Entok Slenget Kang Tanir: Kuliner Langka Dari Turi Jogja

ENTOK SLENGET KANG TANIR: KULINER LANGKA DARI TURI JOGJA

www.sewamobildijogja.netEntok Slenget Kang Tanir merupakan salah satu kuliner lezat yang kudu diburu oleh para penikmatnya. Lokasinya berada di Pasar Agropolitan Pules, Donokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Entok merupakan hewan yang dagingnya terkenal alot dan banyak orang yang akhirnya menyerah untuk menikmatinya.

Oleh seorang Kang Tanir, beliau berhasil mengubah mindset entok yang dagingnya alot tersebut menjadi kuliner lezat yang kerap diburu. Warung yang dibuka mulai pukul 16.30 hingga habis ini menyediakan kuliner khas Turi yang telah tersohr. Lokasinya sekitar 30 menit dari Monumen Jogja Kembali melalui Jalan Palagan Tentara Pelajar.

Entok Slenget Kang Tanir

Instagram: @javafoodie

Kelezatan Entok Slenget Kang Tanir

Nikmatnya Entok Slenget di warung Kang Tanir ini adalah pengunjung bisa menikamti level pedas yang diinginkan. Juga termasuk pada lesehan Kang Tanir ini. Sejak tahun 2006, beliau telah berhasil menaklukan itik manila yang dalam bahasa latinnya adalah Cairina Moschata.

Tidak begitu banyak orang yang menyukai daging alot atau susah dikunyah ini. akan tetapi di tangan Kang Tanir, ittik besar tersebut dari daratan tropis Amerika ini berhasil diubah menjadi hidangan lezat yang berhasil menggoyang lidah para penggemarnya. Bahkan banyak yang akhirnya mengunjungi Entok Slenget ini karena ingin merasakan mantapnya entok hasil olahan Kang Tanir yang mana dagingnya sudah mulai langka dan unik.

Entok Slenget Kang Tanir

Instagram: @jogjafood

Entok Slenget yang menggoda ini kemudian disajikan dengan nasi putih yang masih mengepul. Sangat pas dinikmati dengan daging entok, lalapan kubis, dan juga mentimun segar yang kemudian dipotong dadu. Aroma yang lezat ini telah berhasil membangunkan selera makan. Tanpa menunggu lama lagi akhirnya makanan lezat tersebut mendarat di meja makan masing-masing pembeli.

Mungkin Entok Slengat ini sepintas mirip dengan semur. Namun yang membedakan adalah dari rasanya yang pedas dan menyengat di lidah. Sebelum dimasak, entok tersebut dipotong dadu alu diungkep. Sebab itulah yang menjadikan daging entok ini lebih empuk dan nikmat. Lalu daging tersebut juga harus dimakan berulang di atas tungku bersama dengan rempah-rempah, ulekan cabai rawit bisa disesuaikan dengan permintaan, lalu kecap.

Ada Balungan Juga di Kang Tanir Ini

Selain dari dagingnya yang empuk, adalah ati ampela juga balungan yang tidak lupa untuk diolah. Balungan di Kang Tanir ini juga merupakan menu favorit. Pengolahanya juga hampir sama namun sensai berbumbu di sela-sela tulang itulah yang menggigit. Satu dari yang membuat kuliner kalap adalah porsinya yang banyak.

Dalam seharinya Kang Tanir bisa menghabiskan 12 hingga 15 ekor entok. Warung yang dibuka pada pukul 16.30 WIB ini mungkin akan langsung ludes dalam waktu tiga jam saja. oleh karena itu jika ingin menikmati slengetan entok ini ada baiknya untuk datang lebh awal agar tidak kehabisan.

Menikmati enaknya slengetan Entok ini juga semakin syahdu dari sejuknya kawasan Pasar Agropolitan Pules.  Asli kenyang dan bagi penggila pedas pasti akan tergila-gila dengan goyangan Entok Slenget. Berani coba?

Untuk satu porsinya dihargai dengan Rp. 20.000 saja sudah termasuk minum. Nah murah dan nikmat bukan? Kalau kamu ikut paket wisata Jogja bersama kami, bisa deh mampir ke Entok Slenget Kang Tanir. Selamat berkuliner ria guys! 😀

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.