Tempat Wisata Pantai Sepanjang Jelmaan Pantai Kuta Dari Gunungkidul

Sewamobildijogja.net – Ingin liburan ke Pantai Kuta namun tak menjangkau hingga ke Bali? Tak perlu jauh ke Bali demi menikmati keindahan laut birunya loh! Di Gunungkidul Yogyakarta kamu bisa menjelajah pantai pasir putih dengan biru laut samudra Hindia yang mengepung kawasan yakni Pantai Sepanjang.

Sesuai namanya, Pantai Sepanjang membentuk diri menjadi pantai dengan bibir pantai yang panjang dari ujung timur hingga barat. Pantai bersih ini memiliki ombak yang cukup ramah. Padahal pantai di Gunungkidul biasanya dikenal dengan ombaknya yang ganas dan menggulung. Namun rupanya pantai ini cukup berbeda dan menjadi keberuntungan bagi siapapun yang ingin menjelajah pantai ini. Tinggal memilih, ingin merasakan Kuta versi Sepanjang dengan berjemur atau berselancar ata juga hanya dengan sekedar menikmati keindahan pantai.

Pantai Sepanjang ini berada di kawasan pantai yang sudah cukup terkenal di sebelahnya yaitu pantai Sundak yang hanya berjarak berapa kilometer dibalik tebing akrst Gunungkidul. Memasuki kawasan pantai pasir putih ini kamu akan disapa oleh laut biru dan sejuknya pantai yang masih alami. Di sekitar pantai terdapat banyak pohon Palem yang menghias pantai. Mendekat ke arah pantai akan ada banyak gubug-gubug beratap daun kering yang menjadi tempat istirahat dan mendamaikan diri dengan berduduk santai di tengahnya.

Adalagi karang pantai yang sangat terawat di area pasang surut yang menampikkaan ombak yang datang. Warna biru dengan terpaan ombak yang meliuk mesra menunjukkan pantai ini masih sangat alami dan belum tercemar. Menilik keindahannya tersebut, pemerintah dan investor ingin mengelola pantai dan menjadikan pantai Sepanjang replika pantai Kuta.

Tempat Wisata Pantai Sepanjang Jelmaan Pantai Kuta Dari Gunungkidul

Meski kalah tekenal dari pantai Kuta di Bali, pantai Sepanjang bersiap memanjakan pengunjung. pun di pantai Sepanjang juga tidak menyuguhkan hal klise layaknya beach café dan cottage mewah. Akan tetapi pantai Sepanjang akan mendekatkan pengunjung ke alam. Bukti alam ini bisa kamu rasakan dan melihatnya secara langsung biota laut dibalik karang yang masih bermain petak umpet malu-malu menunjukkan diri ke pengunjung. Kerang-kerangan, Bintang Laut, Limpet, juga rumput laut yang menancap akan dengan mudah kamu temukan di pantai Sepanjang ini. Namun tetap waspada mengenai landak laut yang siap menggiring durinya untuk mencancapkan di kaki dan tanganmu jika merasa terancam. Keeksotisan ini sungguh tidak di temukan di Kuta, bukan?

Demi menjaga keasriannya, sekitar pantai Speanjang juga tidak ada bangunan permanen. Yang ada hanyalah gubug-gubug dari kayu dan bambu yang ramah akan alam. Di pinggir pantai juga terdapat ladang penduduk yang ditanami kedelai. Suasana pedesaan dan alam yang sangat asri tentunya.

Pantai dengan pasir yang landai, dan ombak yang menerpa langsung membuat penduduk tidak melaut dari pantai ini. Menatap ke arah selatan tentunya disuguhkan dengan keindahan pantainya. Jika meniliki ke balik punggung, aka nada keindahan lain yang tidak kalah eksotis. Bukit dan tebing-tebing yang tertanam jagung sebagai sumber makanan penduduk memberi isyarat selamat datang. Di puncak bukit rupanya telah dibeli oleh investor guna membangun vila yang ke depan bisa digunkan untuk menginap para pengunjung.

Pemandangan Pantai Sepanjang Jelmaan Pantai Kuta Dari Gunungkidul

Layaknya tempat wisata di Yogyakarta pada umumnya, sepanjang juga memiliki situs bersejarah yaitu Banyusepuh. Banyu berarti air dan sepuh artinya membasuh. Awalnya tempat tersebut digunakan untuk membasuh dan memandikan pusaka oleh para walisongo. Namun yang sekarang terlihat adalah kubangan kering dengan tanaman liar yang hinggap di dalamnya.

Lelah berkeliling sembari menikmati alam bisa dinikmati sembari duduk di lincak dan memesan makanan juga minuman kepada penjual di sekitar pantai yang menjajakan dagangannya. Semabri menunggu si cantik mentari yang akan membiaskan warnanya di ufuk barat dan menerpa lautan biru di sore hari, sungguh romantisme mana lagi yang kamu dustakan? 😀

Lepas dari pantai Sepanjang, kamu bisa menikmati alunan indah pantai di sbeelahnya seperti Pantai Sundak, Pantai Krakal, juga Pantai di Gunungkidul lainnya. Selamat menikmati romantisme Jogja sahabat Dolaners!

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.