Desa Wisata Pulesari Ini Masuk Dalam 20 Destinasi “std”!

Desa wisata Pulesari merupakan salah satu desa wisata yang berada di dusun Pulesari, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Banyaknya desa wisata yang ada di Yogyakarta khususnya telah menjadi bagian dari asyiknya untuk berwisata khususnya bersama dengan rombongan.

Setelah desa wisata Pentingsari, adalagi desa wisata yang bisa menjadi rekomendasi untuk dikunjungi yakni desa wisata Pulesari. Desa wisata ini merupakan kawasan desa wisata yang mempuyai karakteristik yang dikembangkan guna menarik pengunjungnya. Karakter desa wisata ini juga dikemas menjadi lebih menarik yang bertujuan untuk menjadi daya tarik wisata.

Instagram: @desawisatapulesari

Instagram: @desawisatapulesari

Potensi alam yang ada di desa wisata ini merupakan andalan dari desa wisata Pulesari. Selain alamnya yang memukau pengunjung juga bisa menimati kebudayaan dan tradisi yang kental dari desa wisata Pulesari ini.

Keunggulan yang ada di desa wisata Pulesari ini antara lain adalah potensi alamnya. Seperti diantaranya yakni wisata goa sejarah, tracking sungai, kerajinan, wisaa kebun salak, seni budaya, wisata perikanan, wisata kuliner, dan juga home stay.

Instagram: @desawisatapulesari

Instagram: @desawisatapulesari

Konsep yang diusung dari desa wisata ini adalah go green atau back to nature. Memang yang ditawarkan di desa ini tidak lain adalah berkaitan dengan potensi alam yang ada. Satu kegiatan yang dapat dilakukan antara lain adalah panen salak.

Pihak pengelola selalu mempersilahkan pengunjungnya untuk memanen salak secara langsung dari pohonnya. Pun itu dilakukan dengan penuh kehatian-hatian. Pasalnya pohon salak termasuk jenis pohon palm yang memiliki banyak duri di bagian batang atau pelepahnya.

Oleh karena itu pengunjung diharapkan untuk tetap waspada dan dihimbau untuk memakai sarung tangan terlebih dahulu. bagi yang belum berpengalaman, mungkin akan kaget karena bisa jadi duri kecil yang ada di salak tersebut bisa menancap di jari pemetik.

Instagram: @ahmad_yoy

Instagram: @ahmad_yoy

Paket wisata yang ditawarkan di desa wisata Pulesari ini memang bersifat outbond alias kegiatan luar ruangan. Penjelahannya mulai dari susur sungai, goa, bermain di sawah, panen salak, dan masih banyak kegiatan outbond lainnya. Secara geografis desa wisata Pulesari ini berada di kaki gunung Merapi. Lokasinya berada di ketinggian 400 hingga 900 mdpl. Oleh karena itu tidak heran jika berkunjung ke desa wisata ini pada malam hari harus menggunakan jaket! 😀

Instagram: @didik_dewipule

Instagram: @didik_dewipule

Dibentuk pada tahun 2012 lalu, desa wisata ini berkomitmen bersama dengan masyarakat untuk sadar wisata demi mewujudkan desa yang aman, nyaman, tentram, dan dinamis. Potensi yang dimiliki Pulesai ini tidak sekedar dari keindahan alamnya saja namun juga sumber air yang mengalir ke sungai sekitarnya. Oleh karena banyaknya sungai di desa ini dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat untuk pengairan pertanian. Hebatnya lagi desa wisata Pulesari ini termasuk dari 20 destinasi wisata yang termasuk dalam program internasional Sustainable Tourism Development (STD) oleh Menteri Pariwisata Indonesia yang bertujuan untuk memajukan sector pariwisata. 🙂

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.