Sentra Kerajinan Perak Kotagede Tempat Wajib Berburu Perak Di Jogja

sewamobildijogja.net – Jika kalian mengenal lokasi Masjid Mataram yang mana di desanya lebih terkenal dengan arsitektur rumahnya kebanyakan masih tradisional pasti tidak asing jika lokasinya berada di Kotagede. Kotagede adalah kecamatan yang keberadaannya termasuk di jantung kota Yogyakarta. Kotagede ini berada di antara kecamatan Umbulharjo dan kabupaten Bantul.

Sudah tahukah kalian jika Kotagede ini merupakan wilayah yan terkenal dengan sentra kerajinan perak? Beragam kesenian yang berkaitan dengan kerajinan perak atau silver yang bisa kamu lihat di lokasi ini seperti seni menempa, mengukir, dan juga membentuk perak menjadi beragam macam bentuk.

Source: telusurindonesia.com

Source: telusurindonesia.com

Kreativitas masyarakat Kotagede ini memang sudah dicetak secara turun-temurun juga dari generasi ke generasi. Dan tidak salah lagi jika hasil kerajinan perak yang ada di Kotagede ini berhasil merambah pasar internasional.

Ekspor hasil kerajinan perak Kotagede telah menjadi ladang usaha untuk masyarakat Kotagede yang bisa dilihat dari sepanjang Jalan Utama Mondorakan hingga ke Jalan Tegal, Gendu. Banyak sekali toko erajinan perak yang merupakan handmade alias hasil kerajianan tangan. Sepanjang jalan menuju ke lokasi pengunjung bisa melihat kanan dan kirinya ragam plang bertuliskan ‘Perak’ atau ‘Silver’.

Instagram: @tokoperakjogja925

Instagram: @tokoperakjogja925

Harga jual dari kerajinan perak di sentra kerajinan ini sangat varian. Mulai dari harga Rp. 10.000 hingga jutaan rupiah yang mana harganya juga disesuaikan dengan besar dan kecilnya barang tersebut, bahan baku, serta tingkat kerumitan pengerjaan.

Produk yang dihasilkan dari seni perak ini mulai dari cincin, giwang, dan beragam miniature becak, kapal, andhong, hingga hewan. Pusat kerajinan tangan perak Kotagede ini juga biasa disebut Jewellery of Jogja. Tidak sekedar sebagai pusat oleh-oleh perhiasan di Jogja namun saat ini sudah menhelma menjadi salah satu obyek wisata yang didatangi oleh banyak turis dari dalam sampai luar negeri. Kebanyakan yang datang ialah mereka yang ingin mencari perhiasan unik atau sekedar ingin tahu proses pembuatannya sampai juga pada untuk hunting foto. wah seru sekali 😀

Instagram: @tokoperakjogja925

Instagram: @tokoperakjogja925

Tidak sekedar kerajianan perak, di lokasi ini pengunjung juga bisa menemukan koleksi-koleksi lain seperti batu akik, kerajinan kulit, dan ragam kerajinan lainnya. Jadi memang sangat disayangkan apabila berkunjung ke Kotagede hanya ke masjid Mataram, kamu juga bisa mampir untuk berkunjung melihat pernak-pernik, koleksi perhiasan unik, dan masih banyak yang lainnya.

Instagram: @kalandraoleholeh

Instagram: @kalandraoleholeh

Selain berwisata dengan mengunjungi kompleks perak, atau ke wisata sejarah, kamu jua bisa sekalian berwisata kuliner dengan menikmati jajanan pasar yang khas seperti halnya kue kembang waru, jenang, cenil, gethuk, dan lain-lain. Liburan dan kunjungan yang menyenangkan bukan?  apalagi jika kunjungannya dengan sewa mobil di Jogja bersama kami pasti akan lebih menyenangkan.

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.