Spot Riyadi Prambanan: Sunrise, Prambanan, Landscape Jogja. Recommended!

SPOT RIYADI PRAMBANAN SEBAGAI VIEW HAMPARAN SAWAH, PRAMBANAN, DAN MERAPI DARI ATAS BUKIT

sewamobildijogja.net – Adalagi tempat yang bisa digunakan untuk menikmati pemandangan candi Prambanand ari atas ketinggian seperti halnya candi Borobudur yang bisa dilihat dari Punthuk Setumbu. Candi Prambanan bisa dilihat dari Spot Riyadi Prambanan.

Spot Riyadi Prambanan ini mulai dikenla dari para pecinta fotografi yang memburu kabut di pagi hari dari atas bukit. Juga oleh gemerlpanya lampu candi Prambanan di kala malam hari. Oleh karena itu tidak heran jika banyak yang menyebut Spot Riyadi ini merupakan Punthuk Setumbunya Candi Prambanan.

Instagram : @shekar_purwanti

Instagram : @shekar_purwanti

Titik pandang dari perbuktian Prambana ini berada di dusun Sumberwatu, desa Smabirejo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, DI. Yogyakarta. Spot Riyadi ini menawarkan keindahan dari Gunung Merapi dari sisi tenggara.

Lokasinya dengan dekat dengan resort Sumberwatu Heritage Resort (SWH) dan Abhayagiri Restaurant. Untuk rutenya dari Yogyakarta pengunjung bisa menuju kea rah Candi Prambanan menuju ke jalan Jogja-Solo. Dari gapura perbatasan antara Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah kemudian belok kanan namun harus memutar balik di persimpangan dekat pintu masuk Candi Prambanan.

Ikuti jalan yang menuju ke Sumberwatu Heritage Resort yang berada di atas perbuktian. Kemudian saat melewati kawasan pemukiman penduduk perlahan-lahan kondisi jalannya mulai menanjak. Sesampainya di tepi jalan dekat Sumberwatu Heritage Resort cari jalan cor semen menuju ke belakang resort tersebut.

Jalan cor semen menanjak hingga terdapat perempatan jalan dekat pos ronda arahkan ke kiri sejauh 200 meter. Sampailah di Spot Riyadi Prambanan. Kendaraannya bisa dititipkan di rumah penduduk namun terlebih dahulu meminta izin.

Spot Riyadi Prambanan ini merupakan titik memandang Candi Prambanan dan Gunung Merapi sebagai latar belakangnya. Titik ini berada di halaman depan rumah bapak Riyadi yang berada di perbukitan Sambirejo Prambanan. Oleh karena itu untuk mempermudah penyebutan nama digunakanlah nama pemilik rumah yang berada dekat tersebut yaitu pak Riyadi.

Posisinya menghadap ke utara ini lebih asyik digunakan untuk menikmati kabut di pagi hari dri atas ketinggian. Juga gemerlap lampu malam hari seperti di kawasan Bukit Bintang Piyungan Bantul. Selanjutnya pengunjung bisa menuju ke tepi bukit untuck melihat pemandangan yang asri dari spot Riyadi Prambanan ini.

Instagram : @indah.mey

Instagram : @indah.mey

Keindahan dari persawahan yang luas yang berada di bawahnya. Pemandangan petakan sawah ini memang mendominasi kawasan. Kendaraan rodda emapt yang melintas terlihat begitu kecil dan hampir tidak terlihat. Komposisinya yang merupakan petakan sawah ini bergaris unik dan menarik untuk sekedar diamati atau juga diambil gambarnya.

Lebih indahnya lagi jika pemandangan Gunung Merapi bisa terlihat jelas yakni jika cuaca cerah. Saat datang di pagi hari pengunjung bisa menikmati keindahan matahari terbit sekaligus Gunung Merapi juga Kompleks Candi Prambanan.

Instagram : @jogjajateng

Instagram : @jogjajateng

Kini kawasan Spot Riyadi Prambanan mulai dikembangkan menjadi kawasan wisata alternative wisata. Lokasi parkir pengunjung bisa menggunakan halaman depan rumah milik Pak Riyadi. Selain murah pemadangan di kompleks ini menjadi tujuan wisata yang recommended.

Tiket masuk menuju kawasan Spot Riyadi Prambanan ini gratis juga dengan parkirnya. Namun tetap jaga kebersihannya ya. Happy holiday!

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.