Nasi Goreng Beringharjo: Akulturasi Jawa Cina Dalam Olahan Indonesia

Sewamobildijogja.net – Nasi Goreng, makanan yang sudah sangat Indonesia ini juga memiliki sejarah di kota Gudeg loh gaes. Kalian belum tahu apa sudah tahu kalau yang akan kita bahas adalah nasi goreng dari perpaduan budaya Jawa dan Cina? Cus tengok Nasi Goreng Beringharjo, salah satu kuliner Jogja yang wajib kamu coba.

Nasi Goreng Beringharjo, begitu nama dari nasi Goreng yang memang pada awalnya berada di kawasan Pasar Beringharjo. Kini nasi Goreng Beringharjo bisa kamu jumpai di Jalan Mataram tepatnya di pertigaan ketiga sebelah kiri jalan ke arah pasar Beringharjo.

Sebelum akhir tahun 2004, yaitu adanya pembersihan pedagang kaki lima di wilayah Shopping, nasi goreng ini bisa kamu temukan di pertigaannya. Namun kini telah diubah menjadi Taman Pintar, Taman Budaya Yogyakarta, da Pusat Penjualan Buku.

MenikmatiĀ Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng yang telah terkenal sejak tahun 1960 itu terletak dari kelezatannya yang berhasil dilakukan oleh sanga penjual. Untuk menikmati nasi Gorengnya, pengunjung tidak menunggu terlalu lama karena dibuatnya dengan porsi besar sekaligus.

Jam buka Nasi Goreng Beringharjo ini bisa dikunjungi sejak pukul 18.00 WIB hingga kisaran pukul 23.00 WIB. Cara menikmatinya bisa di kursi atau lesehan. Menunggu nasi goreng bisa juga kalian mengingat kisah dari nagi goreng ini. kisah tentang akulturasi Jawa Cina.

Nasi Goreng memang sebenarnya berasal dari negara Cina. Kemudian berpindah tempat ke Indonesia. Pada awalnya nasi goreng muncul dari tradisi Cina yang tidak ingin membuang nasi sisa. Oelh karena itu dioalah nasi tersebut dengan bumbu yang ada seperti bawang merah, bawang putih, dan juga kecap. Saat bangsa Cina mulai datang ke Indonesia, kuliner ini mulai dikenal masyarakat Indonesia kemudian berlanjut menjadi satu menjadi masakan Indonesia sendiri.

Akulturasi yang berpadu adalah variasi nasi goreng, yaitu disulap menjadi nasi goreng dengan rasa khas Indonesia seperti nasi goreng ayam, nasi goreng seafood, nasi goreng kambing, hingga nasi goreg pete. Umumnya nasi goreng menonjolkan rasa bawang putih. Namun juga rasa tambahannya seperti ayam. Di nasi Goreng Beringharjo ini terkenal dengan nasi goreng ayam dan babi.

Ciri Khas Nasi Goreng Beringharjo

Selanjutnya dari adanya kecap yang menjadi bumbu campuran juga memiliki cerita tentang peneysuaian bangsa Cina yang tinggal di tanah Jawa. Nama kecap berasal dari Kie Tjap yang dibuat dari sari ikan lalu difermentasikan. Bangsa Cina yang tinggal di Jawa menemukan bahwa kedelai lebih murah dari ikan. Sehingga bahan baku kecap diubah menjadi kedelai. Kie tjap berikutnya tidak lagi memiliki rasa ikan, namun manis untuk kecap manis. Citarasa bawangputihnya juga mengikuti gaya masakan yang berasal dari Cina.

Meskipun adanya akulturasi serta banyaknya penjual nasi goreng yang berdatangan di setiap sudut, tidak menjadikan nasi goreng Beringharjo gulung tikar. Karena nasi goreng Beringharjo ini memiliki khas cara memasak yakni dalam jumlah yang besar. Biasanya sanga penjual bisa menghabiskan setenagh bakul yang kemudian disertakan bumbu khusus siap olah (bumbunya sudah diracik dari rumah jadi tinggal dimasukkan saja).

Adapula pelengkap nasi yang dituangkan di piring seperti irisan tomat, kol, daun seledri, telur dadar bulat, dan juga acar sebagai pelengkap. Karena terkenal akan lezatnya nasi goreng ini pengunjung bisa memesan lebih dari satu porsi untuk satu orangnya.

Kenikmatan mana lagi yang kamu dustakan? šŸ˜€ nasi goreng yang berpadu dengan rempah juga kecap yang tidak begitu asin juga tidak terlalu manis akan menjadi kenikmatan yang tiada terganti sepertinya. Berani coba dong ya? Selamat mencoba gaes!!

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.