Pantai Dadap Ayam Gunungkidul: Surga Kecil Dibalik Tebing

Surga Kecil dibalik Tebing Indah

Pantai Dadap Ayam Gunung Kidul


www.sewamobildijogja.net ~ Pantai di Yogyakarta memang menjadi tujuan wisata yang menarik. Setiap pantai selalu mempunyai karakter tersendiri. Seperti halnya yang ada di Gunungkidul. Kabupaten selatan Jogja ini menjadi kawasan yang terkenal oleh pantai pasir putihnya yang menarik. Kawasan pegunungan karst ini telah menjadi kawasan yang memiliki pantai pasir putih yang banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar Yogyakarta. tidak kalah eksotisnya dengan yang ada di Bali lho… satu pantai yang menarik lagi adalah Pantai Dadap Ayam Gunungkidul.

Instagram: @spotjogjahits

Instagram: @spotjogjahits

Pantai Dadap Ayam merupakan kawasan pantai yang masih tersembunyi dan belum begitu dikenal oleh masyarakat luas. Padahal pantai ini berada dekat dengan Pantai Ngobaran. Meski jaraknya begitu dekat namun tidak begitu banyak yang mengetahui pantai ini.

Pantai Dadap Ayam secara administratif berada di desa Kanigoro, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul, DI. Yogyakarta. pantai Dadap Ayam ini memang pantai perawan yang belum termajah dan berada di sebelah timur kawasan pantai Ngobaran.

Perbukitan karang di sisi timur Pantai Ngobaran ini telah menjadi pemisah antara Pantai Dadap Ayam dan Pantai Ngobaran. Pengunjung pantai Dadap Ayam memang dipersilahkan untuk bertanya terlebih dahulu kepada petugas parkir atau juga warga setempat yang berada di kawasan Pantai Ngobaran karena lokasinya yang masih belum begitu diketahui.

Nama Dadap Ayam ini tidak lain adalah nama tumbuhan obat yang banyak tumbuh di pinggir pantai atau juga muara sungai. Akan tetapi belum begitu banyak diketahui hubungan antara pantai ini dengan tanaman Dadap Ayam.

Untuk mengunjungi pantai ini pengunjung harus menempuh jalan setapak yang melewati celah rerimbunan pohon pandan laut dan juga rerimbunan pohon di gerbang masuk kawasan Pantai Dadap Ayam. Tantangan selanjutnya adalah menuju ke bongakah batu karang yang basah dan licin. Perlu kewaspadaan untuk melangkah dan mencari pijakan yang tepat.

Kawasan pantai ini memang terlihat masih sangat perawan karena belum banyak yang menjamahnya. Hamparan pasirnya cukup sempit dan lebih di dominasi oleh bebatuan karang dasar laut. Pasirnya sama seperti warna pasir di Gunungkidul pada umunya.

Instagram: @wachidab

Instagram: @wachidab

Tebing karangnya yang ada di kedua sisinya ini seolah menjadi gerbang dan tembok keliling tinggi yang menutup pantai dari kanan kirinya. Areanya menjorok ke lautan luas. Bebatuan karang juga ditumbuhi oleh ganggang laut dan rumput laut.

Ketika surut akan terlihat banyak ikan kecil yang berada di antara karang-karang pantai. Namun jika pasang, kawasan pantai Dadap ini tidak terlihat area karang maupun pasir pantainya. Pantai yang tergolong masih perawan ini memang belum begitu banyak terdapat fasilitas umum. Namun akan menjadi menarik bagi para penikmat jelajah lokasi wisata yang belum banyak terjamah seperti Pantai Dadap Ayam Gunungkidul ini.  Untuk fasilitasnya mungkin masih mengikuti pantai yang ada di sebelahnya yang sudah terlebih dahulu dikelola yakni Pantai Ngobaran. Ombak yang cukup besar dari pantai selatan ini tidak begitu direkomendasikan mandi di pantai ini. Bagaimanapun kondisinya, pantai Dadap Ayam ini telah menjadi perburuan para Backpacker untuk menjelajah surga yang tersembunyi. Happy Traveling!

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.