Purwosari Hills: Spot Sunrise, Panorama Candi Borobudur Dari Ketinggian

PURWOSARI HILLS: SPOT SUNRISE, PANORAMA CANDI BOROBUDUR DARI KETINGGIAN

www.sewamobildijogja.net – Sunrise Purwosari Hills (Bukit Purwosari) adalah salah satu wisata perbukitan yang menjadi alternatif untuk menikmati matahari terbit dan keindahan candi Buddha termegah Candi Borobudur dari atas bukit.

Adanya bukit Purwosari ini karena membludaknya pengunjung yang menikmati sunrise dari Bukit Punthuk Setumbu saja. Akhirnya warga sekitar mengembangkan bukit Purwosari untuk pariwisata untuk melihat potensi wisata dari atas bukit terserbut yang tidak kalah menarik dari Punthuk Setumbu.

Purwosari Hill

Instagram: @buditomo_tomo

Lokasi

Bukit Purwosari atau Purwosari Hills ini dahulunya bernama Bukit Cemuris Mas yang lokasinya berada di dusun Wonotigo, Kembanglimus, kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Lokasi ini juga menjadi wisata yang menarik untuk menikmati sunrise dan keindahan candi Borobudur dari atas bukit.

Lokasi Purwosari Hills ini berada di sebelah Bukit Punthuk Setumbu yang terdapat tida cara menuju ke bukit ini. Pertama adalah melewati jalan setapak dari Bukit Punthuk Setumbu, kemudan dari jalan setapak Gereja Ayam (Bukit Rhema) dan juga pintu masuk utama Bukit Purwosari. Akses terdekat adalah dari pintu masuk utama Bukit Purwosari karena pengunjung tidak harus melewati jalan setapak untuk memutar jauh.

Instagram: @wisata_magelang

Instagram: @wisata_magelang

Rute menuju ke Purwosari Hills ini adalah melalui jalan Raya Borobudur-Salaman arah Purworejo. Lokasinya juga hampir sama menuju ke Bukit Punthuk Setumbu dan juga wisata kuliner Beong Sehati. Sebelum melewati lapangan TNI-AD selanjutnya dari warung Mangut Beong Sehati adalah jalan masuk cor semen masuk ambil kiri. Ikuti hingga terdapat terdapat papan petunjuk bertulis Sunrise Bukit Purwosari. Kondisi jalannya sudah baik dan sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Asyik untuk Sunrise

Waktu yang tepat untuk menikmati wisata ini adalah saat mulai pendakian yakni sebelum matahari terbit. Oleh karena itu ada baiknya wisatawan memperkirakan waktu yang digunakan selama perjalanan. Sebelum mendaki pengunjung dipersilahkan mengisi buku tamu dan memberi sumbangan sukarela untuk pengelolaan wisata.

Pendakiannya cukup menguras tenaga yang mana jalur ppendakiannya berdiri tegak. Kondisi jalanpun sudah baik dengan dibuatnya tangga tanah, pegangan bambu, dan juga pos di beberapa titik. Adapun lampu penerangannya juga telah terpasang di beberapa tempat sehingga pengunjung bisa terbantu tanpa harus menggunakan senter. Meskipun penting untuk adanya penerangan.

Keindahan

Purwosari Hill

Instagram: @fitriyulian

Sunrise Purwosari Hill Magelang

Instagram: @primamareti

yang bisa dinikmati di lokasi ini juga tidak kalah dengan pemandangan puncak bukti lainnya. Hal ini tentu dikarenakan lokasinya yang tidak begitu jauh dari Punthuk Setumbu. Kelebihannya berkunjung ke Purwosari Hill ini pengunjung bisa langsung mampir ke Gereja Ayam yang lokasinya sangat dekat dengan Purwosari Hill.

Pemandangan Merapi dan Merbabu juga adanya Borobudur telah menjadi ketakjuban tersendiri. Di waktu tertentu matahari bisa terbit diantara dua gunung tersebut. Lautan kabut juga membuat pengunjung seolah diatas khayangan. Namun ketebalan kabut yang ada membuat Borobudur terkadang tidak nampak dan haya terliihat samar dari kejauhan karena tertutup kabut.

Purwosari Hill Magelang

Instagram: @gothil2992

Dari banyaknya lokasi perburuan menikmati sunrise dari atas bukit ini membuat lokasi Candi Borobudur semakin memudar. Kebanyakan pengunjung akan lebih memilih bukit Punthuk Setumbu sebagai salah satu magnet menikmati pagi dari bukit meski ada Punthuk Purwosari, Punthuk Sukmojoyo dan juga Bukit Mongkrong.

Tiket masuk menuju ke Purwosari Hill ini adalah sukarela. Sedangkan untuk biaya parkirnya untuk kendaraan roda dua adalah Rp. 2.000 dan kendaraan roda emapt Rp. 5.000. Sebuah alternative wisata selain Punthuk Setumbu yang bisa dikunjungi Happy Traveling.

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.