Goa Kebon Kulonprogo: Pesona Goa Dilapisi Air Terjun

Sewamobildijogja.net – Wisata alam di Yogyakarta memang tidak perah habis untuk dibahas. Mulai dari wisata alam yang telah terkelola dengan baik hingga wisata alam yang masih tersembunyi. Biasanya para pecinta alam yang lebih dominan kawula muda akan mlebih menyukai wisata alam yang masih tersembunyi. Istilah yang mereka sering gunakan adalah spot hidden paradise. Surga tersembunyi di balik rerimbunan pohon dan dedauan atau semak-semak juga bebatuan yang sayang jika dilewatkan.

Di seluruh kabupaten yang ada di Yogyakarta, adalah Kulon Progo sebuah kabupaten yang berada di ujung barat kota Yogyakarta yang tidak kalah menyimpan daya tarik wisata khususnya wisata alam seperti Goa Kebon. Goa yang berada di kebon (hutan)? Jawabannya iya.

Goa Kebon adalah salah satu goa yang berada di perbukitan Menoreh yang memilki keindahan serta keunikan tersendiri. jika air terjun pada umunya jatuh dari tebing tanpa cekungan, di air terjun Goa Kebon ini memilki keunggulan yang berbeda dari air terjun biasanya yakni mengalir di tebing goa.

Pemandangan Goa Kebon Kulonprogo

Air terjun Goa Kebun cukup unik bak tirai putih karena dibagian tengahnya ada lubang sebagai pintu masuk ke dalam goa. Selain itu, lokasinya yang berada di tengah hutan dengan rimbunan berbagai macam pepohonan dan tumbuhan membuat lokasi ini sejuk dan rimbun.

Lokasinya berada tepat di desa Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulonprogo, Daerah istimewa Yogyakarta. air terjun ini berada di tenggara kota Wates. Aksesnya jika dari kota Yogyakarta maka ajukan kendaraan menuju ke selatan yaitu ke Tugu Pensil atau simpang tiga Kenteng Sentolo. Setelah itu dilanjutkan dengan belok ke arah barat atau ambil kanan. Letaknya yang masih tersembunyi dan tidak ada papan petunjuk informasi ada baiknya jika pengunjung menanyakan lokasi kepada warga setempat lokasi Air Terjun Goa Kebon di desa Krembangan.

Jika menggunakan kendaraan roda empat sekalipun sudah bisa dilalui meski tidak sebagus jalan raya di Jogja pada umumnya. Sebagian besar jalan mengalami kerusakan dan belum ada perbaikan. Ada dua rute menuju ke lokasi ini. Pertama adalah menuruni bukit separuh perjalanan dengan motor lalu dilanjutkan dengan jalur tracking. Menariknya dengan mengambil jalur ini adalah pengunjung dapat melihat sungai di atas Air terjun Goa Kebon dan pemandangan air terjun tersebut dari atas bukit. Namun kendaraan hanya dapat sampai di pinggir jalan perkampungan.

Jalur kedua adalah menuruni bukit dari perkampungan warga dan menyusur di jalan setapa belakang mushoola hingga tiba di kawasan air terjun Goa Kebon. Rute kedua ini dianggap apling singkay dan kendaraan terarkir di area pemukiman penduduk.

Setibanya di lokasi pengunjung akan melihat pemandangan air terjun yang sanagt jernih dan belum tercemar oleh limbah apapun. Walaupun sebenarnya aliran air di air terjun ini mengandung kadar kapur yang cukup tinggi dan sebagiannya mengenda di dinding goa. Dari informasi yang beredar, kawasan air terjun ini masih digunakan untuk kegiatan mencuci dan MCK. Perlu adanya pembinaan agar pengunjung tempat wisata yang menarik ini tetap memilki minat kunjung ke kawasan.

Jalan-jalan ke Goa Kebon Kulonprogo

Pemandangan menariknya di air terjun ini adalah air yang berjatuhan menyebar menuruni goa secara perlahan serta tidak langsung jatuh ke dasar. Dinding air terjun dan sepanjang alirannya berlapis-lapis dan membuat keindahan air terjun, papan bamboo yang ditempelkan pada dinding goa ini memilki funsi mengalirkan air ke arah kolam yang berada di samping Mushola.

Sesuai namanya, air terjun ini memilki suatu goa yang kondisinya sudah tertutup oleh tirai batu. Tirai batu pada Air Terjun Goa Kebon ini terbentuk dari proses pengendapan air kapur yang berlangsung secara terus menerus dalam kurun waktu yang cukup lama. Ruangan yang berada di balik air terjun ini memilki ketinggian 3 hingga 5 meter. Adapun stalaktit yang tumbuh memanjang dari langit-langit goa menuju ke dasar.

Satu diantara stalaktit dan stalakmitnya ada yang telah bersatu membentuk tiang. Di bagian ujungnya terdapat rongga yang dapat dimasuki manusia. Informasi mengenai Goa Kebon sendiri sangatlah sedikit. Tidak banyak diketahui seberapa kedalaman goa Kebon dan keadaan dalamnya yang dapat dilalui manusia. Biasanya warga hanya mencari sarang kelelawar ke dalamnya.

Sementara itu, fasilitas yang ada di Goa Kebon ini belum tersedia karena kawasan masih asri dan beum dikelola dengan baik. Padahal kawasan Air Terjun Goa Kebon ini telah dibuka sejak tahun sebelumnya. Tidak ada kamar mandi atau juga gazebo tempat pengunjung beristirahat. Jika membutuhkan kamar mandi maka pengunjung dapat menggunakan kamar mandi milik warga setempat.

Dari wisata Goa Kebon yag lebih identik dengan air terjunnya, selanjutnya akan kemana nih gaes? Masih di Kulon Progo jebur-jeburan berikutnya bisa kamu nikmati di wisata Kedung Pedut, Air Terjun Kembang Soka, atau Taman Banyu Mudal. Selamat berbasah ria!

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.