Punthuk Mongkrong: Wisata Bukit Tertinggi Di Magelang

PUNTHUK MONGKRONG: WISATA BUKIT TERTINGGI DI MAGELANG

www.sewamobildijogja.net – Punthuk Mongkrong menjadi wisata perbukitan yang belum begitu lama dikembangkan. Setelah adanya punthuk Setumbu, Magelang kembali menghadirkan wisata perbukitan untuk menikmati sunrise yakni Punthuk Mongkrong.

Sebuah kawasan wisata puncak perbukitan yang menarik dari lereng perbukitan Menoreh. Pemandangan yang bisa dinikmati dari punthuk ini adalah wisatawan dapat melihat keindahan dari candi Borobudur, Gunung Merapi, Gunung Merbabu secara langsung bersama kabut dari ketinggian.

Punthuk Mongkrong Magelang

Instagram: @dainsabilly

Punthuk Mongkrong

Instagram: @yuusaa

Lokasi

Bukit merupakan punthuk tertinggi dari punthuk lainnya yang ada di Magelang ini berada di dusun Kamal, desa Giritengah, kecamatan Borobudur, kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Ketinggiannya mencapai 624 mdpl. Lokasi tepatnya berada di sebelah barat daya dekat dengan Taman Wisata Candi Borobudur di perbukitan Menoreh Magelang.

Akses menuju ke Punthuk Mongkrong ini bisa menyusur jalan aspal samping Hotel Manohara Resort Borobudur kemudian menuju ke arah Majaksingi. Ada perempatan sebelum SDN Tuksongo I, ambil jalan menuju perempatan Gunden. Dari perempatan Gunden ini selanjutnya ambil jalan menuju ke Balai Desa Giritengah. Dari sini papan petunjuk menuju ke Punthuk Mongkrong sudah bisa diikuti.

Punthuk Mongkrong

Instagram: @moe.abi

Punthuk Mongkrong

Instagram: @jogjajateng

Perjalanan menuju ke puncak bukit Punthuk Mongkrong ini sementara hanya bisa dillui oleh kendaraan roda dua saja. Namun pegunjung juga harus bersiap menjaga stamina kendaraan. Lalu untuk menuju ke Punthuk Mongkrong ini adalah jalanannya yang menyempit namun sedikit landai. Memasuki jalan landai ada percabangan yang mana jalan ke kiri menuju ke dan jalan ke kanan menuju ke Punthuk Sukmojoyo. Ikutilah jalan hingga menemukan pemukiman dekat puncak. Pengguna motor pun harus berhati-hati karena kondisi jalannya cukup rusak dan penuh tanah.

Pengunjungpun hanya bisa memarkir di halaman rumah warga. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki melewati jalan setapak disamping rumah penduduk yang mana kondisi jalannya menanjak namun sudah diberi pegangan.

punthuk mongkrong

Instagram: @chiewyen90

Ada Petilasan di Punthuk Mongkrong

Di puncak situs Mongkrong ini sudah ditandai dengan sebuah tugu batu dengan tulisan “Situs BG 212 Punthuk Mongkrong Pangruwating Diyu”. Belum begitu banyak diketahui makna dari tugu bertulis tersebut baik dari tugu batu maupun tugu petilasan.

Puncak Mongkrong ini areanya cukup sempit dan dikelilingi oleh jurang. Adapun fasilitas yang ada di Punthuk Mongkrong ini antara alin sudah dibangun bangku duduk, rumah pohon, dan juga spot selfie di jembatan tepi tebing.

Adanya rumah pohon mungkin menjadi hal wajib di wisata perbukitan untuk menjadi daya tarik. Sementara itu, untuk kamar mandi umumnya masih harus menumpang di rumah warga setempat. Indahnya di puncak Mongkrong ini adalah panorama matahari terbit atau sunrise yang mana posisinya memang menghadap ke arah timur. Kemudian adapula pemandangan candi Borobudur dari atas, Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan juga Gunung Sumbing. Adapun pemandangan puncak bukit lain yang ada di bawahnya yakni Puncak Bukit Suroloyo yang jika ditilik ke arah baarat daya, Punthuk Sukomojoyo, Bukit Rhema (Gereja Ayam).

punthuk mongkrong

IG: @punthukmongkrong

Spot Fotonya Asyik

Yang paling menantang adalah adanya spot foto di tengah jembatan bamboo pinggir tebing jurang yang berlatar Gunung Merapi dan Gunung Merapi juga Merbabu jika cuacanya cukup bagus. Pengunjung bebas berfoto di lokasi tersebut tanpa dipungut biaya.

Apabila pengunjung memiliki ketakutan akan ketinggian atau penyakit jantung ada sebaiknya tidak untuk mencoba hehehe… kapasitas jembatan juga hanya dapat menampung maskimal sebanyak dua orang dewasa.

Sebuah alternatif wisata yang menarik selain murah juga pemandangannnya membayar semua letih dan perjuangan menuju ke lokasi. Tiket masuk menuju kawasan ini dikenai biaya Rp. 3.000 dan untuk parkirnya Rp. 2.000. Nah jika Anda ingin ikut paket wisata Jogja bersama kami bisa jadi lebih murah lho!

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.