Lotek Teteg: Lotek Dan Gado-gado Porsi Full Bumbu Luget!

LOTEK TETEG: LOTEK DAN GADO-GADO PORSI FULL BUMBU LUGET!

www.sewamobildijogja.net – Lotek, makanan dengan jenis sayuran pasti tidak asing di telinga masyarakat Jawa apalagi Jogja. Setelah Lotek Bu Bagyo yang terkenal lugetnya, di Jl. Argolubang 184, Gang Delima GK. IV/196 Baciro, Yogyakarta (Depan SPBU Lempunyangan) adalah sebuah warung lotek yang mana menghasilkan keunikan dengan sayurannya yang seabrek. Lotek Teteg namanya. Tempatnya teduh, dan juga lokasinya yang strategis juga tempatnya yang teduh telah berhasil membuat warung ini tidak pernah sepi diburu penggila kuliner.

Salad Indonesia yang satu ini menjadi sajian utama di Warung Lotek Teteg. Warungnya berada beberapa meter di sebelah timur Stasiun Lempuyangan. Ada tempat duduk lesehan dan adapula tempat duduk kursi. Tidak hanya lotek yang menjadi menu utama, namun juga ada gado-gado, bermacam jus dan minuman lainnya.

Instagram: @thenekatchef

Instagram: @thenekatchef

Sepiring lotek teteg dengan komposisinya yang sangat banyak tersebut menjadi menu yang mungkin mengagetkan banyak pengunjung. Namun dari cita rasanya pengunjung akan lekas melahap lotek dengan bumbu lengkap khususnya bumbu kacangnya yang langsung menggoyang lidah.

Bumbu kacang yang menggilas sayuran seperti bayam dan kacang panjang rebus menjadi isian khas dari lotek tersebut. Ditemani oleh kerupuk yang renyah, pas dengan bumbu kacang yang ‘luget’ alias pekat. Meski terlihat menumpuk seabrek namun dijamin pasti ludes dan bikin ‘wareg’ alias kenyang total.

Instagram: @jogjadventuretrip

Instagram: @jogjadventuretrip

Menilik dapurnya, pengunjung akan menemukan sebuah cobek dengan ukuran sangat besar yakni sekitar 80 cm. Sangat besar dibandingkan dengan cobek pada umumnya. Rupanya cobek besar inilah yang menjadi khas dari Lotek Teteg selain porsi makanannya yang besar. Sejak dahulu, cobek besar ini memang digunakan untuk membuat bumbu kacang yang bertujuan agar pemiliknya tidak membuat bumbu setiap kali ada pembeli. Cobek besar ini dapat membuat bumbu kacnag untuk sebanyak 80 porsi di pagi hari.

Instagram: @voilajogja

Instagram: @voilajogja

Asal Mula Ide Lotek Teteg

Pada awalnya idenya berasal dari pendiri warung sendiri yang tidak lain adalah suami dari Bu Nur, generasi kedua dari Lotek Teteg. Cobek besar digunakan agar lebih praktis dan tidak menghilangkan cita rasa dari bumbu kacangnya. Memang, pekatnya bumbu kacang memang berbeda dari lotek lainnya yang ada di Jogja. Warung lotek yang sudah berdiri sejak 1968 ini dahulu bernama ‘Sederhana’ namun karena berada di dekat ‘teteg’ alias pagar rel kereta api, pengunjung menamainya dengan Warung Lotek Teteg. Apapun sebutannya, bagi penikmat kuliner paling penting adalah cita rasa dari menu yang disajikan oleh warung makan. 😀

Harga Lotek Teteg

Untuk harganya per porsi sebanding dengan sepiring penuh sayuran yakni Rp. 16.000. Untuk warungnya sendiri buka sejak pukul 09.00 hingga pukul 16.30. Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung? 🙂 jangan lewatkan warung lotek ini jika Anda berada di Baciro, Yogyakarta. Kalau perlu sekaligus menikmati paket tour Jogja bersama kami untuk wisata Jogja. Selamat berkuliner ria 😀

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.