Wisata Air Terjun Jogja : Air Terjun Kedung Pedut

 

Sewamobildijogja.net – Hallo Sobat Dolaners, sedang mencari referensi apa hari ini? Ada rencana main ke Jogja dan bingung ingin kemana? Ingin blusukan? Nah di salah satu Kabupaten di Jogja yaitu Kulonprogo terdaat air terjun yang memiliki dua warna berbeda. Dibaik perbukitan Menoreh tersembunyi suatu surge yang rindu untuk disapa.

Air terjun Kedung Pedut merupakan air terjun dengan keunikan yaitu memiliki dua warna berbeda di setiap kedung. Di satu lokasi berwarna biru tosca, dan satunya berwarna biru jernih. Lokasinya berada di desa Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa Jatimulyo sendiri pernah menjadi desa terbaik kedua di Yogyakarta pada tahun 2015.

Akses menuju lokasi terbilang masih cukup sulit. Pengunjung harus melewati perbukitan mendaki dan menuruni jalanan yang terjal dengan kondisi yang belum bagus. Namun perjalanan menuju ke lokasi air terjun cantik ini bisa dinikmati dari ragam pesona alam yang hadir sepanjang perjalanan. Adanya persawahan yang hijau dengan metode terasering yang dibuat berundak-undak membuat siapun akan takjub pada indahnya alam di Kulon Progo dengan tebing-tebing yag cantik. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati pemandangan hijau di pegunungan menoreh ini.

Wisata Air Terjun Jogja : Air Terjun Kedung Pedut

Wisata Air Terjun Jogja Air Terjun Kedung Pedut

Semabri menyusur jalan menuju Air Terjun Kedung Pedut, kamu akan mlewati beberapa destinasi wisata lain yang bisa dibuat mampir ketika kamu berkunjung ke Air Terjun Kedung Pedut. Obyek wisata tersebut adalah Goa Kiskenda, Goa Seplawan, dan Gunung Lanang. Obyek-obyek wisata tersebut memang masih dirintis secara swadaya oleh penduduk setempat. Oleh akrena itu uluran tangan pemerintah sangat dinanti demi obyek wisata yang sanagt potensial ini lebih banyak diminati wisatawan.

Sesampainya di lokasi kamu juga ahrus menapaki jalanan lebih kruang dua menit, sehingga kendaraan hanya sampai pada parkiran saja. jalan setapak ini memang dibuat sengaja tanpa adanya perbaikan lanjut dengan alasan untuk menjaga keasrian  Kedung.

Kesan “berjuang” melewati akses ini akan dirasakan pengujung dan akan memmerdekakan diri seteleh gemercik air menyambut. Udara segar penenang pikiran akan membelai pipi dan menyentuh otakmu agar lebih rilex menikamti keindahan alam ini.

Tak puas hanya memandangi keindahan dua air cantik ini, pengunjung bisa menikmati air pegunungan segar yang langsung mengalir dari mata air alami. Tidak ada salahnya menyeburkan diri ke air yang asyik dan sensasi bermain di wahana air alami. Adapun kedung di curug ini terdapat kedung Merang, Kedung Merak, Kedung Lanang, Kedung Wedok, dan Kedung Anyes. Rata-rata dari kedung-kedung tersebut memiliki kedalaman sekitar 2-5 meter.

Jika dari gambar hasil pencarian Google kamu pasti akan berpikir warna air yang ditimbulkan adala hasil rekaya editing foot. Nyatanya, warna tersebut adalah warna asli yang dimiliki kedung tersebut. Ternyata warna biru tosca di ekdug tersebut adalah hasil dari pecahan bebeatuan pegunungan Menoreh yang terkena sinar mentari.

Aliran sungai kedung pedut merupakan satu aliran dengan wisata alam lain misalnya air terjun kembang soka. Air Terjun Kembang Soka memiliki keindahan dengan air terjunnya yang bertingkat. Tuk mudal di aliran sungai ini merupakan sumber air yang dihasilkan di kedua tempat wisata tersebut yaitu air Terjun Kembang Soka dan Kedung Pedut.

Untuk fasilitasnya, Air Terjun Kedung Pedut masih dalam tahap pengembangan. Namun hasil swadaya masyarakat, toilet, musholla, dan warung makan sudah bisa pengunjung nikmati jika berwisata di Kedung Pedut. Untuk area parkir sudah terbilang cukup luas mengingat banyaknya wisatawan yang kerap mendatangi lokasi wisata unik di Jogja ini.

Air Terjun Kedung Pedut merupakan salah satu wisata baru di Jogja. Adanya bantuan pemerintah untuk pengelolaan tempat wisata yang lebih baik akan sangat diharapkan. Begitupun pengunjung yang mendatanginya. Semoga bisa mengeksplor tempat wisata cantik Air Terjun Kedung Pedut ini ya! Salam Dolaners!

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.