Goa Bribin: Goa Yang Ada Bendungan Bawah Tanah Pertama di Dunia

Sewamobildijogja.net – Gunungkidul D.I Yogyakarta memilki banyak kemiripan dengan kabupaten Blora Jawa Tengah. Keduanya memilki karakter identic dengan kekeringan dan sumber air yang sulit dijangkau. Namun besar kemungkinan di daerah seperti ini banyak ditemukan air mengalir di bawah permukaan tanah layajnya sungai di permukaan namun melewati lorong-lorong goa.

Banyaknya goa di Gunungkidul telah menjadi suatu destinasi wisata yang menarik karena adanya sungai yang mengalir di bawah permukaan tanah. Seperti Goa Pindul, Goa Kalisuci. Dan juga Goa Bribin. Dari ketiga goa tersebut, Goa Bribin adalah suatu goa yang telah dijadikan obyek penelitian.

Seorang ilmuan asing yani Mac. Donald dan rekannya melalui Bappeda Gunungkidul telah melakukan pemetaan aliran air di goa bawah tanah pada tahun 1983, walaupun pada saat itu belum ke tahap pemanfaatannya.

Penelitian yang dilakukan adalah menggunakan teknologi nuklir radioisotope yang mana tknologi ini mendektsi ada tidaknya hubungan antara sungai satu dengan sungai lainnya. Adapun caranya adalah dengan meneteskan radioisotope ke sungau lalu melacak jejaknya supaya diketahui interkoneksinya. Jika telah diketahui debet sungai paling besar maka di tempat tersebut dilakukan adanya pengeboran dan air sungai bawah tanah bisa diangkat.

Goa Bribin

Goa Bribin

Rupanya kerjasama proyek dengan skala nasional ini telah melibatkan berbagai pihak seperti Batan, IWK Universitas Karlsruche, Pemda D.I Yogyakarta, Pemda Gunungkidul, serta beebrapa universitas yakni ITB, ITS, Pancasila, UGM UNS, dan UII.

Manfaat proyek jangka panjang ini sangat dirasakan oleh penduduk setempat karena pompa dengan diesel yang menggunakan solar tersebut telah mendistribusikan air sejumlah 15-20 liter setiap hari per orang.

Setiap goa juga memilki keunikan. Hal tersebut juga terdapat di goa Bribin. Di gia ini terdapat bendungan di bawah tanah yang lazimnya bendungan berada di atas permukaan tanah. Dan telah disebutkan konon bendungan di bawha tanah ini pertama di dunia.

Bendungan tersebut dibangun dari kerjasama Indonesia dan Jerman. Bendungan Bawah Tanamn Pertama di Dunia, begitulah orang menyebutnya. Adanya keajaiban konstruksi yang ada di Goa Bribin juga menjadi pesona yang sangat menakjubkan.

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.