Pecel Baywatch: Ada Kembang Turi Dari Olahan Tangan Mbah Warno

PECEL BAYWATCH: ADA KEMBANG TURI DARI OLAHAN TANGAN MBAH WARNO

www.sewamobildijogja.net – Pecel merupakan makanan yang mungkin tidak asing bagi masyakarat Jawa. Seperti di Jogja misalnya, pecel sudah biasa menjadi buruan penikmat salad Indonesia. Satu kabupaten dari Jogja yaitu Bantul, ada nama pecel yang sangat terkenal dengan begitu khas yakni pecel Kembang Turi dengan sebutan Pecel Baywatch.

Pecel Baywatch yang telah diklaim oleh pemiliknya, Mbah Warno. Mula-mulanya rasa penasaran pengunjung mungkin pemilik adalah orang yang ‘nakal’ dengan menggunakan bikini. Juga kemungkinan warung ini berada di pinggir pantai.

Instagram: @pesonajogja

Instagram: @pesonajogja

Sejarah Pecel Baywatch

Pecel Mbah Warno yang berada di Kasongan ini telah berdiri selama lebih dari 35 tahun. Papan nama warung pecel Mbah Warno ini juga berukuran 30 x 20 cm2. Dikarenakan kecilnya papan nama ini mungkin banyak yang akan terlewat.

Instagram: @jogjabikinlaper

Instagram: @jogjabikinlaper

Interior warung diisi oleh perabot yang sangat fungsional dan sederhana. Hanyalah beberapa meja dan kursi meja tempat meletakkan dagangannya terdapat dapur berisikan anglo yang mengepulkan asap. Posisinya sebenarnya tidak sengaja karena dapur dalam konsep Jawa biasanya berada di bagian belakang.

Mbah Warno meletakkan dapur di bagian depan warung pasca gempa Mei 2006 telah meruntuhkan bangunan rumah beliau sehingga beliau pemilik warung ini menyatakan tidak bisa membuat dapur baru karena belum cukup uang.

Mbah Warno menjajakan menu utama pecel dengan ragam lauk sebagai bahan pengiring. Mulai dari lele dan belut goreng kering, ada pula tahu bacem, mangut belut yang mana sajiannya belut bersantan dibumbui dengan cabai sampai kepada bakmi goreng.

Asal-Usul Pecel

Asal usul pecel emang hampir sama tidak jelas seperti soto. Di banyak daerah di Jawa juga banyak pecel yang dihidangkan namun memiliki karakter tersendiri. misalnya saja Pecel Madiun, Pecel Blitar, Pecel Slawi, dan lainnya.

Namun, seorang sejarawaan Belanda, H.J Graaf pernah mengungkap mengenai Ki Ageng Pemanahan yang melaksanakan titah dari Sultan Hadiwijaya untuk hijrah ke hutan yang disebut Alas Mentaok yang sekarang bernama Kotagede. Rombongan beliau disambut oleh masyarakat di pinggir Sungai Opak dan dijamu dengan berbagai jenis masakan yang juga terdapat pecel.

Pecel yang dihidangkan di Warung Mbah Warno ini seporsinya berisi pecel, lele goreng, dan juga tahu bacem. Terdapat emapt sayuran yang dihidangkan untuk segera disantap berbaur dengan lumuran bumbu kacang yang telah menggelitik lidah. Jenis sayuran tersebut adalah daun bayam, daun papaya, kembang turi (Sesbania Grandiflora), dan juga kecambah/tauge.

Instagram: @streetfoodstories

Instagram: @streetfoodstories

Manis dari bumbu kacang dan pahit dari kembang turi turut melengkapi lidah namun menjadi perpaduan yang menggonyang lidah. Pecel dengan kembang turi merupakan ciri khas pecel ini.

Konon kembang turi juga memiliki khasiat untuk meringankan panas dalam, serta sakit kepala ringan sehingga tidak heran jika orang Jawa, India, dan Suriname yang juga masih ada keturunan Jawa masih menayntaap kembang turi sebagai menu sayurannya.

Sebagai pelengkap kenikmatan, Mbah Warno menambahkan lele goreng dan tahu bacem. Lele goreng crispy ini beradu dimulut dengan tahu bacem yang lebih kesan manis yang biasanya lebih nikamt jika disantap dengan menggigit cabe.

Untuk alasan nama Baywatch adalah karena Mbah Warno dan para asistennya mengenakan jenis pakaian seperti kaus kutang yang nama sangat nyaman digunakan untuk daerah Bantul karena kering dan panas.

Harga Pecel Mbah Warno

Untuk rentang makanannya mulai dari Rp. 3.000 hingga Rp. 15.000. jadi cukup murah bukan? Meski banyak penjual pecel di Jogja, namun nama Pecel Baywatch ini telah melegenda dan menjadi khas pecel yang siap diburu ketika kebetulan menuju ke daerah Kasongan Bantul.

Hasilnya sebuah perpaduan yang ‘ngangeni’ dari suasana pedesaan dan keramahan dari Mbah Warno. Nah habis dari Parangtritis saat wisata Jogja bersama kami, bisa nih mampir ke Pecel Baywatch Mbah Warno. 🙂 Happy Traveling and Culinary 😀

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.