Menikmati Candi Bang di Yogyakarta

Sewamobildijogja.net – Berlibur ke Yogyakarta memang menjadi pilihan yang menarik untuk menikmati wisata alam, wisata pantai, kuliner, juga sejarah. Malioboro, Prambanan, dan Parangtriris mungkin sudah menjadi ikon wajib kota pelajar ini. Dari candi-candi yang ada di Yogyakarta selain sebagai situs purbakala, adapula candi unik yang biasanya dikunjungi oleh kalangan anak muda. Candi Abang adalah candi yang keberadaannya terbilang unik karena berada di atas bukit.

Berbeda dari candi pada umumnya, candi Abang lebih banyak dikenal dari julukan Bukit Telettubies. Kebanyakan pengunjung yang hadir ke lokasi pasti akan bingung dan menanyakan dimana keberadaan candinya. Candi yang identik dengan ukiran dan ornament relief-relief berkisah sejarah, candi Abang tidak memiliki semua itu. Saat ini candi yang berlokasi di desa Jogotirto, Berbah, Slema Yogyakarta ini berubah menjadi sebuah bukit berumput hijau yang dijadikan lokasi foto anak muda. Bahkan komunitas anak muda Jogja juga pernah menjadikan candi Abang sebagai lokasi untuk mengadakan Festival Layangan.

Candi Bang di Yogyakarta

CANDI ABANG

Dari cerita sejarah pembangunan candi juga berbeda dari candi-candi yang ada di Yogyakarta. Candi Abang tidak terbentuk dari susunan batu berukir akan tetapi dengan menggunakan batu bata merah dan kapur. Oleh karena itu disebut “Abang” karena kemungkinan mengambil istilah dari struktur bangunan candi yaitu dengan bata merah yang dalam bahasa Jawa berarti merah.

Dikarenakan telah tertimbun oleh tanah, kini candi Abang berubah menjadi sebuah bukit yang menggunung yang terlihat seperti bukit Telettubies. Tidak ada tarif tiket masuk untuk berkunjung ke candi Abang. Pengunjung hanya dipersilahkan membayar parkir kendaraan saja. Lokasi candi Abang yang lumayan masuk membuat pengunjung harus menempuhnya dengan berjalan kaki sekitar 500meter.

Dari atas candi, pengunjung dapat melihat sebagian wilayah Yogyakarta yang hijau oelh persawahan penduduk dan pepohonan yang menyejukkan. Tidak disediakan fasilitas khusus seperti toilet dan juga orang berjualan. Pastikan ketika Anda berkunjung ke Bukit Teletubbies ini membawa makanan dan minuman pribadi. Dan walaupun berada di tengah bukit, disediakan tempat sampah yang bisa pengunjung gunakan untuk menjaga keindahan dan kenyamanan bersama.

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.