Candi Klodangan Candi Yang Terkubur Dalam Tanah

Sewamobildijogja.net – Jika candi-candi di Yogyakarta biasanya terlihat megah dan anggun berarti semua itu sudah mengalami rekonstruksi yang baik seperti candi Prambanan misalnya. Meski hampir semua candi di Yogyakarta sudah berhasil diketahui dan kokoh berdiri, ada beberapa candi yang hanya tumpukan bebatuan seperti pondasi menunggu susunan lain ditemukan. Misalnya saja Candi Klodangan.

Candi Klodangan, begitulah nama candi di dusun Klodangan, Desa Sendangtiro, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Entah siapa yang memberikan nama candi ini sebagai candi Klodangan sehingga terdengar aneh ditelinga pengunjung apalagi bagi orang laur Jawa.

Tumpukan Candi Klodangan

Candi Klodangan

Pada awalnya candi ini terkubur di dalam tanah. Kemudia secara tidak sengaja Candi Klodangan ditemukan kembali pada tahun 1998. Dalam upala penyelamatan situs ebrsejarah, Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala atau sekarang yang dinamakan Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Yogyakarta melakukan ekskavasi penyeelmatan pada tanggal 20-29 Juli 19998 sebagai tahap pertama, dan pada 14-19 Februari tahun 2000 sebagai tahap kedua.

Menurut dugaan candi Klodangan ini dibangun dari abad ke 9 hingga 10 Masehi. Batu putih (tuff) digunakan sebagai bahan bangunan di atas denah 7,5 meter x 7,5 meter dan berada 1,2 meter di bawah permukaan tanah saat ini. Bentuk keseluruhan candi belum diketahui hingga saat ini karena sebagian besar batuan pembentuk struktur candi telah hilang atau telah hancur.

Beberapa bagian pondasi candi memang berhasil ditemukan yakni yang bisa dilihat keadaannya saat ini. Masih belum lengkap dari kaki, tubuh, dan jugapuncak candi. Struktur pondasi candi Klodangan terlihat masih asli.

Lokasi candi ini berada di persawahan. Di sebelah timurnya berhimpitan dengan rumah warga setempat. Akses menuju ke lokasi situs bersejarah ini harus melewati pematang persawahan terlebih dahulu yang jalannya luamyan sempit. Kondisinya selalu dikunci dan berada di dalam pagar. Namun meski hanya pondasi yang menempati cagar ini, secara keseluruhan kondisi area candi sangat terawatt dan disekitarnya dibuat taman dan dijaga kebersihannya.

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.