Punthuk Sukmojoyo: Wisata Perbukitan Keren Lagi Dari Magelang

PUNTHUK SUKMOJOYO: KAWASAN WISATA PERBUKITAN KEREN LAGI DARI MAGELANG

www.sewamobildijogja.net – Punthuk Sukmojoyo adalah sebuah wisata perbukitan yang berada di sekitar perbukitan Menoreh Magelang. Adapun daya tarik wisatawanya adalah sebuah pemandangan Candi Borobudur, Gunung Merapi, dan landskap Magelang dari atas bukit. Puncak ini berada di sebelah kanan dari puncak tertinggi di Magelang yakni Puncak Mongkrong yang berada di selatannya. Tepatnya di desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Sukomjoyo Hill Magelang

Instagram: @punthuksukmojoyo

Lokasi

Sukmojoyo Hill atau Punthuk Sukmojoyo ini berada di desa Giritengah, kecamatan Borobudur, kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya yang berada di barat daya Taman Wisata Candi Borobudur ini tepat di perbukitan menoreh wilayah Magelang. Rute menuju ke kawasan ini sama dengan menuju ke punthuk Mongkrong yakni dari jalan beraspal samping hotel Manohara kemudian menuju ke arah Majaksingi atau Hotel Amanjiwo Resort. Sebelum perempatan ambil menuju kanan ke perempatan Gunden. Dari perempatan Gunden ambil ke kiri menuju ke Balai Desa Giritengah.

Punthuk Sukmojoyo

Instagram: @punthuksukmojoyo

Papan petunjuk menuju ke Punthuk Sukmojoyo ini sudah bisa ditemukan dan perjalanannya harus siap melalui medan yang cukup ekstrim dari jalan yang menyempit. Oleh karena itu, pastikan motor bisa dalam keadaan baik. Memasuki setengah perjalanan dan memasuki dua percabangan jala. Ambil ke arah kanan menuju ke Puncak Sukmojoyo karena jika ambil ke arah kiri maka akan menuju ke Punthuk Mongkrong.

Ada Makam RM. Muhammad Soleh

Perjalanan selanjutnya menggunakan jalur tracking dan kendaraan dapat diparkir di rumah penduduk setempat. Kondisnya cukup licin sehingga perlu ekstra hati-hati. Sesampainnya di puncak Sukmojoyo pengunjung akan mendapati sebuah cungkuk atau makam milik Kyai RM. Muhammad Soleh. Makam yang berada di puncak bukit atau gunung memang banyak ditemukan di pegunungan di pulau Jawa termasuk Punthuk Sukmojoyo, Gunung Kukusan, dan juga Gunung Andong.

Konon Kyai RM. Muhammad Soleh merupakan turunan ke 14 dari Prabu Brawijaya V raja dari kerajaan Majapahit. Prabu Brawijaya V adalah moyang dari Sultan Agung Hanyokrokusumo yang merupakan Raja Mataram Islam Yogyakarta.

Sukomjoyo Hill Magelang

Instagram: @punthuksukmojoyo

Makam beliau dikelilingi oleh pagar kayu yang cukup tinggi dan tidak dibuka untuk umum. Namun pengunjung dapat melihatnya dari celah pagar kayu karena tidak dibangun rapat. Ramainya kunjungan ke makam ini adalah saat ada Festival Sendang Suruh di bulann Suro.

Pengelola wisata Punthuk Sukmojoyo juga telah menyediakan tempat untuk berfoto ria maupun untuk selfie. Adapun fasilitas yang sudah ada di punthuk ini adalah gardu pohon, jembatan bambu, dinding berbentuk hari hingga bangunan seperti kapal. Diantara beberapa pilihan spot foto, gardu pohon merupakan ikon dan daya tarik utama Punthuk Sukmojoyo karena paling ppertama dibangun dan menjadi promosi utama untuk Punthuk Sukmojoyo ini.

Asyik Untuk Foto dan Sunrise

Yang menarik lagi adalah spot kapal yang mirip seperti Jurang Tembelan Kanigoro di Bantul. Untuk menikmatinya pengunjung dipersilahkan bebas berfoto tanpa adanya biaya retribusi tambahan namun juga harus bergantian dengan pengunjung lain.

Punthuk Sukmojoyo

Instagram: @punthuksukmojoyo

Secara keseluruhan, Punthuk Sukmojoyo Magelang ini telah menjadi daya tarik wisata tambahan di sekitar Candi Borobudur. Lokasi ini telah menjadi wisata alternatif Magelang. Apalagi Punthuk Sukmojoyo ini adalah salah satu punthuk yang bisa digunakan untuk berfoto bersama mentari pagi alias sunrise. Tentu selain Punthuk Setumbu dan Bukit Purwosari, Punthuk Sukmojoyo telah memaparkan keindahannya dari adanya gardu pandang menatap pemandangan di bawahnya.

Akan tetapi berhubung akses masih sulit maka pengunjung disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua saja menuju ke Punthuk Sukomjoyo ini. Biaya tiket masuknya cukup dengan Rp. 5.000 per pengunjung. Sementara itu tiket parkirnya dikenakan sejumlah Rp. 3.000. Jika Anda ingin berkunjung ke Punthuk Sukmojoyo ini kami juga menyediakan paket tour Jogja untuk wisata ke Magelang. 🙂

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.