Jajanan Pasar Bernama Klepon Ini Wuenak Tenan!

sewamobildijogja.net – Kenal berapa banyak makanan tradisioal di Jogja? Wah kalau kemu ke Jogja hanya menemukan gudeg maka nikmat kulineranmu masih kurnag. Kamu juga bisa membawa oleh-oleh lain seperti jajanan pasar untuk sanak sodara lho. Makanan yang mulai langka ini sudah mulai digencarkan kembali agar tetap bertahan tradisi kedaerahannya. Satu dari banyaknya jajanan yang ada di Jogja adalah Klepon.

http://www.seasaltwithfood.com

http://www.seasaltwithfood.com

Klepon, sebuah jajanan pasar yang olahannya berasal dari tepung ketan berbentuk bulat dan berisi gula merah. Biasanya terdapat parutan kelapa di bagan luarnya. Ukuran si klepon sendiri biasanya besarnya seperti bakso dengan warna yang khas yakni hijau.

Makanan tradisional ini juga merupakan jajanan pasar yang paling disukai oleh banyak orang karena memiliki khas. Dia akan mengeluarkan gula jawa saat digigit. Perpaduan rasa gurih, manis, dan super lezat. cara makannya yang paling aman agar tidak muncrat adalah satu bijinya langsung dimakan. Langsung leb!

www.covermore.com.au

www.covermore.com.au

Cara pembuatannya termasuk sederhana. Klepon yang terbuat dari adonan tepung ketan yang telah dibumbui bahan lainnya kemudian dibentuk bulatan kecil dan diselipkan gula merah di dalamnya. Kemudian dimasak dengan cara dikukus. Selanjutnya setelah matang didinginkn baru kemudian diberi taburan kelapa.

Bahan baku lain pembuatan klepon selain tepung ketan adalah dari singkong. Klepon kemudian dijajakan di pasar dan diletakkan di atas kota persegi empat yang terbuat dari daun pisang. Setiap kotaknya berisi 4 hingga 5 butir klepon. Akan tetapi 4 hingga 5 butir klepon saja sudah bisa membuat kenyang perut orang dewasa lho. pasalnya kandungan karbohidratnya termasuk tinggi yang berasal dari tepung ketan.

http://www.cookle.at

http://www.cookle.at

Wah panganan unik ini memang menarik. Makanya meski hampir punah namun kini banyak wisatawan yang mulai berburu makanan tradisional seperti klepon ini juga jajanan pasar lain yakni cenil, thiwul, jadah manten, jenang, wajik, krasikan, dan masih banyak makanan lainnya.

Bagaimana dengan kamu? Ingin mencicipi yang mana dulu nih? datangi saja pasar tradisonal di Jogja seperti Beringharjo atau Pasar Kotagede. Pasti makanan ini akan siap berjejer menyambut kedatangan kamu! Bisa sekalian kalau tour di Jogja bersama kami dan ingin mampir untuk jajan ini bisa sekali. 🙂

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.