Rojo Jengkol’s Jogja:  Jengkol Ramah Lingkungan Ala Pak Hari

ROJO JENGKOL’S JOGJA:  JENGKOL RAMAH LINGKUNGAN ALA PAK HARI

www.sewamobildijogja.net – Suasana asyik di Jl. Kabupaten, banyak pohon-pohon yang meneduhkan kawasan dan tidak jauh dari pusat kota Jogja. Pohon-pohon besar tersebut mengantarkan pembeli yang akan menuju ke Rojo Jengkol’s Jogja. Meskipun warung belum begitu lama berdiri namun keberadaannya sudah cukup terkenal dan menunya memang jarang ditemukan di kota Jogja. Ya, jengkol menjadi menu utama dan spesialnya di warung Rojo Jengkol’s Jogja Pak Hari.

Instagram: @kristyawan_ha

Instagram: @kristyawan_ha

Konon Warung Rojo Jengkol’s ini adalah warung pertama yang berada di Jogja dengan menu spesial jengkol. Lokasinya berada di tepi Jl. Kabupaten. Adanya spanduk hitam yang terpasang di warung tersebut menjadi pengenal Rojo Jengkol’s. warung yang dimiliki oleh pak Heri Kuncung ini merupakan seroang MC yang sering mengisi berbagai acara hiburan di Yogyakarta.

Warung sederhananya sepintas terlihat sebuah kecil dnegan dua meja makan di teras rumah. Di atas gerokanya telah ada beberapa baskom yang berisi empat menu jengkol dengan sajian: semur jengkol. Gulai jengkol, rending jengkol, dan balado jengkol. Yang terlihat menggoda dari keempat menu spesial jengkol ini adalah balado jengkol dan rendang jengkol.

Menu-menu disajikan dalam mangkuk kecil yang berdampingan dengan nasi putih hangat mengepul. Aroma khas jengkol yang biasanya langsung tercium sangat kuat sama sekali tidak muncul yang mana berganti dengan rempah yang kuat dari bumbu kedua menu.

Pedasnya jengkol balado dari Rojo Jengkol’s Jogja ini akan terasa dari efek bumbu cabai dan daun jeruk yang telah digunakan. Jengkolnya pun lebih terasa empuk. Akan tetapi masih mempunyai tekstur seperti kentang ditengahnya. Rasa rendangnya juga sama. Pemasakannya lebih lama yang membuat jengkol bumbu rendang ini terasa empuk. Mirip dengan kentang rebus yang hampir matang. Bumbunya yang kental dan sedikit manis meresap ke dalam biji jengkolnya yang rapat, terasa cukup nikmat jika dimakan bersama dengan nasi hangat.

Adapun kisah beliau yang lebih dikenal dengan Kuncung kala menjadi MC ini mulanya hanya iseng mencari sampngan ketika tidak ada pekerjaan untuk MC. Beliau langsung berpikiran jengkol dan alhasil jadilah Rojo Jengkol’s ini.

Instagram: @rojojengkols

Instagram: @rojojengkols

Selain makan di tempat, Rojo Jengkol’s ini juga telah menyediakan jasa pesan antar yang memiliki pesananan minimal 5 porsi. Warung yang berdiri ini terinspirasi dari pengalamannya yang kesulitan menikmati jengkol, makanan kesukaan beliau. Juga masih jarang ada warung jengkol di Yogyakarta. Oleh karena itu penikmatnya pun pasti merasa kesulitan untuk mencari makanan kesukaannya.

Yang menjadi nikmatnya lagi adalah jengkolnya yang kerap membuat orang malu untuk menikmati kuliner ini secara blak-blakan. Sehingga masakan ini dianggap sebagai masakan yang tabu. Oleh karena itu beliau memberi konsep Jengkol Ramah Lingkungan untuk warung Rojo Jengkol’s Jogja ini.

Setiap yang makan jengkol ditempat tidak perlu malu dan tidak akan mencemari lingkungannya karena baunya yang khas. Selain itu juga jengkol olahan warung ini juga tidak akan menempel di mulut atau juga kamar mandi.

Rahasia yang diperoleh adalah proses perendamannya yang cukup lama yakni lima hingga tujuh hari. Resepnya ini turun dari ibunya sendiri yang dipanggil ‘mami’. Namun secara umum, konsumsi jengkol yang berlebihan ini juga bisa menyebabkan penyakit jengkolen atau dalam bahasan medisnya adalah djenkolism.

Penyakit tersebut adalah akibat asam jengkolat, senyawa asam amino yang terkandung di jengkol yang mudah mengkristal jika dalam kondisi asam. Di ginjal dan kantung kemih, asam jengkolat akan berubah menjadi Kristal yang akan melukai saluran air seni bagi yang mengonsumsi. Oleh karena itu yang menyebabkan penderita kesakitan terkena jengkolan ini, mulai sulit buang air kecil, air seni berdarah, hingga pada kerusakan ginjal.

Meski mungkin terlihat berbahaya, namun jengkol ini juga memiliki khasiat untuk memperbaiki kondisi gula darah. Adapula protein yang hinggapp sebesar 23%, lebih tinggi dari tempe 19% dan susu 7% dan telur ayam 13,6%. Dengan banyaknya manfaat yang terkandung jadi tidak ada salahnya untuk menikmati jengkol meski tidak boleh keseringan juga tidak perlu takut dengan baud an racunnya. Hehehe

Lokasi menuju ke kawasan dari Tugu lurus ke barat menuju ke Jalan Godean, ambil kanan ke Jalan Kabupaten lalu tengoklah warung Rojo Jengkol’s. 🙂 warungnya buka dari jam 7 pagi hingga jam 4 sore. Kalau mau sekalian ambil paket wisata Jogja di tempat kami. 😀

 

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.