Gua Kiskendo Kulonprogo : Goa Mistis Namun Fantastis

Sewamobildijogja.net – Beragam wisata di Yogyakarta membuat kota ini semakin banyak dinikmati orang. Selain dijuluki kot ayang kental akan budaya dan tradisi ini, kota dengan ribuan tempat wisata juga lengkap menarik perhatian pengunjung. mulai dari wisata yang paling klasik hingga modern. Menapaki salah satu daerah di Yogyakarta khususnya Kulon Progo bisa menjadi alternatif liburan Anda. Salah satunya adalah di obyek wisata Goa Kiskendo Kulon Progo.

Goa Kiskendo yang terletak di daerah Girimulyo, Jatimulyo, Kulon Progo ini kaya akan mitosnya dan mejadi goa yang disakralkan. Konon dari cerita yang beredar, goa ini merupakan tempat tinggal dua raksasa dengan nama Mahesasura (raksasa berkepala kerbau) dan juga Lembusura (raksasa berkepala Sapi).

Di dalam Goa ini terdapat sebuah lorong yang dipercaya merupakan lokasi pertempuran kedua raksasa dengan Subali atau Manusia Kera. Cerita-cerita ini terukir indah di sebuah bebatuan berukir atau juga relief seperti di buku dongeng. Goa yang sakral dan mistis ini juga acap kali digunakan sebagai wilayah pertapaan. Di goa ini terdapat 9 tempat yang biasa digunakan untuk pertapaan yakni Pertapaan Tledek Kusuma, Semelong, Santri Tani, Lumbung Kampek, Selumbung, Sekadang dan Seterbang.

Gua Kiskendo Kulonprogo : Goa Mistis Namun Fantastis

Gua Kiskendo Kulonprogo

Lokasi wisata yang berada di ketinggian 1200 Mdpl ini terasa sejuk dnegan udara khas pegunungan Menoreh. Menurut sejarahnya, Goa Kiskendo ditemukan pada tahun 1825. Arti Kiskendo sendiri berasal dari kata Kikisan Kedu Lan Jogja atau berarti perbatasan Kedu dan Jogja. Keunikan lain terlepas dari cerita pewayangan dan hawa dingin yang membalut ini adalah kawasan goa yang terbagi menjadi dua wilayah yaitu wilayah Jogja dan Jawa Tengah, namun secara administratif berada di kecamatan Girimulyo, Kulon Progo.

Untuk panjangnya sendiri, Goa Kiskendo memiliki panjang 1km. Jika Anda melakukan susur goa Kiskendo ini maka bersiaplah menjumpai sebuah kendil yang mewadahi tetesan air dari stalagtit dari sumber mata air yang dapat diminum langsung oleh wisatawan yang mungkin kehausan saat susur goa.

Goa ini sudah cukup terfasilitasi dengan baik sehingga jalur trecking tidak perlu dilakukan. Tersedianya jalan setapak yang terpoles manis dari beton ini memudahkan perjalanan Anda tentunya. Berhubung keadaaan goa di dalam cukup remang maka sebaiknya membekali diri dengan senter untuk pencahayaan. Selain itu terdapat jalur yang tidak diperuntukkan bagi wisatawan umum, sehingga perlu adanya pemandu profesional yang mendampingi.

Jika Anda tidak cukup berani memasuki goa, maka tidak ada salahnya bersantai di taman yang lengkap dengan bangku serta fasilitas bermain anak. Karena sudah terfasilitasi dengan baik, maka toilet dan tempat sampah juga sangat mudah ditemukan di lokasi ini. Oleh karena itu tidak ada alasan untuk membuang sampah sembarangan. Terlebih kondisi lingkungan goa yang sudah tertata apik. Selain adanya arena bermain dan taman, di area goa ini juga sering dijadikan lokasi camping dan outbond oleh komunitas yang luas areanya sekitar setengah hektar.

Untuk aksesnya bisa dilalui dengan rute dari arah Jogja menuju jalan Godean. Lajukan kendaraan lurus menuju lampu merah pasar Godean hingga ditemukan jalan menanjak yang berliku. Ikuti plang dan arah menuju lokasi. Sangat tidak disarankan menggunakan kendaraan umum dan akan lebih baik menggunakan kendaraan pribadi.

Di kawasan goa ini tersedia area parkir yang luas, jadi bisa menggunakan mobil untuk menuju ke lokasi ini. Harga tiket ke Goa Kiskendo dikenakan tarif Rp. 2.000 saja. Untuk pemandunya tidak dikenakan biaya, namun boleh jadi jika Anda ingin memberikan tip atas jasanya memandu perjalanan menyusur goa.

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.