Wisata Jogja Candi Dawangsari Situs “Bubrah” di Atas Bukit Sambirejo Yogyakarta

Wisata Jogja Sebagai kawasan bekas kerajaan Mataram, maka situs bersejarah dan berbagai tempat ibadah umat Hindu maupun Buddha sudah bukan lagi menjadi hal yang asing di Yogyakarta. Selain Candi Prambanan, Candi Ratu Boko kita perlu menilik lagi candi-candi yang berada di Yogyakarta, misalnya saja Candi Dawangsari. Ada ya candi Dawangsari?

Candi Dawangsari adalah candi yang berada di atas bukit dan lokasinya tidak jauh dari candi Barong. Tepatnya berada di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jika berkunjung ke Candi Barong, maka sudah terlihat dari kejauhan sekitar 100 meter candi Dawangsari. Bisa jadi pilihan lokasi double visit kan gaes.

Akses menuju candi Dawangsari pengunjung bisa mengambil jalan menuju Candi Barong. Tibanya di candi Barong tersebut pengunjung dapat menitipkan kendaraan di tempat parkir candi, selanjutnya berjalan 100 meter dari lokasi ke arah timur.

Selain tidak begitu terkenal seperti candi lain di Yogyakarta, candi ini terbilang cukup memprihatinkan. Mungkin tidak bisa berwisata dengan menikmati keindahan, namun tetap memiliki nilai sejarah yang bisa dijadikan wawasan dan ilmu yang bermanfaat. Candi Dawangsari telah runtuh di telan masa dan sampai saat ini belum juga selesai diperbaiki.

Sewa mobil jogja

Sewa mobil jogja

Paket Tour Jogja Sesampainya di candi kamu akan melihat secara langsung bagaimana kondisi candi dengan batu bertumpuk membentuk gunungan. Selain itu juga beberapa batu besar tersebar di beberapa area. Batu-batu yang tersebar tersebut memiliki bentuk balok dengan motif kotak. Ada juga sekumpulan batu dengan bentuk lingkaran dengan berdiameter panjang. Dari hasil penelitian, lingkaran tersebut merupakan bekas stupa besar. Dari perkiraan, stupa tersebut berfunsi sebagai tempat beribadah umat Buddha. Bukti nyatanya adalah ditemukan sebuah arca Buddha di lokasi Candi Dawangsari. Namun Arca tersebut telah disimpan oelh pohak BPPP.

Karena lokasinya yang dekat dengan candi Barong, maka dari atas bukit ini candi Barong terlihat cukup dekat. Kedua candi ini hanya dipisahkan oleh dusun dan juga pagar. Candi Dawangsari merupakan candi Buddha dan sduah banyak diketahui bahwa Candi Barong adalah Candi Hindu. Kedua Candi ini berdiri berdampingan. Menilik hal tersebut tentu kita bisa melihat bahwa toleransi umat beragama di lokasi ini sangat tinggi sejak zaman dahulu. Artinya masyarakat Jawa di masa lalu memang sangat menjunjung nilai toleransi.

Belum ada tiket retribusi memasuki kawasan sejarah ini, namun biarpun masih gratis kita harus tetap menjaga keharmonisan alam. Dari Candi Dawangsari dan melihat akan keharmonisan serta kerukunan umat yang berada di area ini. Selanjutnya kamu juga bisa menilik candi-candi di Jogja terdekat dari Candi Dawangsari seperti Candi Barong, Candi Ijo, Candi Banyunibo, dan lainnya. Selamat berwisata sejarah gaes.

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.