Pantai Kuwaru: Menikmati Pantai Di Temani Cemara

Sewamobildijogja.net – Seperti pantai di Bantul pada umumnya, pantai-pantai dengan pasir baja yang kehitaman menepi dan menjorokkan diri ke daratan. Parangtritis, pantai yang sudah dikenal terlebih dahulu oleh wisatawan memiliki banyak saudara di sebelahnya seperti pantai Parangkusumo, pantai Depok, dan lainnya. Salh satu pantai yang merupakan tetangga pantai Parangtritis adalah pantai Kuwaru.

Pantai Kuwaru merupakan salah satu pantai yang ada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai ini berada di dusun Kuwaru Desa Poncosari, Srandakan, Bantul. Jaraknya sekitar 29 km dari pusat kota Yogyakarta. jika ditempuh dengan kendaraan bermotor roda dua dan roda empat maka sekitar 45 menit.

Pantai Kuwaru: Menikmati Pantai Di Temani Cemara

Menuju pantai Kuwaru aksesnya sudah cukup mudah karena jalan sudah memadai. Akan tetapi untuk bus pariwisata agak susah karena jalan kurang lebar. Akan tetapi jika kalian ingin ke pantai Kuwaru ini dengan menggunakan kendaraan bermotor dan roda empat, maka akan sangat mudah.

Keindahan pedesaan seperti persawahan yang luas dengan warnanya yang hijau asri bisa kalian nikmati selama perjalanan memasuki kawasan Bantul. Selain itu kalian juga akan menjumpai petani yang menggarap ladang dan sawahnya. Setelah itu kalian pasti akan melewati perkampungan warga yang masih kental suasana pedesaannya. Semilir angin yang menggoyangkan pepohonan dan daunnya membuat Anda nyaman menikmati perjalanan. Baru selanjutnya kalian akan tiba di Pantai Kuwaru.

Sesampainya di pantai Kuwaru, pemandangan pantai dengan pasirnya yang landai dan ombaknya yang menggulung mesra. Pantai yang luas sejauh mata memandang dan hamparan pasirnya, menyaksikan agungnya ciptaan yang Maha Kuasa.

Keindahan Pantai Kuwaru

Jika pantai di Gunungkidul berjejer pohon pandan besar untuk berteduh, di pantai Kuwaru pengunjung dapat berteduh di bawah pohon Cemara. Pepohonan cemara di sekitar pantai ini adalah bentuk dari penghijauan alam yang dilakukan oleh warga sekitar. Seraya berteduh kalian juga bisa menikmati angina laut yang hilir mudik memberikan kelembutan sentuhan.

Di sela menimati pantai ini kalian juga bisa menikmati makanan dan jajanna yang ada di sekitar pantai. Beberapa kios berderet menawarkan makanan dan minuman. Kalian yang perutnya memanggil untuk diberi asupan bisa mendatangi warung makan di pantai ini. Dan yang pasti sambil menikmati suasana pantai yang asri dan suara ombak yang menenangkan pikiran.

Fasilitas lain yang ditawarkan di pantai ini sudah cukup memadai seperti adanya kamar mandi, toilet, mushola, dan lahan parkir. Selanjutnya di pantai Kuwaru juga terdapat wahana yang bisa dinikmati pengunjung yang terbagi menjadi wahana tetap dan tidak tetap seperti kolam renang, ATV Motor, Motor trail, kereta mini, dan mandi bola. Sedangkan wahana tidak tetapnya antara lain komidi putar, bianglala, dan rumah balon. Tentunya segala wahana tersebut dikenai biaya tersendiri tidak masuk retribusi ya. Berikut adalah daftar harga wahana di pantai Kuwaru.

  • ATV Motor : Rp. 25.000 / 15 menit
  • Motor Trail : 25.000 / 15 menit
  • Kolam Renang: Rp. 5.000
  • Mandi Bola : Rp. 5000
  • Kereta Mini : Rp. 5000
  • Komidi putar : Rp. 5000 / orang
  • Bianglala : Rp. 5000 / orang
  • Rumah Balon : Rp. 5000 / orang

 

Secara rindang dan sejuk, pantai Kuwaru memang terasa lebih nyaman dibandingkan dengan pantai Depok yang lebih terik. Akan tetapi keduanya memiliki keindahan alam yang membentang luas. Pantai Kuwaru sangat asyik dijadikan lokasi menunggu sunset. Jadi jangan segera beranjak ketika sudah puas menikmati ombak pantai ya. J

 

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.