Ketep Pass: Pemandangan Dari Ketinggian 1.200 Meter Mdpl

KETEP PASS: PEMANDANGAN DARI KETINGGIAN 1.200 METER MDPL

www.sewamobildijogja.net – Ketep Pass merupakan sebuah obyek wisata alam yang menarik dari suguhan pemandangan pegunungan dan edukasi tentang kegunungapian. Beliau H. Mardiyanto merupakan seorang Gubernur Jawa Tengah yang telah memprakarsai bukit ini untuk menjadi tujuan wisata di jalur Solo-Selo-Borobudur. Kemudian wisata ini diresmikan oleh Presiden Megawati pada 12 Oktober 2002.

Ketep Pass

Instagram: @moe.abi

Fasilitas Ketep Pass Lengkap

Luas area sekitar wisata ini yaitu 8.000 m2. Area ini adalah kawasan terasering yang mempunyai fasilitas gardu pandang, Ketep Volcano Theatre, Ketep Volcano Center, Teropong, Ketep Pass Restaurant, Pelataran Panca Arga, arena permainan anak-anak, area parkir yang luas, dan juga mushola.

Gardu pandang di Ketep Pass ini memiliki dua buah gazebo berbentuk persegi panjang dan segi delapan. Di gazebo ini pengujung juga bisa menikmati pesona kemegahanan gunung kembar yakni Merapi Merbabu, kedua gunung yang bersebelahan ini berdiri gagah perkasa. Di bawahnya adapula hamparan pertanian warga yang hijau dan rumah penduduk yang berada di lereng gunung.

Ketep Pass

Instagram: @ketep_pass_magelang

Ketep Pass

Instagram: @hani27hariyanto

Ketep Pass juga menyediakan fasilitas sebuah museum bernama Ketep Volcano Center yang menyajikan informasi tentang Gunung Merapi. Memasuki bangunan yang berbentuk melingkat pengunjung akan melihat miniature Gunung Merapi dari batuan sisa erupsi tanah dari tahun ke tahun, poster sebuah Puncak Garuda yang ada di Gunung Merapi, contoh batuan erupsi dengan ukuran 3 x 3, poster peringatan dini banjir lahar dingin, foto-foto dokumentasi letusan Gunung Merapi dari tahun ke tahun, stereoskop, juga alat yang digunakan untuk melihat hasil foto udara dari sebuah gambar tiga dimensi.

Area Gardu Pandang Merapi dari Dekat

Titik tertinggi Obyek Wisata Ketep Pass Magelang terdapat di pelataran Panca Arga. Dan jika cuaca cerah dan tidak ada kabut atau awan penghalang pengunjung dapat melihat puncak lima gunung Jawa yakni Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan juga Gunung Slamet!

Ketep Pass

Instagram @ketep_pass_magelang

Ketep Pass Magelang

Instagram: @ketep_pass_magelang

Udara yang dingin sangat cocok ditemani oleh jagung bakar atau juga minuman hangat di warung-warung yang berjualan di Ketep Pass ini. selain itu, kamu juga bisa menikmati nasi rames, nasi pecel, mie rebus, mie goreng dan juga mie ayam. Sajian kuliner yang bisa mengganjal perut kala lapar menghadang.

Jika ingin menginap dengan menikmati suasana pedesaan di lokasi ini pengunjung bisa menginap di homestay yang ada di kawasan ini. Kawasan ini juga cocok digunakan untuk menikmati sunrise lho.  Siapkan jaket tebal karena dingin udara di Ketep Pass ini cukup membuat menggigil.

Akses dan Tiket

Lokasi menuju ke Ketep Pass dari Jogja pengunjung bisa menuju jalan Klenteng sebelum Pasar Muntilan. Dari Klenteng Hok An Kiong lurus mengikuti jalan utama menuju ke pasar Tlun dan jembatan gantung sampai menemukan pertigaan kecamatan Sawangan. Berikutnya ambil kanan menuju ke pertigaan Ketep Pass. Lurus hingga ke lokasi.

Harga tiket masuk dan museum ini sudah termasuk asuransi yakni Rp. 7.500. sementara tiket untuk Ketep Volcano Theater Rp. 7.000, tiket Teropong Rp. 3.000, parkir sepeda motor Rp. 2.000. parkir mobil Rp. 5.000, parkir mini bus Rp. 7.000, parkir bus besar Rp. 12.000, kemudian tiket wisatawan mancanegara $3 (Tiket masuk, museum, ketep volcano theater).

Setelah dari Ketep Pass ini pengunjung bisa mengunjungi area wisata lain terdekat yakni Air Terjun Kedung Kayang, Kebun Buah Strawberry Banyuroto, serta Top Selfie Pinusan Kragilan. Kami juga memiliki paket wisata Jogja yang bisa mengarah ke Ketep Pass lho! 🙂

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.