraton. Tetapi Dolaners, selain wisata tersebut kalian juga harus mengunjungi destinasi lain yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Misalnya berwisata goa. Goa-goa yang ada di Yogyakarta sangat banyak! Tinggal kalian pilih ingin berwisata di kabupaten mana. Meskipun goa cantik lebih terkenal di kabupaten Gunungkidul, di kabupaten Sleman juga terdapat Goa yang bisa dijadikan kunjungan kalian yaitu Goa Jepang.

Sesuai namanya, Goa Jepang ada kaitannya dengan negara Asia Timur yang sempat menjajah negara Indonesia yaitu Jepang.  Goa ini merupakan salah satu bukti peninggalan jejak Jepang dalam menjajahi Yogyakarta.

Lokasi Goa Jepang berada di kawasan wisata Nirmolo Kaliurang, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Selain digunakan untuk wisata sejarah, pengunjung juga dapat sekaligus menikmati wisata alam yang sejuk khas pegunungan. Karena Goa Jepang berada di lereng gunung Merapi sehingga kalian bisa sekalian melihat gagahnya gunung Merapi tersebut dari dekat! Sebelum menjelajah kawasan Kaliurang, pengunjung dapat menempuh dengan kendaraan sekitar 30 menit dari pusat kota. Akan banyak arah jalan menuju lokasi wisata alam yang sejuk ini atau kalian tinggal melihat arah gunung Merapi. Nah disitulah kawasan Kaliurang!

Wisata Bersejarah Jogja : Menikmati Keindahan Goa Jepang

goa jepang

Akses menuju ke Goa ini cukup jauh yaitu sekitar 45 menit dengan jalan kaki. Karena kendaraan tidak bisa menuju ke lokasi secara dekat menimbang aksesnya yang berliku dan untuk tetap menjaga kelestarian alam. Menuju ke Goa Jepang pengunjung dapat menikmati habibat hutan seperti monyet yang dengan asyiknya duduk-duduk ria di atas pohon melihat kunjungan pengunjung ke kompleks Goa Jepang. Hati-hati ya Dolaners, kalau bisa bawa pasangan! Biar kepleset tidak diketawain mereka :p Sesampainya di pertigaan Plawangan da Goa Jepang, pengunjung dapat beristirahat sejenak untuk memandang Merapi dari dekat sebelum tancap lanjut ke Goa Jepang.

Lokasinya yang cukup jauh dengan berjalan ini membuat tantangan sendiri bagi pengujung yang suka akan petualangan. Bagi yang tidak kuat, mereka akan berhenti setengah jalan kemudian kembali ke kompleks lain misalnya dengan berduduk manja di taman gardu pandang.

Setelah tiba di Goa Jepang pengunjung akan disuguhkan rerumputan hijau yang mengelilingi kawasan goa. Menurut sejarahnya khususnya tuturan dari pihak pengelola, Goa Jepang ini difungsikan untuk berlindung dan tempat tinggal para tentara Jepang dari sekutu. Karakter Goa Jepang yang ada di Yogyakarta berbeda dengan Goa Jepang lain yang ada di Indonesia misalnya di Papua, NTT, Bali. Jawa Timur, dan Bandung. Di goa ini terdapat 25 unit goa yang saling berhubungan satu dengan lainnya, masih alami dan tanpa penerangan. Seram juga ya Dolaners ketika mengunjungi goa ini dan kalian Jomblo 😀 takut-takut sendiri tidak ada yang bisa digandeng merasakan aura sejarah para tentara.

Akan tetapi pengunjung tidak akan sendirian untuk memasuki Goa Jepang ini. Terdapat pemandu di pintu masuk goa yang akan menemani, menyusur, dan membantu menjelaskan apapun mengenai goa ini khususnya mengenai sejarah para tentara Jepang. Dengan menyewa fasilitas penerangan pengunjung sekaligus akan ditemani pemandu untuk melihat-lihat keadaan goa. Dan yang pasti dengan ahrga yang terjangkau. Beruntunglah bagi single man atau single ladies bisa ditemani abang pemandu. 😀

Untuk mengunjungi kawasan Goa Jepang pengunjung hanya membayar tiket masuk Rp. 2000 per orang. Dan kawasan ini akan di tutup pada pukul 16.00. Jadi jangan kesorean untuk berkunjung ke kawasan wisata sejarah berselimut alam yang indah. Selain berkunjung ke Goa Jepang pengunjung bisa juga mengunjungi obyek wisata lain di kawasan ini seperti Museum Gunung Merapi, Tlogo Ptri, Air Terjun, dan lainnya. Salam Dolaners!

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.