Warung Makan Sehati: Ada Ikan Beong Pedas Gurih Tiada Dua!

IKAN BEONG DI WARUNG MAKAN SEHATI INI PEDAS GURIH TIADA DUA!

www.sewamobildijogja.net – Warung Makan Sehati merupakan sebuah warung yang telah legendaris yang mana lokasiya berada di dekat Taman Wisata Candi Borobudur. Warung makan ini telah menyediakan menu utama yakni Mangut Ikan Beong dengan rasanya cukup pedas.

Warung makan ini telah menjadi salah satu wisata kuliner yang layak dikunjungi di sekitar kawasan Candi Boroobudur. Alamatnya berada di Jalan Raya Borobudur Salaman, desa Kembanglimus, kecamatan Borobudur, kabupaten Magelang. Warung ini dibuka mulai pukul 08.00 hingga habis dan hanya satu-satunya karena tidak membuka cabang di tempat lain.

Ikan Beong Warung Makan Sehati

Instagram: @williamwongso

Lokasi

Lokasi warung makan ini juga mudah untuk ditemukan karena berada di jalan raya penghubung Salaman-Borobudur. Saat melewati pertigaan kecil enuju Bukit Punthuk Setumbu, lokasinya berada di kiri jalan. Patokannya adalah bangunan SD Negeri Kembanglimus Borobudur. Area parkirnya cukup sempit namun mampu menampung beberapa kendaraan rida empat dan tampak penuh oleh pengunjung yang datang dengan sajian khas mangut beong.

Ikan Beong ata Baung adalah ikan jenis lele yang beratnya bisa mencapai 10kg. ukurannya lebih besar dari ukuran Lele Dumbo. Lele dan Beong masih berasal dari satu rumpun karena sama-sama memiliki patil atau sungut yang tumbuh seperti kumis di ujung hidung, kulit licin, dan hidup di daerah air tawar atau sungai.

Yang menjadi pembeda adalah ukuran dan warna kuit yakni kuning atau juga coklat cerah. Tidak seperti lele yang memilii warna hitam atau abu—abu. Rasa dagingnya sendiri gurih dan cocok untuk dimasak pedas. Banyak yang mengatakan bahwa ikan Beong memiliki kemiripan dengan Ikan Patin.

Kelezatan Ikan Beong

Ukuran mangut ikan beong ini sangat lezat dengan berpadu bersama kuah yang sedikit kekuning-kuningan yang diantaranya terdapat banyak potongan cabai untuk dimasak menjadi satu bukan juga ditabur atau disiram. Aromanya harum cukup emnggoda dan membuat kami tidak sabar untuk mencicipi.

Gurih juga pedas menjadi daya tarik warung makan Sehati Spesial Beong ini. Bumbunya juga dari bahan rempah alami dan menyatu ke dalam rasnaya yang istimewa. Warung Sehati Spesial Beong ini juga pernah hampir tutup karena tidak mendapat pasokan ikan beong.

Rasa mangut yang pedas, potongan daging ikan yang besar yang rasanya juga yang unik menjadikan Ikan Beong ini tetap diburu oleh wisatawan khususnya penggila kuliner. Dari foto yang ada di warung adalah pejabat negara yang juga makan ikan beong di warung ini seperti bupati Magelang, Menteri Pariwisata, Anggota DPR, dan masih banyak yang lainnya.

Selai hidangan spesial Ikan Beong, warung ini juga menyediakan makanan lain seperti oseng-oseng mercon, gudeg mercon, enthog slengat, dan juga aneka sambal. Adapula menu yang bisa dinikmati tanpa pedas yakni ayam goreng dan lele goreng.

Kisaran Harga Ikan Beong

Harganya cukup murah dan juga dekat dengan obyek wisata. Warung ini akan tutup ketika olahan mangut ikan beong habis terjual. Dan jika Anda menikmati olahan mangut beong ditempat lain jangan coba-coba karena cita rasanya berbeda.

Harga Mangut Kepala Ikan Beong ini Rp. 20.000. Mangut Daging Ikan Beong Rp. 15.000, Sayur Trancam Rp. 5.000. Kerupuk Rp. 1.000, Es Teh Rp. 2.000, Es Jeruk Rp. 3.000.

Nah jika Anda berada di sekitar candi Borobudur atau lepas dari Bukit Punthuk Setumbu, Bukit Purwosari maupun bukit lainnya, bisa kunjungi Warung Makan Sehati sebagai pemadam kelaparan Anda. Nanti kalau ikut paket wisata Jogja bersama kami bisa deh mampir makan Ikan Beong. Selamat berkuliner đŸ™‚

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.