Pantai Torohudan: Eksotisme Dari Pantai Tersembunyi Di Balik Pohon Pandan

Sewamobildijogja.net – Tak henti dan tak pernah surut yah membahas indahnya pantai di Gunungkidul? Membahas pantai ini seperti membahas pasangan idaman, tak kunjung henti bahkan tak berahrap ada hentinya. Keindahan dan pesona yang dimiliki tidak hanya dari fisik namun seperti menimbulkan inner beauty.

Pantai Indrayanti, pantai Baron, pantai Sundak, pantai Krakal, dan seluruh pantai di Gunungkidul selalu asyik untuk dikupas. Ketika mereka adalah pantai dengan keindahan yang telah terkelola dengan baik lengkap dengan fasilitasnya, pantai Torohudan rupanya masuk ke dalam barisan dari pasukan pantai cantik di Gunungkidul.

Pantai Torohudan

Pantai Torohudan adalah pantai yang berada di sebelah timur pantai Ngrenehan Gunungkidul. Tepatnya adalah di desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogayakarta. Dari nama daerahnya yang istimewa, wisatanya pun juga istimewa. Pantai Torohudan adalah pantai yag tidak berpenghuni dan bukan menjadi kawasan wisata. Akan tetapi tidak jarang para Backpacker mengunjungi pantai Torohudan ini demi menikmati keindahannya dengan mendirikan tenda dan susur pantai.

Akses menuju pantai Torohudan hanya bisa dilakukan dengan jalur tracking. Melewati perbukitan timur pantai Ngrenehan, sehingga tidak mungkin bisa kendaraan melaju ke kawasan ini. Kendaraan roda dua maupun roda empat hanya bisa terparkir di pantai Ngrenehan.

Sesampainya di puncak bukit pengunjung bisa melihat takjubnya biru laut dan segala pemandangan lain yang lengkap. Namun perjuangan menyusur perkebunan dan ladang penduduk sekitar masih tetap harus dilakukan. Jalan setapak di tengan pertanian penduduk siap mengantarkan ke pantai cantik yang masih menyembunyikan diri.

Tidak adanya papan petunjuk menuju pantai Torohudan mengakibatkan siapapun bersiap menanyakan lokasi kepada penduduk yang sedang berkebun jika tidak ingin tersesat. Mendaki gunung lwati lembah, dengan bersusah payah menuruni tebing kalian akan disambut rerimbunan pohon pandan laut. Dari rerimbunan pohon pandan itu terdapat celah yang dijadikan pintu menuju pantai Torohudan ini.

Banyaknya pandan laut yang tumbuh liar di tepian pantai Torohudan menjadikan pantai ini sulit dijumpai dengan mudahnya sehingga tersembunyi dan jarang diketahui oleh khalayak. Daya tarik yang berbeda dan tantangan unik seperti mencari dan khirnya menemukan harta karun. Perjuangan menemukan pantai Torohudan mungkin akan lebih ringan daripada menemukan jodoh yang tak kunjung muncul.

Keindahan Pantai Torohudan

Namun jika kelak pantai ini dijadikan alternative wisata yang dikelola harapannya pohon pandan tersebut tidak harus dibuang dan ditebang agar keasriannya tetap terjaga. Jika yang menjadi khas dari pantai ini adalah pantai yang ternyata dibalik rimbunan pohon pandan, maka akan sama halnya dengan pantai lain di Gunungkidul yang akan tampak seketika pengunjung mendatangi kawasan dan bukan lagi menjadi pantai tersembunyi.

Pantai kecil dengan pasir landai berwarna putih bersih ini sangatlah cantik. Mungkin akan seperti bidadari yang berbaris jika membicarakan keindahan pantai di Gunungkidul. Lebar pantai mungkin hanya 50 meter karena diapit oleh batu karang di kanan kirinya yang seolah menjadi pengawal dan penjaga ketat pantai Torohudan ini. Sehingga jika dilihat dengan seksama pantai Torohudan menjadi pantai dengan bentukan semenanjung. Warga juga menyebut pantai ini sebagai Tanjung atau Semenanjung Torohudan.

Bebatuan karang di dasar laut menampakkan diri ketika air laut mulai surut. Warnanya kuning keemasan dan terlihat indah serta sulit dijumpai di pantai lain. Meski pasir ini besar, namun ia masih melembutkan kaki kaki yang menginjaknya.

Kecantikannya yang masih sangat alami tanpa polesan lain membuat siapapun berharap agar hingga nanti pantai ini tetap terawatt sedemikian rupanya dengan tidak mengotori pantai. Bawalah kembali sampah yang dihasilkan dan buanglah di tempat yang disediakan di area pantai Ngrenehan.

Pantai ini menjadi pantai pilihan ketika berkunjungan ke area pantai Ngrenehan atau pantai Peyuyon yang juga termasuk ke dalam kawasan pantai hidden paradise. Pantai Torohudan mungkin akan menjadi pantai yang semakin banyak dikunjungi karena banyak pula yang penasaran akan indahnya pantai Torohudan. Bisa jadi di tahun berikutnya sudah ada akses jalan yang baik menuju pantai ini.

Dari pantai Torohudan, bermain pasir dan air pantai di bibirnya, menunggu sayupan angin bertiup, dan semua keindahannya semoga akan tetap dirasakan hingga nanti. Salam Dolaners!

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.