Pintu Gerbang Kerkhof Magelang: Ada Pemakaman Belanda Dibalik Gerbang

PINTU GERBANG KERKHOF MAGELANG: ADA PEMAKAMAN BELANDA DIBALIK GERBANG TERSEBUT

www.sewamobildijogja.net – Tahukah Anda Pintu Gerbang Kerkhof? Sebuah pintu yang bisa ditemukan dan sering terlewatkan. Memasuki pusat Kota Magelang dari arah Yogyakarta melewati Bukit Tidar, ada aroma yang sejuk untuk panorama Hutan Pinus dan gemercik air sungai. Sungai tersebut berada di sebelah timur bukit, kemudian lanjut ke utara akan ada jalan yang tengahnya dibatasi oleh sungai. Jalan di sebelah barat merupakan Jalan Ikhlas yang terdapat deretan toko.

Di bagian lembah Bukit Tidar ini merupakan salah satu pusat perekonomian yang ada di kota Magelang. Sepintas mungkin tampak deretan toko namun jika diamati dengan seksama lagi, bagi siapapun yang melintas maka akan terlihat sebuah bangunan megah yang menjulang. Khususnya jika berhenti di Toko Waluyo Photo. Bangunan tersebut merupakan Pintu Gerbang Kerkhof Magelang (de Poort ban de Vroegere Grote Begraafplaats van Magelang).

Pintu Gerbang Kerkhof Magelang

Instagram: @explolormagelang

Kerkhof Laan

Pintu Gerbang Kerkhof menghadap ke timur dan di belakang pintu tersebut merupakan Kerkhof Laan (tanah Pemakaman Belanda) atau juga bisa dikenal dengan De Europede Begraafplaats te Magelang. Oleh karena itu, sebenarnya deretan toko tersebut merupakan bekas dari makam Belanda.

Konon, pemakaman tersebut terbagi menjadi dua bagian yakni bagiian depan dan bagian belakang. Setiap bagiannya terbagi menjadi empat kelas yang mana bagian depan untuk orang Eropa. Sementara itu, bagian belakang digunakan untuk orang Timur Asing dan Pribumi yang Bergama Kristen.

Pintu Gerbang Kerkhof Magelang

Instagram: @panciinside

Dari Kerkhof Laan masih bisa dilacak petilasannya yang tinggal di kompleks makam Johannes van der Steur (misionaris dan pejuang kemanusiaan berkebangsaaan Belanda). Pada tahun 1980, pemakaman Belanda tersebut dipindah ke Giriluyo oleh Pemerintah Kota Magelang adapula yang dipindah oleh ahli warisnya ke negeri Belanda.

Luas Area Kerkhof

Pintu gerbang Kerkhof telah diperkirakan dibangun tahun 1906 yang memiliki luas 16,8 m2. Juga dengan ketinggian 8,5 m2. Bangunan tersebut telah memiliki arsitektur Roman yang telah ditopang dengan emapt pilar jenis Tuscan yang telah mengadopsi pilar kuil Romawi.

Gerbang Kerkhof Magelang

Instagram: @kotamagelang

Dengan melihat kemegahan gerbang makam Belanda tersebut bisa dibayangkan pula megahnya Kerkhof yang ada di Magelang tersebut. Apalagi pada zaman dahulu Magelang dipilih sebagai kota Garnizun yang dibangun oleh Pemerintah Hindia Belanda yang bermukim di kota Magelang.

Tertarik untuk melihat bangunan tersebut? Ikut paket wisata Jogja bersama kami bisa dengan mudah mengunjungi pintu gerbang Kerkhof.

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.