Brongkos: Dari Bu Padmo Sang Pelopor Makanan Khas Jogja Ini Hingga Modifikasi Brongkos Lainnya

Sewamobildijogja.net – Dolan Jogja neh po? Hehehe kalian yang berkunjung ke Jogja atau sedang mencari rferensi makanan khas Jogja yang sduah ada sejak zaman dahulu kala, bisa dicoba nih salah satu makanan khas Jogja yang sangat terkenal selain Gudeg, yaitu Brongkos.

Brongkos adalah masakan khas Jogja yang konon bertahan di Jogja saja alias tidak pernah merantau ke kota lain. Sekilas mungkin mirip rawon, tapi karena dimasak dengan kuahnya menjadi terasa lebih kental. Khasnya dari brongkos adalah kacang tolo dan tahu yang berada di dalam makanan ini.

Brongkos: Dari Bu Padmo

Masakan berkuah segar dengan tambahan daging sapi, akcang tolo, dan tahu membuat siapapun ingin menghabiskan makanan ini secara langsung. Dari segala brongkos yang ada di Jogja, adalah brongkos dari Bu Padmo yang rupanya telah berdiri sejak 1950an. Wahhh benar-benar legendaris.

Akses menuju Warung Ijo Bu Padmo yang berada di bawah jembatan Krasak Tempel, bisa kamu lewati dari arah Jogja menuju Magelang (Jalan Magelang). Sesampainya di jembatan Krasak, Tempel arahkan kendaraan ke kiri. Ikuti jalan hingga mentok di pertigaan pasar Ngepos. Pda tikungan bersudut siku dibawah jembatan sebelah timur terdapat Warung Ijo Bu Padmo yang berdiri menyambut.

Brongkos yang disajikan dari tahun 1950an ini telah melayani lidah sejuta umat baik turis lokal maupun turis asing, yang selanjutnya diturunkan oleh keluarganya. Makanan khas ini terdiri dari daging sapid an berbumbu rempah, dengan rasa lezat dan gurih manis takaran pas. Lombok rawit yang pedas pas sangat nikmat perpaduan brongkos jika bertemu dengan nasi hangat. Daging lembut, kuah kental dengan warna menggoda. Siap memburu lidah kamu.

Makanan Brongkos Dari Bu Padmo

Beberapa jenis Brongkos juga dipadukan dengan telur rebus yang juga dimasak lama dalam kuah brongkos, sehingga tekstur telur menjadi semakin padat. Banyaknya penjual brongkos memang bisa ditemukan di sudut-sudut kota Yogyakarta. modifikasi brongkos bisa kalian cermati dari Brongkos Bu Padmi yang melegenda. Tidak lain dari hasil kreativitas para warga yang menjadi ciri khas brongkos di setiap warungnya. Misalnya juga Brongkos Koyor Kotik.

Brongkos Koyor Kotik ini ukurannya cukup besar dengan isi potongan-potongan koyor. Koyor merupakan adalah bagian dari otot sapi yang ukurannya besar dan memiliki tekstru kenyal. Dimasak sedemikian rupa hingga tidak terasa alot sama sekali saat dikunyah.

Nah, satu dari makanan khas Jogja sudah kamu tahu dong pastinya. Selamat mencoba ya gaes. Ohya kamu juga bisa mencicipi aneka makanan khas Yogyakarta yang lain seperti Gudeg, Sate Klathak, Bakmi Jawa, dan lainnya.

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.