Sate Klathak Pak Bari: Sate Legend Ala Film Aadc 2

Sewamobildijogja.net – Sate Klathak, merupakan sate kambing khas Imogiri Bantul yang dibakar di atas bara api layaknya kuliner pada umumnya. Perbedaan yang mmembuat sate Klathak unik adalah tusuk sate yang digunakan. Jika biasanya sate ditusuk menggunakan bamboo, potongan daging kambing ditusuk dengan jeruji sepeda yang terbuat dari besi sebagai pengganti tusuk bamboo. Alasannya adalah kepercayaan dari si epmbuat sate kambing bisa matang merata karena sifat besi yang menghantarkan panas dengan baik.

Deretan warung sate Klathak yang ada di Imogiri, satu yang paling terkenal adalah sate Klathak milik Pak Bari. Pak Bari, begitulah panggilan akrab pak Sabari. Beliau sudah mulai berjualan dengan dibantu 7 karyawannya. Antrian setiap harinya menjadi rutinitas pengunjung yang ingin membeli sate paling terkenal ini.

Sate Klathak Pak Bari

Sate Klathak milik pak Bari ini semakin terkenal sejak muncul di film Ada Apa  Dengan Cinta 2 (AADC 2) yakni saat Rangga mentraktir Cinta. Bahkan, 50 kg sate yang biasanya habis jam 2 pagi kini bisa selesai bersih jam 9 malam dengan jumlah dagingnya dua kali lipat.

Usaha kuliner turun temurun dari warisan ayahnya ini, warung sate Pak Bari memang tidak hanya menyediakan menu sate klathak. Namun juga ada beberapa menu olahan kambing lain. Sementara itu, untuk minumannya telah tersedia jeruk hangat, the hangat, es jeruk, dan juga es teh. Yang spesial dari penyajiannya adalah semua minuman hangat tidak diaduk dengan gula pasir melainkan gula batu.

Pak Bari adalah orang ketiga yag menjalankan usaha ini. pertamanya usaha ini didirikan oleh kakeknya sendiri yang berama Mbah Ambyah. Beliau berjualan dengan memikul rombong sate dan berkeliling menjajakan satenya atau juga berjualan di bawah pohon Waru. Setelah kakeknya meninggal selanjutnya usaha dterukan oeh ayahnya yaitu Pak Wakidi.

Pak Wakidi meneruskan usaha kuliner khas ini dengan menyewa sebuah ruko sebagai tempat berjualan. Setelah beberapa kali pindah ruko pada akhirnya beliau kembali ke lokasi yang saat ini sudah dibangun pasar. Pada tahun 1992 barulah pak Bari yang meneruskan karena sudah terlatih sejak umur 15 tahun.

Pemberian nama “Sate Klathak” diberikan saat Pak Bari yang meneruskan usaha tersebut. Awalnya beliau memiliki kebiasaan mencari biji melinjo untuk dijual sebagai tambahan uang saku. Saat sedang emmabkar sate Pak Bari iseng menempelkan biji melinjo di daging kambing yang dibakarnya. Bagi warga setempat, daging melinjo juga disebut dengan klathak. Dari situlah ide penamaan sate klatahk muncul. Namun adapula yang menyebutkan nama sate klathak berasal dari daging kambing yang berbunyi “klathak-klathak” saat dibakar.

Kuliner yang sudah digandrungi banyak kalangan artis ini seperti Mira Lesmana, Riri Riza, dan juga jejeran artis ibukota hanya dibumbui garam saat dibakar, tanpa bumbu kacang, bawang merah atau juga cabai seperti sate pada umumnya. Oleh karena itu sate ini juga disebut dengan sate berbumbu minimalis.

Rasa akan nikmat jika sudah memadukannya dengan kecap dan kuah gulai. Daging sate terasa empuk karena hanya menggunakan daging kambing usia 8-9 bulan, pembakarannya juga tidak terlalu kering namun matangnya merata. Sama seperti sate pada umumnya, tongseng kambing racikan Pak Bari tak kalah sedap, pedas dan manis rasanya pas bagi penikmat sate.

Pak Bari juga menjual seporsi sate Klathak dengan harga Rp. 20.000. Harga yang murah untuk sate yang sudah termasuk nasi, kuah gulai dan juga segelas minuman. Satu porsi sate Klathak terdiri dari 2 tusuk sate yang setiap tusuknya berisi 6 potong daging kambing.

Mungkin kebanyakan ornag akan menyangka porsinya termasuk sedikit. Namun menurut penderita hipertensi dan ahli gizi takaran ini sudah pas. Daging kambing memiliki manfaat khasiat mencegah anemia akrena mengandung kalori, protein dan zat besi yang cukup tinggi sehingga bisa menambah Hemoglobin.

Hayooo jadi Rangga dan Cinta kesekian untuk mencicipi nikmatnya sate Klathak ini. dekat dari Sate Klathak kamu bisa menikmati wisata terdekat seperti Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus, Rumah Hobbit, yang semuanya sedang digandrungi wisatawan.

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.