Sop Merah Bu Asih: Pedas Dan Segarnya Kuah Sop Legendaris

SOP MERAH BU ASIH: PEDAS DAN SEGARNYA KUAH SOP LEGENDARIS

www.sewamobildijogja.net – Siapa yang tidak kenal dengan sop? Masakan yang berasal dari olahan sayuran dan kuah bening gurih. Nah bagaimana jika kuah bening tersebut terganti dengan warna merah? Di Yogyakarta, ada sop yang menjadi buah bibir masyarakat khususnya angganan bagi penggila pedas. Sop merah bu Asih, demikian pelanggan menyebutkan sop pedas hasil dari racikan tangan Bu Asih. Beliau berhasil membuat citra sopnya dengan karakter lain daripada yang lain. Pedas!

Sebuah warung sederhana yang berada di pertigaan lampu merah Tungkaklah lokasi dari Sop Merah Bu Asih. Tidak ada papan nama yang terpasang. Tetapi pembeli menyebutnya sebagai Sop Merah Bu Asih sesuai dengan nama pemilik sop merah tersebut. Atau juga dikenal dengan sebutan sop merah Tungkak yang disesuaikan dengan lokasi keberadaan sop.

Pengunjung yang akan membeli sop merah harus mendatangi karyawan lalu menyebutkan pesananannya. Usai memesan beliau kemudian memberikan nomor antrian kepada pembelinya. Ramainya warung setiap hari sampai terkadang pelanggan harus menunggu giliran untuk makan di tempat. Sementara itu, pengunjung dapat menggunakan piring plastik untuk memilih potongan ayam yang ingin ditambahkan sesuai selera.

Instagram: @jogjabikinlaper

Instagram: @jogjabikinlaper

Tahun 1993 merupakan tahun berdirinya warung sop merah Tungkak. Jam bukanya mulai dari jam 5 sore. Mulanya beliau tidak hanya mejual sop saja namun ada nasi goreng, mie goreng, mie rebus. Hasilnya menurut beliau yang paling laku adalah sopnya.

Sop Merah Bu Asih Selalu Padat

Warung yang padat-padatnya jam 6 sore ke atas atau pada saat jam makan malam. Sehingga memang ada baiknya untuk berkunjung pada jam sebelum padat. Pasalnya untuk menyantap sopnya pengunjung harus rela mengantri.

Kepadatan pesanan yang meski sudah dibantu 10 karyawan pun masih terbilang kewalahan. Rumah makan dengan karyawan yang identik dengan khas seragamnya yang berwarna hijau ini memutuskan untuk tidak menerima pesanan melalui telepon.

Hasil dari sopnya yang berwarna merah adalah dari pasta cabe yang digunakan untuk mengguyur sop bening tersebut. Jika pelanggan tidak begitu menyukai pedas, pelanggan paling tidak membutuhkan sedikit siraman cabe, karena jika tidak disiram pasta cabe nantinya akan gagal disebut sop merah. Tapi jika memang benar-benar tidak menyukai pedas beliau juga tidak masalah jika sopnya tidak ditambahi cabai. Hehehe 😀

Instagram: @delicioso_sopmerah

Instagram: @delicioso_sopmerah

Semangkuk sop merah panas ini lengkap dengan suwiran daging, ceker ayam, telur rebus, kubis, wortel, seledri, daun bawang, dan juga kuah sop warna merah pastinya. Cita rasa khas cabai ini tidak sekedar gurih namun juga pedas.

Lebih asyiknya lagi jika menikmati sop ini di kala musim hujan gaes. Dinginnya udara sembari menikmati hidangan sop merah, segar, hangat, pasti pedasnya nagih. Kuliner satu ini juga dipercaya dapat mencegah efek samping dari flu seperti hidung tersumbat dan juga sakit tenggorokan karena memiliki anti-inflamasi. Menyantap sayurannya dan juga kaldunya bisa meningkatkan nutrisi dalam tubuh dan menghindari dehidrasi. Maka dari itu warung sop merah ini selalu dipilih selain dari kelezatannya juga karena khasiatnya.

Harga dan Akses Sop Merah

Untuk dapat menikmati semangkuk sop pedas ini dimulai dari harga Rp. 6.000 hingga Rp. 15.000an saja. Dibuka sejak pukul 17.00 hingga pukul 21.00 saja lho. Jangan sampai Anda berkunjung saat menjelang tutup yah karena bisa jadi tinggal kuahnya saja 😀

Tertarik untuk menikmati sop merah bu Asih ini? Akses menuju ke lokasi juga tidak susah. Jika dari Nol Km, Anda menuju ke Jalan Panembahan Senopati, lalu Perempatan Gonoman belok kanan ke Jalan Brigadir Jend. Katamso. Perempatan Pojok Benteng Timur ambil kiri ke Jalan Kolonel Sugiono lurus sedikit dan Sop Merah Bu Asih Tungkak berada di selatan pertigaan lampu merah Tungkak. Atau mau ikut tour wisata Jogja bareng kami nanti bisa deh mampir ke lokasi. 😀 Selamat berkuliner.

 

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.