Jajanan Pasar Di Pasar Kotagede Ini Wajib Diburu Anak Kulineran

Berburu Jajanan Tradisional di Kotagede ini Wajib Hukumya untuk Anak Kulineran!

www.sewamobildijogja.net – Adalah pasar Kotagede yang merupakan pasar rakyat tertua yang ada di Jogja. Di pasar ini penggemar kuliner atau jajanan tradisional pasti akan melihat bak harta karun yang tersembunyi dan mulai langka. Jajan makanan tradisional memang bisa menjadi sebuah alternative untuk bernostalgia masa kecil. Akan tetapi dari banyaknya jajanan pasar yang adai Jogja mungkin sudah mulai kesulitan untuk menemukannya dewasa ini. Maka tidak ada salahnya untuk kalian yang ingin memburu makanan khas jajan pasar di pasar Kotagede.

Instagram: @anggityas

Instagram: @anggityas

Pasar Legi Kotagede yang merupakan sebutan lain dari pasar kotagede merupakan pasar yang sudah berdiri sejak panembahan Senopati masa kerajaan Mataram Islam. Kini pasar ini sudah mengalami renovasi, namun bentuk dari bangunan aslinya masih tetap dipertahankan. Juga masih diapit oleh monument Jumengen Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang juga disebut dengan Pacak Suji di timur laut dan juga gardu listrik induk tempo dulu yang dikenal dnegan sebutan Babon Aniem. Lokasi Babon Aniem ini berada di sisi barat laut pasar.

Source: kabarkuliner.com

Source: kabarkuliner.com

Pelatarannya yang rimbun dengan pepohonan ini juga berjajar dengan rapi meski penuh dengan aktivitas jual beli sperti di harian pasar Legi (kalender Jawa). Banyaknya jajanan pasar sudah mulai ditemukan dari makanan basah hingga makanan kering. Tidak sulit untuk mengenali jajan pasar ini karena lokasinya berada di tengah dan juga lebih rendah dari loas para pedagang. Ada banyak jajanan pasar yang perlu dicoba di pasar Kotade ini.  Beragam jajanan tersebut yang menjadi rekomendasi adalah Kipo, Kue Kembang Waru, Getuk, Geplak, Jenang Sumsum, Grontol, Nasi Jagung, wajik, serta jadah manten.

Source: gudangalamat.com

Source: gudangalamat.com

Kipo dari ‘iki opo?’ dalam bahasa Jawa yang bermaksud penasaran “ini apa”. Akhiirnya sebutan untuk makanan ini menjadi ‘kipo’ sebuah makanan yang terbuat dari tepung ketan dengan pewarna hijau daun suji, isinya enten-enten atau gula jawa merah dengan parutan kelapa. Adonannya dibentuk seukuran jempol orang dewasa yang ditata di atas daun pisang untuk kmeudian dipanggang. Proses pemanggangan dengan gerabah tersebut membuat aromanya keluar khas daun pisang bercampur dengan gurihnya beras ketan, parutan kelapa, manis gula jawa, dan harum daun suji. Ntab soul!

Source: sobatjogja.com

Source: sobatjogja.com

Selanjutnya yang menarik lagi kue kembang waru. Kue yang sudah ada sejak masa penjajahan yang mana enduduk pribumi ingin kue yang kering seperti dari Belanda dan Inggris. Oleh karena itu mereka mengadopsi resep kue yang telah bercampur dengan terigu, telur, susu, dan juga lemak nabati. Alhasil kue kembang waru pun berhasil dinikmati meski sekarang sudah hampir jarang ditemukan. Antara tekstur empuk dan renyah, kue kembang waru ini berhasil berpasangan serasi dengan teh.

Banyaknya makanan tradisional yang berderet sepanjang jalan pembatas antara los pasar yang memanjang dari utara ke selatan membuat banyak ibu-ibu juga simbah-simbah menjual beragam makanan. Ada geplak yang merupakan makanan khas Bantul dengan warna-warninya, juga jadah manten.

Source: klikdapur.com

Source: klikdapur.com

Pun ada sego jagung, grontol (pipilan jagung kukus). Ada wajik dan jenang sumsum yang manis-manis. Di bagian belakang, ada tumpukan gerabah dan keperluan rumah tangga yang terbuat dari anyaman bambu.

Selain itu ke bagian pintu keluar di sisi barat ada seorang simbah yang menjual umbi-umbian rebus. Ada uwi, yang berwarna ungu yang asyik dimakan bersama dengan parutan kelapa dan sedikit garam. Adapula gembili, yang teksturnya kenyal dengan bintik coklat juga akar serabut yang menempel di kulit luar. Enthik, umbi dari pohon talas, dan juga ada garut, ganyong, serta ubi jalar dengan khas dagingnnya warna putih atau kuning, pisang kapok, kacang tanah, dan kedelai rebus. Kentang kleci rebus sebesar kacang tanah yang juga enak untuk camilan.

Sedemikan nikmatnya jajanan pasar yang ada di Pasar Kotagede ini memang sayang untuk ditinggalkan. Harganya murah-murah mulai dari Rp. 2.000. serbuuuuu!!

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.