Omah Salak Sleman: Proses Buah Indonesia Menjadi Panganan Eksportir

OMAH SALAK SLEMAN: PROSES BUAH INDONESIA MENJADI PANGANAN EKSPORTIR

www.sewamobildijogja.net – Salak Pondok adalah buah yang menjadi khas atau andalan dari Yogyakarta khususnya Sleman. Di daerah Turi tepatnya ada sebuah wisata edukasi yang bertujuan untuk mengetahui proses panen hingga pada pengolahannya yaitu Omah Salak.

Omah Salak Sebagai Wisata Edukasi

Sudah sejak tahun 1970an, wilayah Turi yang berada dekat dengan lereng Gunung Merapi Sleman ini terkenal sebagai daerah penghasil salak. Tanahnya yang berpasir sangat cocok untuk tanaman ini. Selain sebagai daerah penghasil salak, akhirnya daerah ini juga digunakan sebagai wisata edukasi.

Jika Anda ingin berkunjung mengetahui salak yang merupakan buah asli Indonesia ini, Anda bisa mendatangi Omah Salak di Turi, Sleman, Yogyakarta. usaha pertanian salak pondoh yang ada di Turi ini semapt terpuruk saat terjadi erupsi Gunung Merapi. Oleh karena itu kehadiran Omah Salakpun kemudian berdiri setahun setelah erupsi untuk menggiatkan produksi salak di wilayah Turi.

Omah Salak

Instagram: @chandralim3055

Mengunjungi Omah Salak pengunjung akan secara langsung diajak ke kebun oleh petani untuk memanen salak. Para petani tersebut merupakan warga Turi asli yang bekerja sama untuk meningkatakan perekonomian.

Kriteria buah salak yang siap dipetik adalah yang sudah berusia 5 hingga 6 bulan. Salak pondoklah yang menjadi salah paling banyak diproduksi di Turi. Untuk penyortirannya sudah bisa dilakukan ketika panen.

Salah Satu Buah Eksportir

Hasil salak dari Turi ini kemudian dipasarkan bahkan hingga ke mancanegara seperti Vietnam, Australia, juga China. Permintaan pasar di China sendiri setiap harinya sudah berhasil mencapai hingga 20 ton setiap hari. Meskipun salak belum terdaftar dalam nama buah internasional namun kegiatan eksportir buah ini sudah melakukan klarifikasi prodduk.

Potensi salak yang sangat besar ini rupanya menjadikan pengelola mengembangkan varian salak seperti Slak Gading. Salak Gading merupakan salak yang baik dikonsumsi untuk yang mengidap penyakit Diabetes, Kolesterol, serta Darah Tinggi yang kandungan gulanya sangat sedikit.

Olahan Salak

Lepas berkeliling kebun kemudian pengunjung diajak untuk melihat pengolahan hasil panennya yakni pembuatan bakpia salak. Bahan-bahan yang digunakan antara lain tepung terigu, garam, serta minyak goreng. Adapun untuk isinya adalah salak yang sudah dipotong kecil-kecil kemudian dimasak dengan air gula hingga menghasilkan selai.

Selanjutnya bakpia salakpun dibentuk serta dipanaskan di dalam oven sekitar 30 menit. Setelah itu bakpia siap dipasarkan untuk oleh-oleh wisatawan. Selain diolah menjadi bakpia, pihak pengelola juga mengolahnya menjadi keripik.

Omah Salak

Instagram: @omahsalak

Berwisata di Omah Salak ini memang menarik untuk dikunjungi. Sebagai penutup kunjungan di Omah Salak pengunjung akan dihadirkan hidangan spesial seperti minuman segar, cah kangkung, juga sampai ayam goreng sambal, yang semuanya ini mengandung salak.

Omah Salak

Instagram: @omahsalak

Omah Salak

Instagram: @omahsalak

Paket wisata ke Omah Salak ini cukup dengan membayar Rp. 90.000. harga paket ini sudah termasuk biaya petik buah sampai hidangan makanan yang membuat kenyang. Nah bagaimana? Jika Anda tertarik bisa dengan berkunjung ke Jl. Perum Gadjah Mada Asri Kenteng Turi, Sleman, DI Yogyakarta. Anda tertarik?

Nah dekat dari Omah Salak ini Anda juga bisa berkunjung ke Kaliurang, Tlogo Putri, Stonehenge dan beberapa destinasi menarik lainnya yang ada di daerah Kaliurang maupun Turi lainnya. Kunjungan ke lokasi ini juga bisa Anda temukan di paket wisata Jogja kami. Selamat berlibur!

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.