Ini Lho Watu Payung Semin, Satu Dari Wisata Perbukitan Gunungkidul

sewamobildijogja.net – Lokasi wisata perbukitan telah menjadi wisata yang cukup menarik oleh banyak kalangan terlebih anak muda. Dari adanya bukit di Bantul seperti di Jurang Tambelan dan teman-temannya, Gunungkidul juga mempunyai wisata perbukitan seperti Watu Payung Semin.

Instragram : @menyusuri.nusantara

Instragram : @menyusuri.nusantara

Watu Payung Semin ini merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki saya tarik berupa pperbukitan di perbatasan antara Gunungkidul dan Kabupten Sukoharjo. Lokasinya kini sudah dikembangkan menjadi wisata meski kondisinya masih belum terawatt dengan baik.

Kesulitan akses jalan juga fasilitas yang minim membuat promosi wisata watu payung semin ini kurang dikenal sehingga jarang dikunjungi. Bukit watu payung semin atau batu payung berada di dusun Ngentak, Candirejo, Semin, Gunungkidul, DI. Yogyakarta.

Instagram : @udinyunianto_

Instagram : @udinyunianto_

Lokasinya masih berada satu kawasan dnegan Telaga Biru Semin yang mana akhir-akhir ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Dari percabangannya yang terakhir sbeelum Telaga Biru ambil jalan lurus dan menanjak menuju bkit Watu Payung. Keadaan jalannya sedikti rusak sehingga diperlukan kehati-hatian dalam mengendarai kendaraan khususnya kendaraan roda dua. Kendaraan pengunjung Watu Payung Semin ini bisa diparkirkan di Vihara kecil yang berada di jalan setapak menuju ke puncak bukit.

Penggunaan nama Watu Payung ini sering digunakan di kawsan bebatuan mirip dengan payung. Selain di dusun Ngentak di Gunungkidul ini, di desa wisata Kemuning juga terdapat kawasan Watu Payung serta di daerah Gunungkidul lainnya ada Watu Payung Panggang.

Instagram: @menyusuri.nusantara

Instagram: @menyusuri.nusantara

Kawasan Watu Payung Semin ini berbentuk seperti Payung yang mana tidak terlihat karena tertutup oleh rerimbunan ranting pohon yang telah tumbuh lebat. Kondisi puncak Watu Payung Semin ini mirip seperti puncak Gunung Api Purba yang mana terdiri dari batuan beku andesit yang berwarna hitam keabu-abuan. Padahal perbukitan di barat daerah ini merupakan batuan jenis batu putih. Tidak begitu diketahui kawasan eprbuktian ini termasuk di golongan gunung api purba karena belum ada penelitian kawasan ini. meski demikian nyatanya watu payung semin ini bisa menjadi lokasi wisata yang cukup menarik. Bukit yang bisa memandang sunset ini sejuk juga dari pepohonan yang rimbun di barat kawasan.

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.