Wisata Jogja Goa Tanding: Ini Goa Lebih Luas Dari Goa Pindul!

Sewamobildijogja.net – Daerah Istimewa Yogyakarta memang selalu istimewa. Apalagi di Gunungkidul. Di Gunungkidul semakin hari semakin ramai diburu oleh para wisatawan. Wisata alam terbaru di Gunungkidul salah satunya adalah Goa Tanding.

Goa Tanding berada di kawasan dekat Goa Pindul yang lebih dahulu dikenal masyarakat. Entah alasan apa yang diberikan dari penamaan goa ini. Apakah ingin “menandingi” Goa Pindul yang lebih dahulu terkenal?

Goa Tanding berada di dusun Gelaran II, desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. nah asal muasalnya sendiri berasal dari seorang warga Bejiharjo yang ingin membuat sumur air. Beliau tersebut bernama Harto Tanding. Selanjutnya menggali sumur namun tak kunjung mendapat air dan selanjutnya ia menggali semakin dalam menggunakan linggis untuk meggali sumur. Akan tetapi linggis ini menembus sebuah rongga yang berada di perut bumi.

Keindahan Goa Tanding

Alhasil secara tidak sengaja goa ini ditemukan oleh keluarga mbah Harto dan keluarganya. Pada mulanya tidak ada akses keluar masuk kecuali dali sumur mbah Harto. Keadaan dalam goa Tanding ini ternyata lebih luas dibanding dengan Goa Pindul. Akhirnya penamaan goa ini diberikan karena diambil dari seorang mbah Harto Tanding sang penemu Goa Tanding yang berhasil menemukan jalan pertama kali menuju goa bawah tanah ini.

Gambar didalam Goa Tanding

Setelah adanya penelitian, pemetaan dan juga penggalian lagi, Goa Tanding ini ternyata layak untuk dijadikan tempat wisata baru selayaknya Goa Pindul. Bahkan Goa Tanding ini lebih luas dan lebih panjang dibanding dengan Goa Pindul. Jika sebelumnya jalur masuk hanya melalui sumur Mbah Harto, kini pintu masuk sudah bisa dilalui di area lain untuk memudahkan akses kepada pengunjung yang ingin menikmati keindahan goad an susur sungai bawah tanah.

Sebelumnya goa ini gelap gulita tanpaadanya sirkulasi udara, namun saat ini sudah dibuatkan lubang untuk pergantian udara. Selain lokasinya yang ebrdekatan dengan Goa Pindul, ke depannya Goa Tanding menjadi wisata goa alternatif ketika pengunjung Goa Pindul melebihi kuota kunjungan setiap harinya. Karena hingga saat ini setiap harinya pengunjung Goa Pindul mencapai puluhan ribu wisatawan ketika libur panjang.

Goa Tanding merupakan sebuah goa yang mna sungai bawah tanahnya masih satu aliran dengan Goa Pindul. Jika di Goa Pindul hany bisa dilakukan Cave Tubing yaitu menyusur dengan menggunakan ban dalam, berbeda dengan Goa Tanding yang bisa menggunakan perahu karet dan bisa dinaiki secara berkelompok. Goa Tanding ini memiliki kedalaman air hingga 4 meter dan juga tinggi permukaan air hingga atap goa menccapai 5 hingga 16 meter. Sedan lebar goa sendiri sekitar 4 hingga 9 meter sesuai dnegan kontur goa yang sanagt varian. Panjang goa ini memilki panjang atau jarak susur 460 meter.\

Sama halnya dengan goa pada umumnya, keindahan stalatit dan stalakmit juga menjadi ornament goa yang membuat takjub. Namun menyusur goa ini sangat diperlukan adanya penerangan seperti senter dan juga headlamp. Sepanjang perjalanan pengunjung akan menikmati kilau keemasan dari stalatit dan stalakmit juga bebatuan kuning keemasan yang berkilau.

Untuk aksesnya dari kota Yogyakarta bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi selama sekitar 1,5 jam. Dari Yogyakarya arahkan ke Jalan Wonosari, kemudian ikuti jalur Yogyakarta-Wonosari. Gdc lurus kemudian bertemu dengan samba pitu, hutan Bunder, perempatan Gading sebelum sampai Langan udara ambil kiri, selanjutnya ngijo Rejo, Baju Harjo, Goa Pindul dan arahkan ke timur sedikit lagi dan terakhir Goa Tanding.

Bila kebingungan akan lokasinya, bisa menanyakan ke warga setempat tentang loaksi Goa Bribin. Ingat malu Bertanya sesat di Jalan.

Kontak :

Gelaran II, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891

0812-2933-2423

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.