Air Terjun Sri Gethuk: Air Terjun Cantik Di Karst Gunungkidul

Sewamobildijogja.net – Tidak akan pernah surut tentunya jika berbiara mengenai wisata di Yogyakarta. Beragam destinasi wisata menarik banyak ditawarkan di kota pelajar ini. Jika berwisata ke Yogyakarta hanya ingin meilhat Prambanan dan Malioboro saja, tentu sangat disayangkan! Karena Yogyakarta menyimpan begitu banyak destinasi yang asyik dan patut dikunjungi. Salah satunya adalah wisata alam air terjun. Di Gunungkidul khususnya, kawasan yang terkenal kering karena karst pegunungan, ternyata memiliki air terjun yang unik dibalut dengan lukisan Tuhan yang indah. Salah satunya adalah Air Terjun Sri Gethuk.

Air terjun Sri Gethuk merupakan air terjun yang berada di dusun Menggoran, Blaberan, Playen, Gunungkidul. Akses menuju ke air terjun ini sangatlah mudah. Banyak sekali papan arah menuju ke air terjun yang satu ini. Jika Anda masih kesulitan, Anda dapat memanfaatkan smartphone Anda dengan baik untuk membuka google maps. Dari google maps Anda dapat dengan mudah menuju ke lokasi dengan rute yang mudah ditempuh.

Pemandangan Air Terjun Sri Gethuk

Setibanya di lokasi pengunjung akan dengan segeranya mendengar gemercik air yang mengalir dari tebing dengan tinggi sekitar 50 meter. Air dengan tiga sumber yang mengalir ini menjadi terkenal karena keindahan alamnya yang masih asri. Di air terjun ini berhadapan dan mengalir langsung ke sungai Oya. Sungai Oya juga dikenal jernih dan tidak pernah surut. Begitupun dengan air terjun Sri Gethuk. Sangat unik, air terjun ini tidak kering walaupun pada saat musim kemarau.

Selain menikmati keindahan air terjun Sri Gethuk, Anda juga bisa sekaligus bermain air sepuasnya. Bagi pengunjung yang takut akan kedalaman, pengelola menyediakan ban karet dan pelampung dengan membayar uang sewa sebsar Rp. 2000,-. Untuk memasuki kawasan ini pengunjung hanya akan dikenai tari Rp. 7000,- saja. Berwisata murah namun akan sangat menyenangkan.

Di satu kawasan air terjun Sri Gethuk, terdapat Goa Rancang Kencono yang bisa Anda nikmati sebagai tujuan berikutnya setelah berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk.

Menikmati Kapal di Air Terjun Sri Gethuk

Setiap destinasi yang dikunjungi di daerah-daerah yang ada di Indonesia biasanya menyimpan cerita rakyat atau legenda yang dikaitkan dengan suatu kejadian. Seperti halnya Air Terjun Sri Gethuk. Air Terjun ini juga disebut-sebut ditempati oleh kawanan jin Anggo Menduro. Konon, menurut warga sekitar jin Anggo Menduro sangat menyukai kesenian Jawa yaitu karawitan dan gamelan.

Di air terjun ini bagi yang memiliki kelebihan indra, akan mendengar denting suara gamelan yang dipadu gemericiknya air. Oleh karena itu sangat disarankan kepada siapun yang berkunjung untuk tertap menjaga norma kesopanan dan adab berkunjung yang baik serta tetap menjaga keasrian kawasan air terjun Sri Gethuk ini.

Selanjutnya bagi pengunjung yang masih ingin berlama-lama tetapi perut terganggu, maka berkunjunglah ke warung makan dan kios-kios jajanan yang berada di kawasan air terjun. Bermain air, menikmati segarnya aroma air yang jatuh, dan berfoto ria sangat menjadi rekomendasi kunjungan wisata ke Gunungkidul. Selamat berlibur.

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.