Kue Kembang Waru Kotagede Ini Hampir Punah?

sewamobildijogja.net – Jogja memang tidak hanya terkenal dari kota yang memiliki ragam kebudayaan dan wsiatanya. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kuliner. Selain gudeg yang ikonik banget, ada beberapa makanan lain yang patut dicoba. Seperti jajanan tradisional yang mulai langka seperti kue kembang waru. Tidak banyak yang mengetahui jajanan lezat ini karena memang sudah begitu langka. Namun jika Anda menilik Kota Gede, jajanan ini bisa ditemukan di Pasar Kota Gede.

Instagram: @numani.oleholehjogja

Instagram: @numani.oleholehjogja

Kue kembang waru merupakan kue khas dari Kota Gede Yogyakarta selain Kipo. Kue ini terbentuk karena menurut cerita terdapat pohon waru yang cukup banyak di kkawasan Kotagede sampai saat ini. keberadaannya pun saat ini hamoir langka karena biasnaya ditemukan di acara tertentu seperti acara pernikahan.

Dahulu kue ini dibuat untuk persembahan kepada raja-raja Mataram yang berada di Kotagede. Akan tetapi setelah perang kue ini menghilang dan akhirnya muncul kembali. Untuk mendapati kue ini Anda bisa mendatangi daerah Kotagede Yogyakarta yang notabene merupakan pioneer dari kue kembang waru. Kue yang merupakan camilan langka ini kehadirannya juga belum banyak berada di supermarket.

Instagram: @numani.oleholehjogja

Instagram: @numani.oleholehjogja

Selain mencicipi kelezatan, kegiatan yang dilakukan dari menikmati kue kembang waru ini tidak lain adalah mempertahankan warisan leluhur. Tidak begitu sulit untuk membuat kue kembang waru ini. Pasalnya Anda cukup menyediakan telur, tepung, terigu, dan juga margarin. Cara membuatnya pertama telur dikocok hingga kaku, kemudia masukkan tepung perlahan, aduk rata. Selanjutnya adonan dimasukkan ke dalam cetakan bentuk kembang waru yang telah diolesi dengan margarin. Selanjutnya ue ini dipanggang dengan menggunakan tungku kayu bakar hingga matang sempurna. Keunikan dari sajian ini memang nikmat dinikmati saat hangat. Terlebih jika dinikmati bareng dengan teh ‘leginastel’ alias teh manis panas dan kental.

Instagram: @numani.oleholehjogja

Instagram: @numani.oleholehjogja

Instagram: @bhumihostel

Instagram: @bhumihostel

Suatu kenikmatan yang tersaji secara nikmat dari Kotaagede. Jajanan ini juga harganya terjangkau lho per kuenya hanya Rp. 1000 – Rp. 3.500 saja. jajanan langka seperti ini memang patut untuk dipertahankan seperti kamu. Jika berwisata ke Kotagede dan ingin mampir untuk menilik kue kembang waru ini tetap eksis di jajanan tradisional bisa sekaligus bersama tour wisata bersama kami. 🙂 selain menikmati indahnya kota tua di Jogja, tidak ada salahnya membantu kue ini tetap bertahan. selamat berkuliner.

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.