Pantai Jogan: Replika Mcway Beach Waterfall California

Sewamobildijogja.net – Sudah pernah tahu pantai yang air terjunnya menghadap dan terjun langsung di bibir pantai? Di Gunungkidul Yogyakarta, pantai Jogan memiliki keunggulan yang berbeda dari yang lainnya. Adanya air terjun yang menjatuhkan dirinya disambut ramah oleh lautan biru di depannya, membuat pantai Jogan menjadi pantai yang istimewa karena air terjun tersebut. Jika dilirik memang pantai Jogan jarang djamah karena keberadaannya yang cukup bermain petak umpet. Padahal pantai Jogan berada di sebelah barat pantai Siung. Mungkin, sebelum menjejaki pantai Jogan, mereka terhipnotis oleh cantiknya pantai Siung.

Akes menuju pantai Jogan bisa ditempuh sekitar dua jam berkendara dari kota Yogyakarta. ketika sudah sampai di pos retribusi pantai Siung, artinya bersiap menjejaki jalanan aspal yang berubah menjadi jalan setapak bebatuan. Sekitar 400 meter dari pantai Siung, papan petunjuk menuju pantai Jogan bisa mengantarkan menemui pantai cantik ini. Di temani oleh sungai di kanan kiri yang selanjutnya akan menjatuhkan diri di bibir pantai, menjadi penikmat suasana dan semangat menyapa pantai Jogan.

Air terjun di pantai ini menyesuaikan musim. Jika kemarau debit airnya akan sedikit, akan lebih indah jika musim penghujan. Terlebih jika musim kemarau air dari perbukitan karst ini dipergunakan warga sebagai sumber keperluan.

Keindahan Pantai Jogan

Seketika di atas bukit, kalian akan menikmati pemandangan cantik pertemuan dua sejoli antara air terjun yang digandeng manja oleh lautan. Untuk menikmati guyurannya, kalian harus menuruni tebing. Caranyapun bisa dilakukan dengan teknik canyoning atau rappelling di air terjun dan kedua adalah menapaki turunan licin. Rappelling bisa dilakukan dengan peralatan dan kemampuan tersendiri. alternatif lain jika kalian tidak bsia melakukan rappelling bisa dengan menuruni tebing. Untungnya terdapat barisan kayu sebagai pegangan. Kewaspaan harus tetap dijaga mengingat akses yang masih sulit ini. Selain itu tantangan selanjutnya adalah mendekati pasukan karang yang dihuni kepiting hitam transparan sekitar 5 mm.

Memang bukan pasukan ganas, tetapi untuk melewatinya kalian harus ekstra hati-hati terlebih dengan kaki tanpa alas. Kepiting mungil ini biasanya dimanfaatkan penduduk untuk diambill sebagai lauk nasi hangat di musim hujan. Anggunnya kupu-kupu yang bergerombol di bebatuan kering bisa disaksikan dengan seksama jika kalian beruntung.

Pemandangan Pantai Jogan

Seketika itu kamu akan merasakan indahnya, luar biasanya, dan keagungan ciptaan Tuhan. Langit membumbung, disapanya lautan biru. Disambut lagi dengan suara air terjun yang deras terjatuh. Sensasi luar biasa bisa menikmati kesegaran keduanya. Meskipun karang yang kamu injak, tak perlu ngeri, nikmatilah lembutnya percikan air saat kaki menapak batu karang. Dan selanjutnya kamu membelai rambutnya yang panjang gemuruh, memasuki perpaduan jatuhnya kedua sungai yang meneamimu menuju lokasi.

Byurrrrr!! Segarnya air tawar dari sungai yang menyembunyikan dirinya di bebatuan karang itu, seolah Gunungkidul yng gersang itu khayalan. Nyatanya di pegunungan karst ini banyak sekali sumber air tawar yang malu menampakkan dirinya dari perut bumi. Seperti pantai Sundak yang menyembunyikan mata air tawar dibalik goa.

Pantai Jogan tidak hanya menyuguhi pengunjung akan nikmat alam yang mengobati mata. Gemerciknya air yang menyambut bibir pantai juga menjadikan pantai ini super eksotis. Dunia harus tahu! Biarkan mereka berkunjung tidak hanya mengingat McWay Beach Waterfall di California, tapi mereka juga harus katu negeri kita juga elok dengan keindahannya. Indonesia, Gunungkidul Yogyakarta, salam dari pantai selatan pulau Jawa. Pantai Jogan.

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.