Sate Buntel Tambak Segaran Yogyakarta Ini Nggigit!

SATE BUNTEL TAMBAK SEGARAN YOGYAKARTA INI NGGIGIT!

www.sewamobildijogja.net – Yogyakarta mungkin menjadi surga dari kuliner legendaris dan Sate Buntel Tambak Segaran merupakan salah satu rumah makan yang telah menyajikan menu utama yakni sate buntel daging kambing yang mana telah terkenal lama di Surakarta. Cabang dari rumah makan ini sudah ada di berbagai tempat termasuk di Yogyakarta. Jika di Yogyakarta alamatnya berada di Jl. Brigjen Katamso 192 Yogyakarta.

Menu sate buntel yang tersaji di antara lain ada sate buntel daging, sate buntel campur lemak, sate buntel campur jerohan dan lain-lainnya. Semuanya berbahan dasar dari daging kambing yang dicacah. Selain menu sate buntel, ada banyak menu lainnya untuk dicicipi. Adalah sate kambing biasa, sate ayam, nasi goreng, sop tulang samapi dengan koyor. Akan tetapi menu yang menjadi buruan pelanggan tetaplah menu utamanya yakni sate buntel.

Instagram; @asripurnomo

Instagram; @asripurnomo

Proses Pembuatan Sate Buntel Tambak Segaran

Sate buntel yang berasal dari cacahan daging kambing ini telah diberi bumbu lalu dibuntel alias dibungkus dengan kulit lemak kambing. Prosesnya umumnya lumayan lama juga lain dari sate pada umumnya. Sementara itu, sate ini tidak ditusuk dengan lidi melainkan dipanggang di atas api yang sedang agar panasnya meratag dan juga seluruh bagiannya matang dengan sempurna.

Penyajiannya terlihat menarik dengan daging cacah kambing yang terbungkus kulit telah memenuhi piring. Kemudiante sate yang telah matang dilumuri bumbu kecap kental manis, potongan acar, bawang merah, serta sambal cabe yang turut menjadi teman si sate buntel.

Instagram: @stanzazone

Instagram: @stanzazone

Dari cita rasanya, sate buntel ini jelas leat, lemak membungkus daging cacahnya lumer. Dagingnya juga benar-benar halus, empuk, dan matang sempurna. Bumbunya berasa dari rempah-rempahnya meski rasa manisnya tetap dominan yang mana kuah kecapnya dicampurkan.

Instagram: @stanzazone

Instagram: @stanzazone

Warung makan yang hampir tidak pernah sepi pengunjung ini telah berdiri sejak 1987. Saat ini warung yang ada di Jogja diteruskan oleh cucu dari empu warung pertama yang berada di Tambak Segaran Solo. Adalah Lim Hwa Youe sang pencipta dari inovasi sate pada tahun 1948. Beliau telah mencacah daging lalu membungkusnya dengan lemak kambing. Setelah itu, daging yang dicacah tersebut dihlangkan ototnya sehingga bebas dari bau ‘prengus’ yang memburu setiap daging kambing. Hasilnya sate inovatif ini bisa menjadi favorit selain penggemar daging kambing.

Harga makanannya berkisar Rp. 15.000 hingga Rp. 35.000. Memang cukup mahal namun setara dengan kenikmatan yang diberikan dari sate buntel ini. Warung ini buka mulai pukul 12.30 hingga 22.00. Jadi bersiaplah menikmati sajian legendaris yang lezat luar biasa apalagi jika menambah paket wisata Jogja bersama kami. 😀 Selamat Berkuliner,

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.