Sensasi Alam : Air terjun SRI GETHUK Gunung Kidul

Sensasi Alam : Air terjun SRI GETHUK Gunung Kidul 

Kalau anda ingin menghilangkan rasa penat dari kerjaan anda,hal yang paling pas dilakukan adalah berlibur.dan disini saya akan merekomendasikan satu tempat wisata yang benar-benar bisa menghilangkan rasa penat anda,tempat yang sangat indah,jauh dari keramaian dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Air terjun SRI GETHUK…..lokasi wisat ini dibuka sejak tahun 2007,sudah cukup lama tapi jika anda berkunjung ke tempat itu anda akan melihat kalau tempat itu masih sangat asri,bersih dan nyaman karena benar-benr dijaga kebersihannya.belum lagi anda akan melewati areal hutan kayu putih milik PERHUTANI yang terhampar luas di sepanjang jalan menuju tempat wisata air terjun sri gethuk.

Air terjun itu berada di Desa Wisata Bleberan, tepatnya Padukuhan (Dusun) Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, DIY.gunung kidul terkenal sebagai tempat yang gersang tapi dengan adanya air terjun sri gethuk ini seakan menghilangkan cap yang sudah melekat di sana.seperti halnya grand canyon di amerika,green canyon di jawa barat,di gunung kidul juga ada sri gethuk.air terjun yang kanan dan kirinya di apit oleh tebing-tebing bebatuan yang sangat kokoh,air yang mengalir dari tiga sumber mata air: Kedungpoh, Ngandong, dan Ngumbul terlihat sangat menyejukkan mata.air yang begitu jernih sehingga anda bisa melihat dasar sungai dengan mata telanjang.air terjun sri gethuk langsung mengalir deras dengan suara gemuruh yang memecah keheningan alam membaur dengan aliran air sungai oya.

air terjun sri gethuk Jogja

Untuk sampai ke tempat ini  anda bisa memilih untuk lebih menikmati pemandangan sawah yang begitu indahnya berhiaskan pohon kelapa yang menjulang tinggi dengan berjalan kaki atau anda akan lebih menikmati melawan aliran arus sungai oya dengan menaiki perahu rakit yang terbuat dari drum bekas dan papan.

Bagaimana air terjun itu bisa dinamakan sri gethuk,menurut informasi dari sumbernya, air tejun ini merupakan pusatnya para jin dengan pimpinan Jin Anggo Menduro. air terjun tersebut merupakan tempat penyimpanan kethuk yang merupakan salah satu instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro. Oleh karena itu disebut dengan nama Air Terjun Sri Gethuk. Konon, pada saat-saat tertentu masyarakat Dukuh Menggoran masih sering mendengar suara gamelan mengalun dari arah air terjun.

Tetapi semua cerita itu tidak akan menghilangkan keindahan dari air terjun sri gethuk itu sendiri.dan bagi anda yang ingin sekali mengunjungi tempat itu berikut informasi mengenai tempat itu.

Jam buka : 08.00 hingga pukul 16.00 WIB.

Tiket         :

 HTM (Goa Rancang Kencono + Air Terjun Sri Getuk) : Rp. 5.000,00/orang

Naik Perahu : Rp. 10.000,00/orang (dewasa), Anak-anak Rp. 3.000,00

Sewa Pelampung : Rp. 5.000,00/pcs

Rute      :

Jogja – Jalan Imogiri Barat – Jalan Panggang – Kecamatan Panggang – Kecamatan Paliyan – Menuju arah Pasar Playen – Sebelum Pasar Playen belok kiri (Pertigaan arah Desa Banyusoca) – Arah Goa Rancang Kencono – Air Terjun Sri Gethuk

Rute Alternativ

Jogja – Jl. Wonosari- Patuk – Sambipitu – Lapangan Gading (Lanud TNI AU) – Pertigaan Timur Lapangan Gading ke kanan arah Playen – Perempatan Pasar Playen – Menuju Arah Paliyan – Ikuti Papan Petunjuk Air Terjun Sri Gethuk (Pertigaan ke arah Desa Banyusoca) – Arah Goa Rancang Kencono – Air Terjun Sri Gethuk.

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.