Pantai Sadeng Gunungkidul:  Satu-satunya Pantai Di Gunungkidul Yang Terdapat Pemecah Ombak

Sewamobildijogja.net – Berkunjung ke Gunungkidul memang kurang lengkap jika tidak menjajali jajaran pantai pasir putihnya. Dari yang paling sunyi hingga yang sudah eksispun pantai-pantai di Gunungkidul tidak habis dikunjungi. Sepertinya menjelajahi ratusan pantai di Gunungkidul tidak cukup satu hari mungkin ya! Salah satu pantai yang menjadi alternative liburan adalah pantai Sadeng.

Pantai Sadeng menyuguhkan pemandangan khas pantai Gunungkidul. Letaknya berada di desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Sebelum sampai di pantai, kalian akan melihat bekas sungai raksasa yang tidak ada airnya dan terlihat sangat panjang. Dan saat ii sudah menjadi persawahan warga yang ditanami palawija.

Konon bekas sungai tersebut adalah aliran sungai bengawan Solo. Pernah ada peniliti yang menyatakan bahwa hal tersebut terjadi karena lempeng Australia menguham lempang Jawa yang kiranya membuat pulau Jawa ini terangkat dan aliran sungai Bengawan Solo tidak ke selatan melainkan ke arah utara pulau Jawa.

Pantai Sadeng Gunungkidul

Setelah meleati jalanan yang menukik barulah terdapat tempat pemungutan retribusi, menandakan pantai sudah semakin mendekat. Kapal-kapal dan perahu kecil menampakkan diri dan berbaris rapi di Dermaga Sadeng. Rupanya Dermaga ini merupakan dermaga terbesar di kabupaten Gunungkidul.

Pantai Sadeng juga dijadikan sebagai pelabuhan perikanan pantai Sadeng dan penghasil perikanan terbesar di Gunungkidul. Apalagi hasil tangkapan nelayan ini termasuk murah-murah. Setelah kalian berkesemapatan melihat hasil tangkapan nelayan, selanjutnya kalian waji susur pantai. Hal emnarik di sii adalah adanya pemecah ombak yang ditata rapi. Pemandangan ini tentu berbeda dari pantai di Gunungkidul pada umumnya. Selain itu, di pantai ini juga terdapat rambu suar yang berdiri tegap di pantai.

Bermain air di pantai ini juga bisa menjadi daya tarik pengunjung, hanya agak kurang asyik karena bercampur dengan kapal nelayan. Pantai ini secara ukuran tidak terlalu besar, tetapi cukup untuk bermain air.

Selesai bermain air tentunya kalian akan merasa haus juga lapar. Nah di sekitar pantai telah tersedia kios-kios yang siap menyambut untuk menghidangkan makanan sebagai pertolongan kepada kalian. Sembari menikmati suasana pantai kalian bisa menikmatinya dengan es kelapa muda dan juga hasil olahan tangkapan laut alias seafood.

Untuk fasilitasnya, pantai ini sudah sangat lengkap. Seperti adanya penginapan yang harganya tidak akan seharga hotel bintang lima, kamar mandi, tempat ibadah, TPI, dan lainnya. Hanya jarring-jaring nelayan yang kurang ditata rapi mungkin menjadikan pemandangan kurang sedap di pandang. Snagat disayangkkan.

Tetapi tentunya kalian masih bisa menikmati suasana pantai dan bisa makan seafoodnya. Cukup rekomended untuk liburan atau sekedar berkunjung sebelum menapak pantai lain di Gunungkidul seperti pantai Wediombo, pantai Jungwok, pantai Sedahan dan lainnya. Salam Dolaners!

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.