Waroeng Pohon Omah Sawah: Konsep Tradisional Unik dari Hampir Segala Aspek

sewamobildijogja.net – Kulineran di Jogja memang tiada habisnya. Terlebih jika kulinernya yang terjangkau dan menyediakan menu asyik. Siapa yang tidak ingin memburu? Satu dari banyaknya tempat makan yang cukup menjadi incaran adalah Waroeng Pohon Omah Sawah. Pernahkah kalian mendengarnya?

Lokasinya yang cukup ‘nyempil’ dan tidak berada di jalan utama membuat banyak orang kurang mengetahui tempat makan asyik satu ini. adalah roemah pohon, sebuah resto yang mengemas konsep tempat makan asyik yang rindang sepanjang hari.

Instagram: @doddyeriandoko066

Instagram: @doddyeriandoko066

Seolah sebuah halaman belakang rumah yang kemudian disulap menjadi sebuah restoran unik baik dari ornament maupun menu makanannya. Lokasi tempat makan ini berada di Jl. Parangtritis KM 6, Sewon, Bantul. Tepatnya berada di pertigaan sebelum kampus ini ambil kanan.

Keberadaannya yang masuk gang membuat banyak pengunjung mungkin akan kebablasan. Juga rumah makan yang termasuk berada di kawasan Jogja bagian selatan yang mana daerahnya memang bukan merupakan tempat jajahan kuliner di Jogja. Oleh karena itu restoran ini menjadi samar dari kuliner Jogja.

doddyeriandoko066

doddyeriandoko066

Instagram: @februantoro

Instagram: @februantoro

Menariknya restoran ini adalah konsepnya yang unik dengan gaya interior dan eksterior yang begitu ‘nyentrik’ untuk sebuah rumah makan. Hampir semua bangunannnya adalah dominasi dari batu gamping dan rindangnya pepohonan yang ada di resto yang mirip dengan halaman rumah belakang yang disulap menjadi sebuah restoran asyik, sejuk, rindang, dan nyaman untuk tempat makan.

Selain rindangnya pohon-pohon, di kawasan ini juga telah banyak akses kayu dan lampu yang ditata sedemikian rupanya untuk menjadi tempat makan. Tentu siapaun akan merasa betah untuk berlama-lama di kawasan ini. Berada di dalam restoran pengunjung akan menikmati banyak kesejukan dari pohon misalnya dari adanya kolam. Kemudian adapula lilitan kain dengan corak kotak-kotak hitam putih. Bali yang ada di Jogja, mungkin bisa disebut demikian.

Instagram: @waroeng_pohon

Instagram: @waroeng_pohon

 

Instagram : @snovi1710

Instagram : @snovi1710

Untuk menu makanannya waroeng pohon omah sawah ini telah menyajikan beragam jenis makanan yang sangat menggugah selera. Seperti misalnya ada ayam goreng, bebek goreng, nila, wader, gurameh, udang, nasi goreng, mie goreng, dan banyak menu paket lainnya. Untuk minumannya juga dari minuman tradisional hingga minuman modern berada di lokasi ini. selain itu adapula aneka cemilan yang bisa dijadikan teman menanti makanan utama.

Instagram: @cumaicip

Instagram: @cumaicip

Yang menjadi spesial di rumah makan ini adalah sego sarang ingkung ayam. Makanan tradisional yang biasanya tersaji untuk sebuah acara tertentu seperti kenduren. Konsep makanan yang juga turut melestariakn masakan tradisional yang kian har hampir menghilang. Harganya dipatok dengan harga yang cukup masuk akal yakni sekitar Rp. 120.000 yang mana pengunjung bisa menikmati ayam kampung yang utuh bebarnegan dengan sego sarang untuk porsi empat hingga lima orang.

Menyantap makanan bergaya tradisional juga ditemani dengan rindangnya pepohonan. Bentuk dan penyajiannya sangat unik. Nasinya telah dibalut daun kelapa yang dianyam kemudian alasnya menggunakan daun pisang, bersama dengan sambal dan lalapan. Ingkungnya juga dijamin ‘yummi’. Dan masih banyak menu dengan sajian keleatan ala tradisional.

Instagram: @waroeng_pohon

Instagram: @waroeng_pohon

Untuk minumannya juga tidak kalah menarik dan menyegarkan dari misalnya es gula asem kencur, es kelapa muda gelas, beragam jus, coklat float, dan tersaji tidak kalah nikmmat dan segar seperti warung lainnya. Untuk penutup alias dessert-nya pengunjung bisa menikmati salah satu menu yang unik yakni Banana Split. Sajiannya cukup unik lho yang mana eskrim juga beberapa potong pisangnya terwadahi oleh piring beralaskan daun pisang. Benar-benar mengusung konsep tradisional kan namun citarasa tetap modern.

Instagram: @waroeng_pohon

Instagram: @waroeng_pohon

Instagram: @waroeng_pohon

Instagram: @waroeng_pohon

Jam buka waroeng pohon ini mulai dari jam 10.00 hingga jam 23.00 WIB. Jadi sangat recommended untuk makan siang dan makan malam di restoran ini. 🙂 Apalagi jika kalian ingin mampir selepas dari tour wisata Jogja bersama kami sangat bisa menjadi pilihan.

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.