Jenang Krasikan Manis Legitnya Dicari Sebagai Oleh-oleh!

sewamobildijogja.net – Ragam kuliner Yogyakarta memang tidak pernah padam. Selalu didapat banyak jenis makanan ataupun sekedar jajanannya. Kunikan dari ragam makanan yang ada di Jogja inilah yang turut menjadi ruang rindu selain pada tempat wisatanya yang lebih populer. Satu jenis makanan yang bisa dijadikan perburuan adalah Jenang Krasikan. Jenang krasikan yang merupakan makanan ringan alias jajanan ringan ini merupakan jajanan yang berasal dari Purworejo. Namun jenang ini juga banyak terdapat di Yogyakarta sehingga jajanan ini termasuk juga jajanan yang kerap dicari oleh para wisatawan.

Source: masakandapurku.com

Source: masakandapurku.com

Jenang yang dalam bahasa Jawanya adalah bubur merupakan lain dari pada jenang pada umumnya. Jenang krasikan terbuat dari bahan utama beras ketan dan ula merah. Kemudian untuk cita rasa gurihnya diimbui santan dan sedikit garam. Oleh karena itu teksturnya membuat kudapan ini lumer di mulut. Rasa manisnya di jenang krasikan lantas tidak membuat mual. Makanya tidak sedikit pula yang membawa krasikan sebagai oleh-oleh.

Jenang krasikan yang dijual biasanya berbentuk potongan-potongan kecil yang dibungkus dengan plastic tipis. Potongan-potongan kecil tersebut kemudian dikemas dalam wadah. Harganya cukup murah yakni mulai dari Rp. 20.000 hingga Rp. 40.000 yang dilihat dari tingkat ketebalan dan besar kecilnya jenang.

Instagram: @oleh2lesatari

Instagram: @oleh2lesatari

Yang menarik pada saat memasuki musim lebaran misalnya, jenang krasikan ini dijajakan oleh pedagang makanan ringan. kudapan biasanya menjadi teman ngobrol bersama di rumah. Untuk mendapatkan jenang krasikan ini tidak sulit karena bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional. Jika kalian di Jogja, makanan ini bisa kamu temukan di pasar Beringharjo misalnya juga pasar tradisional lainnya. Biasanya jenang Krasikan ini dicari untuk oleh-oleh para wisatawan maupun kerabat di rumah.

Source: www.jawaban.com

Source: www.jawaban.com

Bagaimana dengan Anda? Sudah dapat ide kan bawa oleh-oleh apa selain Bakpia yang memang sudah khas oleh-olehnya kota Jogja ini. Nah selain jenang krasikan, Anda juga menikmati pilihan jajanan lainnya seperti Jadah Manten, Klepon, Cenil, dan lainnya. Sembari memburu jenang krasikan dan teman-temannya tersebut, Anda bisa ditemani wisata bersama kami supaya perjalanan Anda lebih seru dan menyenangkan pastinya. Apalagi untuk armada untuk sewa mobil di Jogjanya sudah pasti nyaman dan berkualitas yang akan menamani hari Anda di Jogja. Selamat berwsiata dan elamat berkuliner. 🙂

 

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.