Pantai Parang Endog Gunung Kidul: Landskap Pantai Di Atas Bukit Pegunungan Sewu

Sewamobildijogja.net – Mengenal Yogyakarta berarti mengenal pantai-pantai indah di dalamnya. Sebagai kota yang disebut-sebut istimewa ini, memang menyimpan keindahan di setiap sudutnya. Apalagi ada kamu, pasti tambah istimewa ya! J Nah salah satu keindahan yang dimiliki Yogyakarta adalah ratusan pantai yang menghadap samudera Hindia. Salah satu pantai indah tersebut adalah pantai Parang Endog. Ada yang sudah tahu pantai Parang Endog?

Pantai Parang Endog merupakan salah satu pantai di deretan wialayah pegunungan karst Gunungkidul yang menyimpan beragam keindahan. Pantai yang terbilang masih baru ini memang masih sangat sepi pengunjung. Justru dari sepinya pengunjung ini menjadikan pantai Parang Endog mulai banyak dikunjungi secara berganti waktu.

Pantai ini berada di daerah Girijati, Purwosari, Gunungkidul. Merupakan salah satu pantai yang cocok bagi yang suka berenang di tepian pantai dengan keindahan sekelilingnya. Walaupun sesama pantai pasir putih akan tetapi mereka memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Jadi walaupun sama-sama memiliki pasir putih, tapi jika menyinggahi Yogyakarta pantai yang ada di Gunungkidul wajib dikunjungi.

Keindahan Parang Endog Gunung Kidul

sumber journey.andreanperdana.com

Jika Pok Tunggal terdapat pohon Duras yang menjadi ikon pantai, pantai Sundak yang terdapat mata air air tawar di goa pantai, maka pantai Parang Endog ini memiliki bentangan bukit yang indah yang bisa kamu nikmati dari ketinggian! Di belakang pasir pantai Parang Endog, bukit ini menjadi bagian dari dataran tinggi Pegunungan Seribu. Unikna, ada beberapa perbuitan yang menjorok ke laut. Suatu pemandangan yang indah bukan? menikmati bentangan pantai dengan birunya laut dia ats perbukitan hijau disertai pepohonan. Selain menikmati buih pasir dan ombaknya yang memanggil, kamu juga bisa melihat “Tebing Watupigit”, dan orang biasanya dengan mudah menyebut “Tebing Pantai Parang Endog Gunungkidul”.

Mengapa nama pantainya Parang Endog? Endog itu telur kalau dalam bahasa Jawa. Iya benar. Konon dahulu pantai ini memiliki banya bebatuan. Bebatuan tersebut berukuran bulat dan seperti telur. Nah sejak saat ini pantai ini kemudian dinamai pantai Parang Endong.

Bagi kamu yang bertanya adakah ekosistem laut yang bisa diajak bercanda? Bisa. Di pantai ini terdapat banyak habitat dan biota laut. Di Pantai Parang Endog ini ditemukan beragam jenis ikan, ragam kerang, rumput laut, dan batuan hingga pecahan kerang.

Pemandangan Parang Endog Gunung Kidul

sumber merahputih.com

Tidak hanya dapat dilihat, di pantai ini juga bisa kalian tangkap dan menikmatinya dengan cara dibakar. Tentu tidak dalam jumlah yang banyak ya agar tetap lestari. Jika kalian tidak mahir menangkapnya, kalian juga bisa bertemu nelayan yang membawa hasil tangkapan laut.

Pantai Parang Endog Gunungkidul ini tidak hanya bisa dinikmati dari keindahan alam, perbukitannya atau biota lautnya. Kalian juga bisa mengamati aktivitas warga setempat yang kehidupannya sebagai nelayan. Mencari ikan, memperbaiki perhau, menyiapkan jarring dan pancing, bisa menjadi kekaguman tersendiri mengingat kerja keras demi menghidupi keluarga.

Selain nelayan, kalian juga bisa menjumpai ibu-ibu yang mencari rumput laut di pantai. Beragam pengalaman seru pasti akan kalian dapatkan di pantai ini. Karena fasilitas di pantai ini juga belum terlalu memadai maka disarankan untuk membawa makanan dan minuman dari rumah sebagai bekal menikmati panorama. Setelah itu jangan mengotori pantai ya. Bawa kembali sampah yang kalian hasilkan, tetap menjaga keramah tamahan, dan bawalah kenangan untuk dikabarkan kepada masyarakat dunia bahwa Indonesia itu indah!

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.