Harga Tiket Masuk Museum Batik di Jogja

sewamobildijogja.net – Kalian yang suka belanja seperti batik pernah tidak penasaran dengan ragam motif dan jenisnya? Nah kalian yang ingin mencermati hal-hal tentang batik, jangan lewatkan untuk belajar mengenai batik di Museum Batik Yogyakarta. Sebuah museum pertama di Indonesia yang berada di Jl. Dr. Sutomo 13 A RT 049 RW 12 Bausasran, Danurejan Yogyakarta. Museum ini berada sekitar 2,2 Km dari pusat Kota Jalan Malioboro.

Awal berdirinya musem adalah ketika sososk Hadi Nugroho dan istrinya Dewi Sukaningsih tahun 1960an, ingin melestarikan budaya Batik yang khawatir akan perubahan zaman yang mulai menenggelamkan corak keasliannya. Khususnya batik melalui printing di industry tekstil yang dinilai akan meniggalkan kaidah dan seni membatik.

Beserta keluarganya, Hadi dan istri mendirikan museum yang belum ada campur tangan dari pemerintah. Akan tetapi pada tahun 1979 tempat ini diresmikan oleh pemerintah DIY dan akuisisi. Akta Museum Batik ini tercatat di nomor 22 yang diterbitkan tahun 1977 dan diperbaharui tahun 2014.

Koleksi Museum Batik di Jogja

Museum Batik telah mendapat sertifikat dari UNESCO yang ditetapkan sebagai warisan kultural dunia tahun 2001. Dengan berdirinya Museum Batik Yogyakarta ini telah mengangkat derajat Kota Yogyakarta dengan diberikan sebutan nama Kota Batik oleh WCC pada tahun 2014.Museum ini memiliki visi dan misi yang tertanam sejak berdirinya museum yakni untuk terus melestarikan budaya serta kaidah membatik yang tentu tidak meninggalkan poin penting dalam membatik walaupun tleha menggunakan teknologi lebih canggih. Tujuannya untuk membangun kerja sama dan relasi dari lapisan masyyarakat sekitar maupun perusahaan yang memiliki niat baik untuk melestarikan dan memajukan budaya Batik. Oleh karena itu tidak heran jika museum batik ini dibuka untuk umum. Hal yang ditujukan meski memiliki teknologi canggih hasilnya tidak seperti pakaian maupun kain yang menggunakan mesin.

Di museum ini juga bisa disaksikan pengunjung beragam pengetahuan lebih mengenai batik dan juga wawasan mengenai corak dan motif batik nusantara. Di dalam Museum ini ada galeri koleksi batik dari berbagai daerah seperti dari Jawa Tengah yang di dominasi oleh Batik asal Soolo dan Yogyakarta. ragam batik pesisiran asal Pekalongan, Demak, Semarang, irebon, Kedungwuni dan Lasem, Ragam Imogiri, Ragam Madura, Ragam Kulonprogo, dan juga Kebumen serta masih banyak lagi batik di daerah lainnya.

Selain galeri Batik dengan ragam dan coraknya dari seluruh nusantara, museum ini menyediakan pelatihan untuk belajar membatik sekalipun bagi pengunjung pemula. pengunjung akan diajarkan kaidah membatik profesional yakni dari cara memegang batik, membuat pola, menentukan motif hingga cara mewarnai menggunakan canting.

Harga Tiket asuk Museum Batik di Jogja

Sangat menarik!
Harga tiket masuk museum Batik Yogyakarta dikenakan harga semua kalangan Rp. 20.000 sedangkan untuk pelatihan membatiknya sejumlah Rp. 40.000 per jam. Jam buka museum mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 15.00 WIB. Kamu bisa mengunjungi museum ini dari hari Senin hingga Sabtu namun hari Minggu tutup.

Hayoooo ke Jogja tidak melulu fokus ke Malioboro kan? Kamu juga bisa menjelajah tempat menarik lain yang ada di Jogja seperti museum Batik ini. selain adanya museum Batik, di Jogja banyak sekali museum yang perlu kalian kunjungi yang pasti tujuannya tidak lain adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan akan hal-hal apapun yang disajikan di setiap museum. Misalnya Museum Jogja Kembali, Museum Affandi da juga Museum Benteng Vredeburg. Selamat berlibur!

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.