Ini Dia Uniknya ‘batu Payung’ Di Desa Wisata Kemuning Gunungkidul

www.sewamobildijogja.net – Situs di Yogyakarta memang telah banyak ditemukan. Hal ini juga tidak lain berkaitan dari kisah Yogyakarta pada zaman dahulu sebagai kota pemerintahan Mataram Kuno. Juga sebelum itu terdapat kisah manusia purba yang hidup di Yogyakarta bagian selatan atau daerah Gunungkidul. Satu contohnya adalah Batu Payung.

Batu Payung Kemuning menjadi salah satu tempat wisata yang menjadi daya tarik wisata di Desa Wisata Kemuning Gunungkidul. Lokasi Batu Payung ini memiliki keunikan yang mana dari bentuknya mirip dengan payung dan juga terdapat susunan batu seperti tiang penyangga. Keberadaannya juga sudah lama yang berada di ladang penduduk yang mempunyai lahan kosong milik Perhutani.

Pinterest : tentanggk.com

Pinterest : tentanggk.com

Alamat dari batu payung ini berada di desa wisata Kemuning, dusun Kemuning, desa Bunder, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul, DI. Yogyakarta. Batu Payung yang ditemukan di kawasan ini diperkirakan terbentuk oleh alam sendiri sejak jutaan tahun yang lalu. Meski banyak yang menganggap bahwa batu ini disusun atas campur tangan manusia karena susunannya yang simetris dan mirip dengan susunan batu candi. Terlebih batu ini juga tersusun antara dua jenis batu berwarna putih dan kehitaman. Namun juga warga sekitar menyebut sebagai batu biasa yang sering digunakan sebagai tempat berteduh kala hujan saat berada di ladang.

http://www.majalahburungpas.com

http://www.majalahburungpas.com

Keberadaan Batu Payung Desa Kemuning memang masih minim informasinya. Tidak begitu banyak cerita atau misteri menyertai batu-batu unik ini di daerah lainnya. Warga sekitar telah mengenal tempat berteduh ini hanya sebagai tempat berteduh tidak ada unsur lainnya. Namun tidak jauh dari lokasi tersebut adalah goa yang konon katanya pernah digunakan untuk temapt tinggal manusia purba. Juga goa ini pernah digunakan untuk bersembunyi saat perang kemerdekaan.

Posisi batu payung dan goa ini tidak jauh dari aliran Sungai Oyo yang konon sepanjang alirannya merupakan tempat peradaban purba yang keberadaannya diketahui seperti Situs Sokoliman. Belum ada yang menelti mengenai asal usul Batu Payung Desa Kemuning ini. Akan tetapi dibalik misteri dari misteri yang begitu menyelimuti Batu Payung ada keindahan alam dari perbukitan seribu yang juga sangat indah untuk dinikmati. 🙂 Selamat Berlibur.

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.