Tempat Wisata Pantai Wediombo Dari Kolam Alami Hingga Sunset Menanti

Sewamobildijogja.net Hai hai… setelah bercerita mengenai pantai Jungwok, Pantai Nempu, Pantai Sedahan dan sebagainya, saatnya membicarakn pantai yang lebih dahulu eksis di kawasan Gunungkidul yaitu pantai Wedi Ombo.

Diambil dari bahasa Jawa, Wedi Ombo dalam Bahasa Indonesia artinya adalah pasir yang luas. Pasir putih yang luas seperti pantai Indrayanti atau pantai Siung? Nyatanya pantai Wedi Ombo tidak memiliki pasir seluas namanya. Namun tetap saja pantai ini memiliki keunikan seperti halnya pantai lain di Gunungkidul.

Pasir putih yang menjadi ikon wisata pantai dipadu dengan nuansa batu karang yang dengan gagahnya berdiri di tengah lautan, maka pantai Wedi Ombo termasuk salah satunya. Lebih di dominasi oleh batu karang sebenarnya dan hamparan pasirnya tidak begitu luas. Di luar karang dan pasir ada hal unik di pantai ini yaitu kolam alami.

Kolam alami di Pantai Wedi Ombo terbentuk secara alami dan memiliki kediaman sekitar 1,5 meter. Karena pantai selatan terkenal dengan lautnya yang garang sehingga adanya kola mini dijadikan alternative untuk berenang air lautsembari menunggu pecahan ombak menepis karang dan mengguyur kolam.

Tempat Wisata Pantai Wediombo di jogja

sumber : garispantai.com

Sebagaimana penikmat matahari tenggelam atau sunset pada umumnya yang menepi di pantai, pantai Wedi Ombo ini juga seringkali dijadikan spot menunggu sunset. Posisi pantai yang menghadap ke barat menjadikan pantai ini sempurna diambil gambar matahari tenggelam. Dilengkapi pula dengan tebing karang yang menjorok menjadikan pemandangan sunset semakin indah. Dengan segala keindahan di pantai Wedi Ombo, tidak sedikit yang menjadikan pantai ini sebagai spot prewedding atau photoshoot lain.

Pantai yang menjadi salah satu pantai favorit di Yogyakarta ini berada di kelurahan Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika ditilik dari deretan pantai, pantai Wedi Ombo merupakan pantai yang berada di sebelah timur Gunungkidul. Pantai-pantai menarik disekitarnya antara lain adalah pantai Jungwok dan pantai Nempu. Sementara lokasinya juga jauh dari pantai Indrayanti, Krakal, dan Baron.

Akses menuju pantai Wedi Ombo sangat mudah. Dari pasar kota Wonosari ambil kanan menuju arah pantai Baron. Selanjutnya ikuti papan petunjuk arah dari 10km pertigaan kea rah pantai Wedi Ombo. Ikuti jalan aspal halus hingga menemukan pertigaan pasar Jepitu lalu arah pantai Wediombo, ambil kanan. Jika bingung tanyalah warga setempat 😀

Pemandangan Gambar Pantai Wediombo Gunung Kidul

sumber: nitathalia.wordpress.com

Pantai Wedi Ombo termasuk pantai yang sduah dikelola dengan baik. Fasilitas di pantai ini sudah sangat menunjang. Adanya toilet bersih, kamar mandi, mushola dengan fasilitas alat sholat yang lengkap, dan juga kios jajanan yang lengkap serta warung-warung yang menyuguhkan seafood. Selain itu, mkanan khas Gunungkidul juga tersedia di pantai ini antara lain tiwul dan belalang goreng.

Sebelum menapak ke pantai Wedi Ombo parkirkan kendaraan di parkir yang disediakan. Selanjutnya bersiap menuruni ratusan anak tangga yang cukup curam namun bukan tangga kayu biasa kok, sudah di plester dan aman. Sesampainya di pinggir pantai silahkan menjeburkan diri di kolam alami dan menunggu matahari tenggelam. Sayangnya di pantai Wedi Ombo belum ada penginapan seperti hotel, losmen atau homestay jadi bagi pengunjung yang ingin menginap baru bisa menginap di kawasan Pantai Indrayanti. Atau jika ingin mendirikan tenda mungkin bisa jadi alternative menikmati malam di pantai ini.

Harga tiket masuk pantai Wedi Ombo adalah Rp. 5.000 per pengunjung. Biaya parkir motor Rp. 2.000 dan mobil Rp. 5000. Cukup murah demi memanjakan diri dari kepenatan rutinitas 😀 selamat berlibur sahabat Dolaners J

 

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.